Wednesday, July 21, 2010

Cirque du Freak: The Vampire's Assistant

Rating:★★
Category:Movies
Genre: Science Fiction & Fantasy
Skilas kliatannya ini adalah film anak2/remaja mngenai vampir ataw supernatural dan smacamnya. Gue agak2 trkaget2 ngliat justru film ini dewasa bgt. Dan begonya, knaps film ini dpromosiin sbg film kluarga? Dableg banget.

Darren (Chris Massoglia) adalah seorang remaja yg populer, pintar, dan baik. Ia dsayang kluarganya, dan digandrungi teman2nya. Darren mmpunyai sahabat, brnama Steve (Josh Hutcherson) yg pemberontak dan berandalan. Suatu hari, mereka brdua mnghadiri sbuah sirkus utk org2 aneh. Ketika sedang mnonton prtunjukan, Steve mncurigai salah seorang org2 aneh adalah seorang vampir brnama Larten Crepsley (John C.Reilly). Steve memohon utk djadikan vampir, tapi Larten menolaknya. Darren, adalah penggemar laba2. Ia mencuri laba2 bracun brnama Madam Octa milik Larten. Ketika Madam Octa menggigit Steve, Darren memohon kpd Larten utk mnyelamatkan sahabatnya. Larten akhirnya mnolong Steve, dg syarat bahwa Darren hrs mnjadi vampir. Pada saat brsamaan, seorang misterius brnama Mr. Tiny (Michael Cerveris) ingin mengawali perang antara vampir dg vampineze; dua jenis pnghisap darah yg mmpunyai moral yg berbeda.

Pertama2, ini film sama skali bukan utk konsumsi anak2 ya. Jgn karena tema vampir sedang ngetren, maka smbarangan aja dikomersilkan sbg film smua umur. Banyak banget adegan kekerasan dan bahasanya yg cukup kotor, gue sampe heran knaps ratingnya bsa PG13 bukannya rating R skalian aja. Film The Dark Knight dan Transformers yg PG13 aja, bahasanya ga skotor ini. Kedua, karena gue sama skali ga familiar dg novel Cirque du Freak, gue ga trlalu mudeng dg plotnya yg agak2 tumpang tindih di film ini. Rupanya ada dua jenis pnghisap darah; pnghisap darah yg baik adl para vampir, dan pnghisap darah yg jahat adl para vampineze. Vampir ga mau mmbunuh korbannya, sedangkan vampineze justru senang membunuh. Yeah, whatever.



Gue ga trlalu mmprmasalahkan plot brdasarkan novel sbenernya. Banyak banget film dg tema vampir, gue uda ga heran lagi kalo aturan2nya banyak yg drubah2. Tapi gue hanya mmprmasalahkan bbrapa hal di film ini; misalnya pacingnya yg ga tratur dan terus terang aja agak2 boring. Dari segi action sbenernya uda lumayan, dan cukup violent bgt. Para karakternya sering banget brsumpah serapah walopun itu sama skali ga mngganggu buat gue, tapi mngkin mngganggu buat yg ga trbiasa dg sumpah serapah di film "keluarga". Dan dari segi akting... astaga, tokoh utamanya si Darren yg dperankan oleh Chris Massoglia, maennya JELEK bgt. Kaku abis dan ga ada emosi sama skali. Marah, sedih, hepi, dll aktingnya sama smua. Padahal ini anak cukup cakep, tapi karena aktingnya jelek bgt, gue jadi heran knaps ini anak jadi pemeran utama ya???

Gue ga trlalu rekomen buat anak2 ataw kluarga soalnya ini film cukup violent. Tapi bagi remaja, mngkin sip2 aja demen ama yg brtema vampirisme serta supernatural dan fantasi. Hanya saja, kalo film ini disutradarai oleh sutradara yg lebih handal, msalnya Alfonso Cuaron ataw Terry Gilliam, yg lebih mnguasai materi fantasi daripada sutradara Paul Weitz yg hambar, mngkin bsa lbh baek.

10 comments:

DiBot ! said...

yang pasti jauuuh seru versi novelnya...sekali lagi kuciwaaaa!

andy wirawan said...

filmnya emang boring banged, gue kira bakal fun kayak percy jackson.. setelah donlod trus nonton kok berat gini filmnya... ketepu gue hahaha.. zzzzzzz.. lah

akhirnya ada yg nge-review.. :)

hani nhk said...

novelnya bagus kah? kalo ada review, gue mngkin mmprtimbangkan utk baca.

hani nhk said...

percy jackson malahan lbh parah daripada film ini. stdaknya film ini actionnya ada, dan cukup dark dewasa daripada percy jackson yg buat anak2.

DiBot ! said...

gue mau review tapi karena terbitnya jarang2 jadi sering lupa ceritanya, yg versi indonesia baru kelar dari urun waktu lebih dari 4-5 tahun, dibeberapa buku ada yg mulai ngaco ceritanya (dah muncul naga dan mahluk gaib lainnya) tapi overall utk novel abg genre action-adventure vampire termasuk lumayan lah...

andy wirawan said...

iya han, tadinya gue kira film ini kayak percy, murni film abege

isaac mister said...

you just answered your own question.
pastinya film ini di targetkan ke anak2x abg.

fickle boon said...

aku juga kecewa sama film ini :(

hani nhk said...

tapi katanya bakalan ada sequel... mngkin sequelnya lbh baik? nah... kalo ngliat akting pemeran utamanya, gue ga yakin.

ancha anwar said...

Setidaknya lebih bagus dari Twilight :D