Monday, July 05, 2010

Up In The Air

Rating:★★★
Category:Movies
Genre: Independent
Rasanya aneh bgt ngliat George Clooney di film yg bukan film box office ataw film budget gede. Gue trbiasa ngliat dia di film2 sbg seorang hero ataw anti-hero, makanya agak bingung aja nonton dia akting kalem.

Ryan (George Clooney) adalah seorang Pemecat profesional. Biasanya perusahaan2 dan kantor2 menyewa jasanya utk memecat dan memberhentikan karyawannya, daripada ngambil resiko dhajar sama karyawannya. Sbg Pemecat profesional, Ray selalu berpergian. Dan Ray sangat menikmatinya karena ia selalu mendapatkan pelayanan2 VIP dari jasa pelayanan pesawat, hotel, dan restoran, serta club2. Kenikmatannya mulai terusik ketika koleganya brnama Natalie (Anna Kendrick) mngenalkan sistem webcam utk memecat para karyawan dari brbagai belahan negeri, shingga mereka tdk prlu mninggalkan rmh. Ray lalu mngajak Natalie utk brkeliling negeri bahwa penting utk memecat karyawan dg tatap muka, karena mereka mmbutuhkan kontak fisik dari manusia. Tapi Natalie pun juga mlihat bahwa khidupan Ray spt robot dan ksepian. Jadi sapakah yg benar? Disutradarai oleh Jason Reitman.

Gue taw ini film bagus, tapi enggak taw knaps... kayaknya kurang greget aja. Trserah dehh review2 dari para kritikus bagus2 dan film ini dinominasi Oscar. Tapi gue ngrasa ni film agak2 mnggurui banget. Trlalu preachy. Tdk trlalu dark comedy ala "Thank You For Smoking" dan "Juno" yg gue pikir adl film2 oke. Tapi film ini... rasanya ga pas bgt. Kaya mesen makanan yg uda umum, msalnya nasi goreng. Tapi pas dmakan... kok ga seenak yg dduga? Pdhl nasi goreng lho. Apa bedanya sih dg nasi goreng yg laen? Yahh spt itulah waktu gue nonton film ini.



Jgn salah, gue rasa aktingnya bagus2 smua. Gue ga ada komplain. Bahkan George Clooney, yg berakting oke juga dsini. Mngingatkan gue dg George Clooney yg sederhana, dan bukan seorang seleb. Tapi apakah karakter ini cocok dperankan oleh si bujangan seumur hidup ini? Entah ya. Plot juga not bad. Gue baru taw kalo ada yg namanya Jasa Pemecat Profesional. Damn. Tapi spt yg gue bilang, kurang greget aja lucunya ataw dramanya. Utk drama ga trlalu mnggugah. Utk komedi, ga trlalu lucu. Dan itu juga... ksannya mnggurui banget.

Film ini mmperlihatkan bahwa hidup Ryan hampa bgt tanpa kluarga shingga di akhirnya ia mulai brubah ketika ia brtemu dg Alex (Vera Vermiga). Klise bgt. Atau hidup Natalie trlalu mngikuti pedoman shingga di akhirnya ia mulai brubah. Klise lagi. Gue ga bsa dehh konsen kalo filmnya uda mulai mnggurui. Kalo mo preachy bole2 aja; spt film "Thank You For Smoking" yg ngasi pilihan kpd pnontonnya utk memilih mana yg trbaik utk mereka. Tapi kalo film ini seakan2 sdh dkasi jawabannya, dan pilihan film ini adl yg trbaik buat para penonton. Jgn salah... film ini ga jelek. Hanya gue ga trlalu peduli2 amat.

10 comments:

fiberia galleria said...

Keren ceritanya. Menurutku nggak menggurui, sih, ya, hanya ngasih tahu fakta,
biarpun keliatan enak bebas, kehidupan bujangan di usia segitu, ya, begitu.

ancha anwar said...

Sudah lama punya cuma belum sempat nonton...
Padahal byk yang rekomendasiin :(

fickle boon said...

gw suka film ini :)
dan anna kendricknya keren

hani nhk said...

nonton aja lahh, ntar kan bsa mutusin sndiri filmnya bagus gak. pribadi sihh gue ga trlalu suka sm ni film, tapi banyak kok yg suka.

ancha anwar said...

Dibandingin Michael Clayton, "beratan" mana?

hani nhk said...

beratan 'michael clayton'. gue lbh suka tu film, karena ada challengesnya. tapi itu kan beda genre. 'michael clayton' tu film drama, sedangkan 'up in the air' itu sharusnya adalah film dark drama comedy.

film ini bagus, tapi mnurut gue kalah sama film2 trdahulunya yaitu 'juno' dan 'thank you for smoking'.

ancha anwar said...

Thanks infonya...
Kalo Michael Clayton gw kasih 3 bintang. Nanti gw nonton nih film

hani nhk said...

masalahnya ni fakta brdasarkan dari umum/dtrima oleh kbanyakan org shingga film ini jadi brkonformasi, pdhl 'fakta' tsb bsa djadikan sbg sesuatu hal yg bsa mmbuat si karakter mutusin mana yg trbaik buat dirinya. di film 'juno', tokoh utamanya mutusin utk ngasi bayinya dan jalanin hidupnya dg hepi, pdhl plotnya cukup sensitif. di 'thank you for smoking', si tokoh utamanya ga trlalu brubah banyak sifatnya, walopun dia sbenernya uda ga bole ngrokok lagi, tapi dia punya pandangan yg sdikit beda dari sblumnya. kalo yg di film ini, si tokoh utamanya brubah karena pd umumnya sharusnya org harus brubah pd umur sgitu. itu yg gue kurang sreg.

tapi mngkin bsa lahh bintangnya gue kasi stengah lagi. spt yg gue bilang, ni film emang ga jelek.

isaac mister said...

yes, i agree :)

tapi secara keseluruhan, i think the movie is bland.

hani nhk said...

i think the movie could be done better. tapi ini cmn pndapat gue segh.