Monday, July 19, 2010

30 Day Meme: Day 15 - A Fanfic


Dari dulu gue hobi yg namanya baca fanfic. Kadang2 ga puas kalo cmn ntn serial/film ataw baca buku/komik favorit, dan ngliat tokoh/karakter favorit kita ga sesuai dg keinginan kita. Dan dari dulu juga gue hobi bikin fanfic, tentu saja mngenai tokoh2 favorit gue sndiri. Bagi yg blon taw, fanfic sndiri adl singkatan dari FAN-FICTION. Alias fiksi yg dbuat oleh fans. Sbenernya fanfic sndiri uda lama bgt entah sjak kpn. Katanya sejarah sih, sejak dari abad2 sblumnya. Crita2 yg dbikin brdasarkan oleh fans, sesukanya. Tapi fanfic sndiri baru booming pas taun 60an, waktu itu lagi jamannya Star Trek. Fans serial TV Star Trek mulai nulis crita2 ttg tokoh2 Star Trek ke majalah. Bgitu internet mulai masuk ke rmh2, fanfic lebih booming lagi.

Dulu waktu kecil gue juga suka bikin fanfic, tapi di kertas folio. Dulu gue suka banget sama Scooby Doo, dan M.A.S.K serta Jem and The Holograms. Trus mulai lahh gue bikin cerita2 ttg tokoh2 tsb. Bgitu internet mulai masuk, kira2 pas gue kelar SMA mnjelang akhir taun 90an, gue mulai suka baca2 fanfic Sailor Moon dan Dragon Ball Z di usenet dan di anipike. Saat itu fanficnya bener2 keren bgt, dan sangat sulit banget utk didapet karena trbatasnya internet. Bgitu internet mulai mrajalela, banyaaaaaak bgt tmpt2 utk naro fanfic2 spt fanfiction.net yg ada ribuan fanfic dari brbagai belahan dunia.

Sigh... dulu dunia lebih simple bgt.

Fanfic mulai meledak ga karuan bgitu buku Harry Potter kluar. Fans buku2 ini kira2 hampir 80%nya pada bikin fanfic ttg Harry Potter. Mnurut survey, katanya fanfic Harpot adl yg paling dcari2 di internet, diikuti oleh Twilight, Star Trek, dan Dragon Ball Z. Bsa dmengerti scara fans2 serial ini adalah yg trbanyak di dunia.

Gue sndiri paling demen bikin fanfic serial Highlander, Jaws, Harry Potter, Batman, Lima Sekawan, Heroes, Doctor Who, Torchwood, Sarah Jane Adventures, Archie comics, dll.

Knaps sih bikin/baca fanfic? Well... kadang2 kita kepengen karakter yg satu brsama dg karakter yg laen. Ataw kita ga puas dg karakterisasi dan jalan crita suatu show, jadinya kita ngandelin fanfic utk muasin diri sndiri. Contohnya: Heroes adalah serial yg oke waktu season 1, bgitu season2 brikutnya jeleknya mnta ampun. Trlanjur suka dg karakter2nya, kita mulai baca crita2 yg justru lbh oke di fanfic daripada di show itu sndiri.

Oke, gue banyak rambling. Skrg gue mo rekomen sbuah fanfic dari serial Batman Animated Series yg gue pikir super keren bgt (silakan klik linknya):



Title : The Night the Lights Went out in Gotham
Author
: Constance Cochran
Year : 1999
Genre : Drama, Angst, Romance, Adventures
Rating : PG13 - Adult

Fanfic ini uda beredar lebih dari 10tahunan, dan hampir sbagian besar fans Batman The Animated Series saga spakat bahwa fanfic ini cukup keren. Mncritakan ttg Batman, Batgirl, Robin dan Nightwing. Kalo yg uda prnah ntn BTAS, smua pasti kaget ktika Dick Grayson brenti jadi Robin lalu kluar dari naungan Bruce Wayne/Batman dan mnjadi Nightwing. Apalagi trdpt cinta segitiga antara Barbara Gordon dg Dick dan Bruce. Fans trkaget2 ktika Barbara trnyata memilih Bruce/Batman daripada Dick. Kecewa, Dick pindah ke kota Bludhaven dan mnjadi Nightwing.

Fans sdikit marah, karena scara canon alias crita aslinya, Barbara selalu brsama Dick. Maka dari itu, fanfic ini justru membuat cerita lbh emosional, dewasa, dramatis, seru, dan juga membuka peluang akan kmngkinan kedua karakter ini brsatu lagi tanpa perlu mnjadi kampungan.

