Thursday, July 08, 2010

The Imaginarium of Doctor Parnassus

Rating:★★★★
Category:Movies
Genre: Science Fiction & Fantasy
Nonton film ini bener2 bagaikan masuk ke dalam alam mimpi en mngkin suatu alam yg ga akan bsa gue ngerti. Alegori dan metafora sbuah khidupan yg belum tentu brakhir dg hepi ending layaknya sbuah film.

Doctor Parnassus (Christopher Plummer) mempunyai sebuah teater keliling brnama The Imaginarium, yg dikelola oleh anak buahnya; Anton (Andrew Garfield) dan Percy (Verne Troyer), serta Valentina (Lily Cohen) anak perempuannya. Stiap malam mereka berpentas dan mencoba mnarik penonton utk masuk ke dlm cermin Imaginarium dan mngalami impian mereka mnjadi knyataan. Tanpa spngtahuan mereka, Doctor Parnassus sbenarnya telah mmbuat prjanjian dengan Mr. Nick (Tom Waits) utk hidup abadi -- dg imbalan jiwa para pnonton yg masuk ke dlm Imaginarium. Kalo tdk bsa mndapatkan jiwa2 tsb, maka pd usia ke 16, Valentina akan diambil oleh Mr. Nick. Suatu hari mereka mnyelamatkan seorang pria brnama Tony (Heath Ledger) yg mempunyai masa lalu kelam. Disutradarai oleh Terry Gilliam.

Fantastis, itu pikir gue ktika nonton film ini. Spt mimpi buruk yg indah, sbuah mimpi dmans kita ga bsa kluar bukan karena kita ga mau, tapi kita gak bsa dan mngkin lbh memilih utk hidup dsitu daripada mnghadapi kejamnya realita. Gue bener2 trkagum dg film ini, dan ga hanya karena dunia mimpinya indah banget tapi plotnya bener2 punya layer yg banyak. Skilas mngkin kliatannya ni film hanya skedar film fantasi dg crita yg sulit dtangkap ala Terry Gilliam. Sang sutradara emang rada sedeng kalo bikin film, biasanya ada kesan sakit jiwa banget di dlm film2nya. Film ini juga sama -- gue bagaikan nyemplung ke dlm lukisannya Salvador Dali yg sangat surrealist bgt, alias ga bsa djelasin dg kata2 karena sangat fantastikal.



Gue ngliat bahwa sesuatu yg dliat, blum tentu hal tsb adl kbenarannya. Apakah sluruh film ini adalah mimpi atau benar2 knyataan? Endingnya mmbuat gue brtanya2 dan mulai menelusuri pikiran Doctor Parnassus sndiri -- spt halnya Alice di Wonderland, atau Helena di City of Light, atau Neo di Matrix. Benarkah hal yg trjadi itu smudah itu? Hubungannya dg Valentina sangat Freudian bgt; ia tdk mau Valentina mnjadi dewasa karena takut sesuatu trjadi dgnya, tapi Valentina brontak dan memilih laki2 yg tdk benar pdhl sdh ada laki2 di dekatnya yg jatuh cinta dgnya. Blum lagi ibunya sangat mirip dg Valentina, shingga trasa spt Daughter Complex bgt. Gue suka akting smua org dsini, trutama Heath Ledger. Duh, Heath... sayang skali adegan dari dia sdikit skali. Pdhl dia brilian bgt maennya.

Warning buat yg blon ntn film ini, ini BUKAN FILM ANAK2. Ini adalah film dewasa, jgn ktpu dg pnampilannya (pdhl film ini mnjual mimpi) yg penuh warna warni. Banyak bhs kotor dan adegan dewasa dsini. Dan gue juga ga trlalu rekomen bgt buat pnonton kasual, karena trus terang banyak imej2 yg pnuh arti shingga kadang bingungin. Apalagi ya itu, plotnya kayak dunia fantasi gitu. Tapi yg demen film penuh makna dan layer2 yg bsa dikupas, silakan nonton.

