Tuesday, July 06, 2010

30 Day Meme: Day 02 - Your Favorite Movie

Hihihiiii, kayaknya topik yg satu ini adalah topik favorit gue, scara gue demen bgt yg namanya nonton pelem. Kayaknya kalo ga nonton pelem shari aja, badan langsung panas dingin gitu. Walopun bsa sharian pergi ataw sibuk ama krjaan, pasti ada waktu buat ntn pelem, kayak ngobat gitu. Huahaha. Ga mnolong juga waktu kuls ngambil jurusan film psychology and history. Uda dehh, kalo ngobs bareng tmn2 yg demen pelem pasti seru. Tapi tentu saja gue punya selera dlm ntn film. Ga smua film prnah gue tonton, of course laaah. Tapi mngkin presentasi gue ntn film lbh condong ke film Hollywood dan British. Bukan brarti gue ga suka film2 lokal atau film2 dari negara2 laen, tapi emang kbtulan aja krn uda sering ntn, gue jadi lbh familiar dg resep2nya.

Dan ngoms soal film favorit tentu aja ga mngkin cmn nyebutin atu doanks. Tapi kali ini gue mndingan nahan diri dehh, daripada ntar daftarnya kpanjangan. Jadi kali ini gue ga akan ngbuat boring yg baca dehh. Satu aja film favorit gue:



Directed by   : Steven Spielberg
Produced by : David Brown, Richard D. Zanuck
Written by : Peter Benchley, Carl Gottlieb, Howard Sackler (uncredited)
Novel : Peter Benchley
Starring : Roy Scheider, Richard Dreyfuss, Robert Shaw, Lorrain, Gary, Murray Hamilton
Music by : John Williams
Distributed by : Universal Pictures
Release date(s) : June 20, 1975

Knaps Jaws? Itu biasanya prtanyaan yg dkasi ke gue tiap gue dtanya film favorit gue apa. Biasanya mereka kaget karena gue jawab film ini. Biasanya org branggapan bahwa film Jaws adalah tipikal film2 monster dg karakter2 yg 2 dimensional, monsternya kampungan, banyak yg mati, dll. Padahal kalo ditelaah lebih lanjut lagi, film ini bener2 punya layers yg banyak kayak bawang, tnggal dkupas satu prsatu. Gue APAL dialog2nya saking cimatnya ama ni film. Film ini dnominasi Oscar. Musiknya juga menang. Musik dan film Jaws sangat nakutin, banyak org yg takut berenang di laut abis ntn film ini. Dramanya bagus bgt dg plot padat. Aktingnya smua brkaliber bgt. Sisi psikologisnya buanyaaak bgt yg bsa dplajari lebih jauh. Sbuah alegori antara manusia mlawan mesin pmbunuh ciptaan Tuhan yg smpurna. Gue bahkan bikin tesis mngenai film ini utk exam gue (what a horrid weeks!).

Tentu saja, ada banyak film2 favorit gue. Silakan klik ke MY FAVORITE MOVIES LIST

Tapi film ini... hands down... is my favorite movie of all time.

20 comments:

fickle boon said...

wow!

hani nhk said...

hehehe, don't knock it until you try. coba dtonton dulu dehh.

isaac mister said...

is it true that the shark is the metaphor for vagina dentata?

hani nhk said...

lho... kok tau? iya emang di teory psychoanalysis katanya hiu tsb adl metafora utk vagina dentata. karena mngambil korbannya seorang perempuan nakal, trus mengacaukan stabilitas pemerintahan yg dpegang oleh para pria. tapi kalo ngliat hiunya sndiri, bentuknya lebih kaya phallus.

fickle boon said...

iyah gw dah nonton kok, dan gw setuju kalo film ini mungkin salah satu film terseram, mana musiknya masih suka terngiang-ngiang di kepala gw.

jadi pengen nonton ulang

hani nhk said...

i know, right? apalagi kalo maen ke laut, pasti langsung ada bayangan jaws gitu di kepala.

fickle boon said...

hahahaha, bayangan film ini paling menghantui gw saat gw mo pulang kampung, kan menyeberangi lautan luas tuh. iikkss.. serem abiisss!!! ngebayangin yang nggak-nggak

hani nhk said...

makanya ni film emang abadi bgt, pdhl film lama, tapi efeknya krasa bgt sampe skrg.

Bimo Pribadi said...

punya repika poster film Jaws yang 3D mba?

hani nhk said...

najong. itu film jelek. sequelsnya ga usa dtonton. nistaaaa.

Bimo Pribadi said...

haha bukan.. maksud gw replika poster Jaws yang kaya diatas itu.. tapi tiga dimensi bentuknya.. nimbul.. collectors item itu, wajib punya..

hani nhk said...

dulu punya, tapi ilang :(

Bimo Pribadi said...

nah itu.. gw liat di sarinah, udah buluk berdebu, ga ada yang beli kayaknya hehe

Bimo Pribadi said...

eh pasaraya.. kok sarinah sih

isaac mister said...

soalnya waktu itu gw dikasi tahu sama professor gw mengenai hal ini.
gw sama sekali ngga nyangka.

Yayan a.k.a Fathin said...

Katanya banyak org yg tkut ke pantai setelah nton film ini :D

hani nhk said...

itu benar... trmasuk saya :p

Ihwan Hariyanto said...

sangar film fave-nya.
aku sendiri tanpa liat film ini udah ngeri sendiri kalau bayangin makhluk apa aja yang ada di lautan yang dalam itu.

hani nhk said...

gue lebih trtarik sama film ini bukan dari segi seremnya, tapi dari segi psikologinya. waktu kuliah sampe bikin tesis paper ttg film ini.

silakan ceki2 list film2 favorit di http://hanitje.multiply.com/journal/item/360/My_Favorite_Movies_Of_All_Time_Part_I sapa taw bsa dpt rekomendasi.

isaac mister said...

gw bener2x takjub bahwa film ini punya banyak sisi psikologisnya yach khan, han?
gw waktu itu dengerin seminar film jaws di library, dan banyak banget hal2x yang ngga gw ketahuin.
kayak film ini mirip banget dengan film MOBY DICK.