Thursday, July 22, 2010

30 Day Meme: Day 18 - Whatever Tickles Your Fancy

Tadinya gue ga mood banget nulis ini gara2 sluruh tulisannya ilang gara laptop gue hang. Kuamprett... Trpaksa nulis lagi. Parah abis... Akhirnya yg uda gue tulis gone with the wind dehh. Apalagi hari ini busy bgt, ada di jalan mlulu. So... topiknya beda dehh dari yg uda drencanain...

Oke, satu hal ttg gue. Gue suka yg namanya makan pake GARPU.

Lho, emangnya knaps? Bukannya kalo makan biasanya pake garpu? No, no. Kbanyakan org kan kalo makan pake tangan, atau pake sendok + garpu. Tapi gue ga suka makan pake sendok, kcuali kalo makan sop doanks. Tapi slaen itu, gue pasti makannya pake garpu. Apa aja.

Temen gue yg org Indonesia waktu gue msh di Amrik lagi makan siang sama gue, trus dia liat ada bule kalo makan pake garpu. Itu emang budayanya mereka, yg kalo makan pake pisau dan garpu. Dan mereka kan ga makan nasi, biasanya hanya daging dan roti. Jadi pisau dan garpu uda pasti cara makan mereka yg pas. Tapi kbtulan kita sedang makan di restoran Cina, dmans smua org kan makannya pake sumpit... nahh, si bule ini lagi makan pake garpu aja. Temen gue, langsung mncibir. "Cih, orang bule tuhh bego ya. Makan kok pake garpu doank? Kan susah makan nasi pake garpu. Kalo emang ga bsa pake sumpit, ya mnta sendok kek. Kan lebih gampang buat nyendokin nasinya."

Gue cmn ngangkat alis aja, tapi ga komen apa2. Dia ga taw kalo gue juga suka makan pake garpu doanks. Bukan apa2, gue emang makannya pelan dan lbh seneng dnikmatin daripada makan yg langsung menyendok makanan en dsuapin ke dlm mulut. 

Trus waktu kapan kmudian, kita lagi dinner bareng, gue makan hanya pake garpu doanks. Tmn gue ngliat, dan trdiem. Mngkin teringet prcakapan/omelan dia waktu itu. Dia cmn komen tapi sambil nglirik ke gue:

"Ga pake sendok, Han?" Tanya dia.

"Pake, ntar." Jawab gue. Kbtulan gue emang lagi makan pasta. Gue langsung megang sendok di TANGAN KIRI. Bukannya gue ga taw cara makan sendok garpu, tapi biasanya kalo makan pasta, sendok emang dpegang di tangan kiri, dan garpu di tangan kanan. Si garpu trus muter2 si pasta di sendok. Tmn gue langsung blingasatan.

"Han! Emangnya loe ga prnah diajarin makan pake sendok garpu???" Dia nanya.

"Bangsat. Loe pikir gue udik apa? Gue emang lebih demen makan pake garpu, knaps loe repot banget?" Jawab gue dg ketus.

"Cara Indonesia kan yg bener adalah sendok di tangan kanan dan garpu di tangan kiri." Kata dia sok tew.

Gue geleng2 kpala. "Itu cara Belanda. Belanda yg ngajarin makan pake sendok garpu. Org Indonesia tu kalo makan pake tangan. Dan lagi pula suka2 gue donks kalo gue makan pake garpu. Gue kan ga mnyinggung orang or budaya pula." Sblum dia protes lagi, gue langsung. "Apa prnah gue protes kalo loe makan Pizza pake pisau dan garpu? Org Indonesia tuhh suka dketawain sama bule2, karena kalo mkn pizza pasti pake pisau!"

Dia cmn diem aja. Kliatan dari raut mukanya dia ga stuju gue makan cmn pake garpu. Alasannya? Ga ada sih. Mngkin ga trbiasa liat aja, dan mngkin gregetan karena makannya jadi pelan.

Tapi itu adalah cara gue (scara informal, tentunya - trgantung sikon) kalo makan. Gue slalu makan pake garpu dg tangan kanan. Tangan kiri biasanya nyante2 aja, dan ga gue pake apa2. Kalo sampe ada org yg protes, itu mnurut gue ndableg bgt. Banyak adat en budaya brtaburan, ga ada salahnya kalo kita makan sesuai dg kesenangan hati. Slama gue ga makan sop pake tangan aja.

Prnah suatu hari, ada pakde dateng dari kampung di Jawa. Diajak makan steak. Tentu saja dia kbngungan makannya gmans. Steak itu kan msti pake pisau garpu. Akhirnya dia motong2 steak itu dan dagingnya dtusuk pake pisau, lalu dmasukan ke mulut. Gue sampe mo pingsan ngeliat pakde gue masukin pisaunya ke mulut. Gue jelasin bahwa steaknya msti dpotong2 trus makan pake garpu. Pakde gue dg kaget ngoms, "Lah! Ndak sopan toh kalo makan pake garpu?" Lebih bahaya lagi kalo makan pake pisau! Akhirnya dia lebih mau makan pake sendok aja, stelah dagingnya dpotong2. Entah ada pikiran dan adat darimana kalo makan pake garpu itu ga sopan.