Summary crita: Ketika Gotham City mati lampu dan mnjadi gelap gulita, Batman beserta Robin, dan Batgirl harus bsa mnjaga keamanan kota. Nightwing datang membantu, walopun trdapat ketegangan antara mereka. Cerita mengenai hubungan antar manusia di balik topeng2.

Gue bener2 rekomen ni fanfic, walopun bagi yg bukan pnggemar crita BTAS. Crita ini mrupakan bagian akhir dari trilogy BTAS karangan sang pngarang. Part 1 adalah The Summer of Her Discontent
dan part 2 adalah 
Thirteen Hours.

48 comments:

a b said...

Setuju Han, rada susah sekarang kalau mau dapet fanfic yang bagus....kebanyakan yang bikin, udah gitu yang paling bete, suka unbeta-ed lagi.....haiya.

hani nhk said...

skrg kayaknya smua org pd bikin fanfic tapi dg kualitas rata2. kalo jaman dulu, fanfic2nya tuh keren2 smua. mngkin krn kbanyakan mereka adl writer di khidupan aslinya. kalo skrg, skedar tweens yg bikin fanfic ttg romance ga jelas.

andy wirawan said...

ini fanfic? keren banged! kok gue gatau ya? jujur aja gue banyak ketinggalan nonton film kartun... :(
besok cari ah, tengkyu infonya Han.. :)

hmm fanfic fave gue apaan ya?

hani nhk said...

ga usa dcari, tnggal klik linknya kok -- itu judulnya yg gede. uda liat fan videonya? yahh... hampir mirip lahh sama fanficnya. musiknya nohok bgt.

andy wirawan said...

klik link nya kok ke synopsis ya http://www.the-family-archives.com/stories/tntlwoig.txt

iya barusan hanya lihat videonya diatas... gue kudu nonton BTAS dengan lengkap nih, dulu loncat2 nontonnya :(

hani nhk said...

klik linknya, trus scroll ke bawah. paling atas emang summary, tapi bawahnya uda full crita.

isaac mister said...

i must say, i hardly read fanfic.
but i do like a good read.
maybe i will give it a shot.

btw, itu videonya awesome...
ceritanya angst banget.

ancha anwar said...

ga pernah terlalu suka. Mungkin slama ini belum pernah nemu yang sreg sesuai keinginan (tapi fanpic mengenai heroes boleh juga tuh dicari, secara kesini2nya gw kecewa berat) Sebaliknya gw nemu beberapa fanpic serial atau tokoh terkenal, ceritanya hambar dan begitu2 saja.
*ini salah satu tema yg ingin saya skip (ganti)*

Ibu Ranger Harley said...

wah... gw ga pernah perhatian ama fanfic...
tapi klo loe bilang bagus dan apalagi ini ttg batman the animated series..
sepertinya gw wajib baca!!
sekarang!




eh.. ngetik kerjaan dulu deng.. ^_^;;

fickle boon said...

wah kayaknya seru :D

udah lama banget gak baca fanfic, dan rasanya gw bakalan kesusahan pas udah sampe day 15 ini deh hihihih

hani nhk said...

fanpic beda lho sama FANFIC. fanpic itu gambar yg dbikin oleh fans. fanfic itu crita yg dbikin fans.

fanfic itu sama lah kaya buku, dan juga banyak pilihan. skrg ini pilihan2 tsb uda trsedia. so loe tinggal pergi ke website2 yg mnyediakan fanfic2 tsb. ada ribuan so loe ga akan keabisan bahan crita. yg populer adalah http://fanfiction.net -- dari yg namanya serial tv, movies, sampe komik ada smua. tinggal pilih judulnya.

dan soal tema yg dganti...... sayang bgt lho kalo sampe dganti. pdhl itu justru tantangan buat elo. loe bsa nulis, "gue ga prnah trlalu suka dg fanfic. dll" ataw daripada dganti, mndingan dskip aja.

hani nhk said...

hahaha, ya bukan kewajiban lahh.

tapi kalo loe mo baca2 soal BTAS, di http://fanfiction.net ada -- dan ini lebih lngkap lagi soal BTAS di http://www.the-family-archives.com/birdsofafeather/main/main.html

hani nhk said...

makanya mulai baca2 lagi :)

Muslim Anshori M, said...