15 comments:

hani nhk said...

wahh gila... mngkin kbtulan ya, tapi gue susaaah bgt compose review film ini. trus tau2nya ada 10 review dari gue ttg film ini, trpaksa di delete satu per satu. ada apa seghhh??? bikin gue sinting bgt!

ancha anwar said...

Gw butuh 2 kali nonton :))
Waktu pertama kali nonton sedikit bingung dengan jalinan ceritanya.
Sempat terkecoh dengan peralihan "Tony" ...
Gw salut juga dengan ke empat pemeran Tony yang tidak terlihat saling dominan.

hani nhk said...

ini film kalo djadiin tesis, asik bgt. soalnya interpretasi org beda2 smua abis ntn film ini. banyak bgt psychoanalisisnya pas gue tonton. ada freudian, jungian, dll. wuih, sedap. banyak bgt imej2 mimpi mereka punya arti masing2. terry gilliam jenius bgt -- sharusnya dia tu bikin film harry potter.

btw, si andrew garfield maennya juga bagus dsini -- yahh stidaknya calon spider-man ini ga cmn modal tampang doanks.

Bimo Pribadi said...

kasihan mr. ledger almarhum

Sakura Blue said...

love this movie!!
bravo to the entire casts!
dan pesannya emang daleeeeeem banget. saking dalemnya gw smpt nge-hang sejenak abis nonton ^^;

hani nhk said...

yg gue suka dari ntn film ini adalah, tiap org punya pngalaman yg beda2 utk mngartikannya.

Marshall Bruce Mathers IV said...

banyak yg nunggu film ini gegara ledgernya..bukan karna digarap oleh org gila jagoan film2 aneh macam gilliam..hehehe

hani nhk said...

sayangnya iya. pdhl terry gilliam tuh jenius kalo bikin film2 yg sinting kaya gini. sbenernya kalo film ini ga ada heath ledger pun, uda keren bgt. tapi kmatian heath, walopun mnyedihkan, emang bikin film ini jadi ada point bonus.

fiberia galleria said...

mau beli ini tapi takut bingung, sepertinya film surrealis...harus mikir...

hani nhk said...

bukan film surrealis, tapi film fantasy. emang ada imej2 surrealisnya tapi ga berat. kalo ga dtonton ga taw kan? knaps emangnya takut bingung (knaps takut mikir)? kalo bingung tnggal matiin aja filmnya. sayang kalo film bagus ga dtonton gara2 cmn takut ga ngerti.

fiberia galleria said...

bukan karena takut tidak mengerti. selera serta kebutuhan orang ber-beda2 sesuai kondisi,
ada saat dimana kita butuh film yang murni hiburan, tidak membingungkan...
sempat preview sebentar dan ragu2...thx, setelah baca review di atas tampaknya film ini
mending gue tonton kalau fresh dan enggak penat dengan kerjaan..haha....

hani nhk said...

hmm kalo mnurut gue sihh, film ini cukup mnghibur karena full warna warni lahh istilahhnya. mngkin bsa dbilang kaya film alice (CGI dan gambar2 kartunis) tapi lbh bagus. kalo soal plot, nahh ini dia yg bsa mmbuat pndapat org beda2. mngkin kalo nyari yg hiburan kasual, mndingan hindarin. krn plotnya cukup berat mnurut gue. tapi kalo msalnya punya banyak waktu, dan bsa enjoy nikmatin ntn, gue rekomen bgt :) gue stuju bgt kalo msalnya lagi bete en penat abis krja, trus ntn ini -- malahan makin bete. hehehe.

tmn gue ada yg abis ntn ini, bawaannya pgn marah2. bukan krn filmnya jelek mnurut dia, tapi efeknya yg bikin dia kayak frustasi gitu.

isaac mister said...

film ini justru bikin gw sedih banget...
apalagi endingnya...
tapi emang ngga bisa dipungkiri kalo bagus.

ancha anwar said...

Sama.. gw ngerasain ini di ending cerita!
*bukan spoiler kan kalo bahas ini?*

hani nhk said...

asal jgn bilang alasannya. kalo.... vague, boleh lahh. kan ga spoiler. spt yg gue bilang, prasaan org2 beda2 stelah ntn film ini. ada yg sedih, ada yg marah, ada yg hepi, dll.