(Gue emang kadang2 mnghadiri pesta2 di rmh org, dmans makanan prasmanannya hanya dsediain sendok. Dan biasanya gue cmn melengos sebel)

Tapi mnurut gue gini sih... slama cara makan tsb ga nyinggung budaya tertentu, kayaknya kita ga prlu ngurusin cara makan org lahh. Uda biasa di Indonesia memang kalo makan pake sendok dan tangan. Pisau hanya utk motong2, dan garpu hanya utk ngais2 makanan. Pizza pun dmakan pake garpu. Itu hanya kbiasaan aja. Mlanggar etiket juga enggak. So... Gue makan pake garpu aja. Deal with it :)

19 comments:

a b said...

Selama bukan formal dining, etiket ngga perlu harus diikutin sampai ke titik koma :-). Tos, Han, kalau disuruh milih mending makan pake sendok aja atau garpu aja, yang dipilih garpu.

Ihwan Hariyanto said...

Aq juga ga masalah, tapi unik aja liatnya maem garpu. Kalo maem nasi juga tetep ma garpu?

hani nhk said...

pastinya kalo formal dining, gue ngikutin etiket en aturan2 yg ada. makan sop harus pake sendok sop, mkn salad hrs pake garpu salad, dll. yeah emang lbh gampang pake garpu.

hani nhk said...

makan nasi pake garpu juga. dan gue ga sndirian sih, ada banyak org yg lbh milih garpu krn lbh trbiasa en lbh enak, spt indres dan gue. unik? ga unik2 amat. org sini ga trbiasa aja krn org indonesia biasa mkn pake sendok en tangan. mngkin gue dan indres lama tnggal di luar negri? enggak juga. dari dulu emang gue sukanya pake garpu kalo makan.

gue malah risih liat org2 kalo makan di Pizza Hut, makan pizza pake garpu! kan sharusnya pake tangan. org2 Italia bsa panik liat bgitu, hahaha.

isaac mister said...

gw kl makan pake garpu.
jarang pake sendok.

hani nhk said...

IMHO sih, lbh asik garpu.

isaac mister said...

gw kaget nich.
emangnya di indo gitu yach?

hani nhk said...

mnurut gue, karena garpu biasanya dpegang di tangan kiri. dan org kalo makan pake tangan kiri itu dianggep ga sopan di adat timur. jadinya garpu = kiri. walopun garpunya dpegang pake tangan kanan, tetep aja nganggepnya ga sopan. mngkin lho, itu yg gue tangkep dari pakde gue.

Muslim Anshori M, said...

Kok bisa ya orang makan pake garpu dibilang aneh?

hani nhk said...

ya itu, mngkin banyak yg ga trbiasa. lucunya, gue waktu itu prnah makan di rmh kluarga sepuh. pas mo makan, gue nanya ada garpu ga? mereka tuh trheran2 gitu, "kan ada sendok. harus pake garpu?" gubrayks.

ini ada salah satu cara makan pasta -- spt yg dliat, sendoknya ada di tangan kiri, en garpu di tangan kanan. walopun trserah sih mo makannya gmans. tapi ya jgn heran kalo liat banyak org makannya bgini. di italy, sendok malah ga dpake, hanya garpu aja:

Relly M.M. said...

klu makan sehari-hari di rumah sendiri mah lebih senang pake tangan, sedia kobokan.....nikmat...^_^ pa lagi lauknya yang rada ribet kaya ikan yang banyak durinya...mending pake tangan langsung...
tapi klu liat orang lain makan, mau gimana stylenya sih gw nda ribut, yang penting makannya tidak berdecap, dan tidak bertaburan (kotor disekitar piring) no problemo with me....^_^

Ibu Ranger Harley said...

gw juga suka makan pake garpu... terutama klo makan somay!
tapi klo nasi.. nggak deh.. ga sabaran... :P

fickle boon said...

gw suka banget makan nasi goreng pake garpu hihihi... dan temen-temen gw juga banyak kok yg doyan makan nasi pake garpu Han :D

hani nhk said...

iya tuhh, paling risih kalo org makan ngecap2. ataw kadang2 makan sambil ngoms trus ga dtutup mulutnya. jorok bgt gitu.

Bimo Pribadi said...

kalo gw sampe makan nasi pake garpu.... bisa 2-3 jam abisnya, haha

hani nhk said...

kayaknya seru kalo kita rame2 makan, trus smuanya pd ngibas2in garpu, hehe.

ancha anwar said...

Wah.. kok tulisan lo ini gw missing ya...
Bener... heran sama org yang selalu ngurusin cara makan org lain.
Mo makan pake apa terserah mereka, yg penting bukan makanan dia yang kita makan :D

Btw, soal Pizza, bener. Gw pernah ngobrol ma bule, dia bilang aneh liat org sini makan pisau dan garpu. Kalo di film2 kan mereka makannya kek makan gorengan ya... Langsung comot dan kunyah. Hahaha... tapi kita (baca : gw) tetap melakukannya dengan "bangga" ...

ancha anwar said...

Asal jangan dipake colek-colekan atau bahkan tusuk-tusukan
hahaha

hani nhk said...

yahh ga di film2 aja, aslinya ya bgitu. malahan makannya sambil brdiri. soalnya pizza itu dsana bukan restoran, tapi smacam warung. pizza hut aja dsana ga ada restorannya. makanya tmn2 bule gue kalo ke jkt heran liat ada pizza hut restoran.

kbtulan di chicago, ada yg namanya deep dish pizza yg tebel bgt skitar 10cmn, jadi bentuknya kaya pie. nahh makannya pake pisau garpu. kalo itu sihh gpp. sedangkan pizza yg asli kan tipis kaya martabak. kita ga makan martabak pake pisau garpu kan? but... trserah segh.