Pernah ada yang bikin film ga? Saking terobsesinya tuh fan...

hani nhk said...

fan film? banyak bgt. bahkan ada yg menang pnghargaan. ada star wars, star trek, tomb raider -- biasanya emang superheroes sama sci-fi genre yg dbikin film2 fan. ceki2 aja review gue, ada banyak fan films dsitu. kalo soal obsesi di fan film agak beda. karena film itu lebih condong mo nunjukin kmampuan si filmmaker utk bikin filmnya. kalo fanfic biasanya emang hobi mnulis yg dsalurkan.

ada komunitas fan film kalo mo ceki2 websitenya. banyakan brkualitas bagus smua. tapi karena bikinan fans, mereka ga punya ijin utk bikin. sama halnya dg fanfic, smua yg memakai fan di depannya, biasanya ga pake ijin. so... di depannya selalu ada pngumuman copyright.

ancha anwar said...

Maksud gw itu... fanfic...
filmnya kalo ga salah sering lo upload...

Masalah skip/ganti, ntar saya coba dulu. Sudah ada bayangan nih. Punya link fanfic nya Heroes ga?

hani nhk said...

klik http://fanfiction.net -- ntar dsana ada TV Shows, klik lagi, trus cari HEROES. nahh tuhh buanyak bgt. tapi kalo soal critanya oke ataw enggak, loe bsa liat dari banyaknya review mereka. klik review2nya. kalo komen2nya bagus, brarti fanficnya ok. loe juga bsa liat dari ratingnya; mo crita dewasa ataw smua umur. trus loe mo liat karakter sapa, dll.

ancha anwar said...

Sippp...
thank u... ^^

Bimo Pribadi said...

wah, jadi nambah ilmu nih gw mengenai fanfic.. terus terang masih agak asing sama fanfic, meskipun ternyata dulu gw pernah bikin fanfic sendiri di kertas folio jaman kecil.. (sama kayak lo mba), ceritanya McGyver.. tapi sama sekali ga ngerti kalo itu tuh fanfic.. thx infonya mba :)
nah bingung nih mau nulis meme apaan nih buat fav fanfic :D

hani nhk said...

nulis di folio waktu msh SD, bgitu kenal komputer waktu SMP, bikinnya di WordPerfect DOS yg msh warna biru! hahaha. trus brkembang di internet, akhirnya dposting di website2 fanfic.

Bimo Pribadi said...

sayangnya sudah kemana tau itu fanfic McGyver aku... padahal aku nulisnya lumayan banyak.. sampe ibuku aja seneng aku bikin cerita2 kayak gitu, hiks...

ancha anwar said...

Wah sayang banget... padahal biasanya pikiran2 dulu itu biasanya lebih pure!

hani nhk said...

sharusnya dbundel ya, crita2 itu. mngkin ini ksmpatan loe utk bikin fanfic baru. apa film/serial/buku favorit loe skrg ini? coba bikin fanficnya, trus loe posting.

Bimo Pribadi said...

iya.. sampe dialog2nya aku pun masih apal.. ada yang kejar2an mobil dsb.. wah jadi pengen bikin lagi! hehe

Bimo Pribadi said...

ah kalo sekarang mah ga pede mbak.. haha banyak kritikus di MP cerita saya bisa jadi makanan empuk buat dibabat haha

ancha anwar said...

Hahahaha... Ga lah...
Ga salah lagi maksudnya

*kidding* xixixi

hani nhk said...

hiaahhh... who cares?

fanfic itu sbenernya utk kpuasan pribadi aja. kritik2 anggep sbg pacuan utk jadi lbh bagus. ga ada bedanya sama hal2 laennya kan? gue sering bikin fanfic -- ini fanfic profile gue di http://www.fanfiction.net/~honeybee1 -- dan bsa loe liat, review2nya bikin males aja. hahaha. tapi ga ngurangin minat en hobi gue utk baca en bikin fanfic.

dan ini juga latihan bagi yg kepengen jadi penulis lho. nulis sesuatu dari sndiri itu uda susah, gmans kalo bikin sesuatu yg uda ada trus dbikin unik dan mnurut elo sndiri. mnurut gue, kalo loe ada passion ttg film/serial/buku, coba bikin fanfic brdasarkan kemauan loe sndiri.

hani nhk said...

bikin aja! coba tajemin lagi tu pisau yg uda tumpul. dan kalo msalnya malu utk posting di MP, gpp -- posting aja di website khusus fanfic. ribuan fanfic muncul tiap harinya, ga ada yg mrhatiin. gue aja ga posting di MP, soalnya emang bukan tmptnya mnurut gue. MP lbh ke blogging.

hani nhk said...

gue tadi mikirin kalimat ini, soal terobsesi... kbanyakan fans yg bikin fanfic ga trlalu trobsesi bgt, tapi mereka kbanyakan mo nyalurin hobi menulis mereka. yg paling gampang adalah mnulis sesuatu yg uda mereka taw, yaitu hal2 yg mereka sukai macam film/show/buku tentunya. biasanya yg terobsesi adalah mereka yg nulis fanfic tapi ga mrhatiin struktur cerita itu sndiri, dan ngandelin MARY SUE alias tokoh fiktif buatan mereka hampir sama dg citra sang penulis tsb. mereka ga pduli jalan crita, ga pduli saran dan kritik reviewers, dan mereka terobsesi bikin fanfic yg hanya mereka ngerti. biasanya hampir spt itu.

sedangkan kalo fanvid, itu laen lagi. itu biasanya mereka bikin2 tribute utk tokoh2 favorit mereka.

dan fan film, itu biasanya nunjukin keahlian para pembuat film utk bikin film yg uda dkenal, sbg tribute juga.

ada lagi fanpic dan fanart -- biasanya nih yg suka gambar2/art bikin lukisan/gambar/komik ttg karakter2 yg mereka sukai.

beda2 medium, tapi kalo soal terobsesi biasanya msh dlm batas wajar.

ancha anwar said...

SETUJU!!! Wajar lagi ada yg suka ada yg ga...

Mira Diend Ony Wardhany said...

Aku ndak suka baca fanfic, tapi suka dengerin cerita fanfic dari temen yang suka baca fanfic heheheheeheheheh

hani nhk said...

temen MP kita bikin fanfic2 keren ttg Stargate dan dposting juga di MP. check it out: http://sakurablue13.multiply.com/

Relly M.M. said...

wah walau itu fanfic tapi menurut saya tetap dibutuhkan usaha dan ketekunan pas buatnya... *salut dech* ^_^d
saya cuma penikmat aja dech, walau kadang pengen buat versi saya sendiri, tapi ndak sempat dan medianya kurang gape....he..he..he..

Bimo Pribadi said...

iya mba.. iya.. *manggut-manggut*
tapi ngeliat fanfic lo yang di fanfic.net jadi ciut lagi nyalinya.. apakah harus in English yang di post disitu? hehe

hani nhk said...

enggak, dsitu ada tombol LANGUAGE. pilih indonesia. banyak kok fanfic berbahasa indonesia dsana.

Bimo Pribadi said...

ga nemu mba, hehehe

hani nhk said...

buset dehh...

klik JUST IN, trus klik ALL LANGUAGES.

Sakura Blue said...

wueh, gw malah baru tau ada jg fanfic pake bhs Indo..... LOL

hani nhk said...

skrg uda internasional, ga khusus english lagi. spt yg gue bilang, sejak harpot mncul, fanfic meledak gitu. jadi uda ada language button di tiap situs biasanya.

marie olive said...

linknya mana ya mbak?

hani nhk said...

wait... gue tulis di komen, soalnya si bimz nanya... wait...

ooh, ini dia http://www.fanfiction.net/~honeybee1 sdikit gambaran ttg nulis fanfic. gue msh amatiran bgt, sama kok. review2nya juga parah. msti siap ya kalo msalnya ada yg nulis bad review.

isaac mister said...

belum ada update lagi, han?

marie olive said...

thanks :D
aku coba baca2 dulu :D

hani nhk said...

phew, blon bangett... lagi artsy fartsy block.

isaac mister said...

ada rekomendasi?

hani nhk said...

i am thinking about reading more new movie and new show kayanya. kbanyakan kan gue bikin yg old school smua... maksud loe rekomendasi fanfic laen? hmm... kbtulan lagi ga baca fanfic blakangan ini. ntar ya gue cari2 dehh..

isaac mister said...

fanfic yg lagi ngetop sekarang apa?

hani nhk said...

kayanya yg lagi banyak dminati sampe skrg adalah twilight dan harry potter. tapi itu brdasarkan situs2 fanfic yg brtebaran banyaknya di internet.