Sunday, July 04, 2010

Sherlock Holmes

Rating:★★
Category:Movies
Genre: Action & Adventure
Iya taw, telat bgt bikin reviewnya. Kecewa sih enggak, tapi sdikit lewat dari prkiraan gue. Gue ngerti bahwa Guy Ritchie pengen bikin versi modernnya Sherlock Holmes; tentu saja beda dg karya ciptaan Sir Arthur Conan Doyle yg asli. Spt halnya hasil karya yg dplesetin, tntu saja ada miss and matchnya.

Detektif Sherlock Holmes (Robert Downey, Jr.) dan Dr. John Watson (Jude Law) adalah dua org sahabat yg sedang mnyelidiki sebuah kultus yg dpimpin oleh Lord Blackwood (Mark Strong). Lord Blackwood dhukum mati karena telah membunuh banyak org utk hal yg mistik, tapi mngancam Sherlock Holmes bahwa ia akan hidup kmbali. Ketika mayat Lord Blackwood tiba2 mnghilang, dan sbagai gantinya tdp mayat baru yg dcari2 oleh Irene Adler (Rachel McAdams) atas perintah seorang misterius, mereka harus bsa mnyelidiki kasus ini sampe tuntas. Disutradarai oleh Guy Ritchie.

Scara modernisasi kisah dari jaman Victoria, sebenernya not bad. Masih ada kiat2 Sherlock Holmes dlm mngungkap pnyelidikan kasus via deduksinya yg jenius. Hanya saja, film ini sptnya lebih mngutamakan dari segi action daripada segi misterinya. Pnyelesaian deduksinya trasa hambar bgt, hanya omong2 singkat dari sang maestro detektif bahwa hal ini bsa trjadi dan hal itu bsa trjadi dan laen sbagainya. Slebihnya? Banyak skali adegan brantem dan actionnya, yg gue sampe mikir... apa iya jaman dulu tuhh kaya gitu?



RDJ juga... apa ya? Walopun dia maennya cukup oke, tapi aksen Inggrisnya bikin kuping gue sakit. Apa ga bsa nyari aktor asli Inggris utk jadi Sherlock Holmes? Apa harus aktor Amerika demi memenuhi kuota Hollywood? Dan scara ksluruhan kpribadiannya trlalu superhero bgt, ala Tony Stark dari Iron-Man daripada Sherlock Holmes. Sherlock Holmes yg gue taw adl org somse yg gemar ngedrugs tapi jenius dlm memecahkan kasus, tapi ga trlalu brantem dg fantastis mulu.

Yg asli penggemar Sherlock Holmes mngkin bakalan kecewa, karena ngarepin sbuah film drama misteri dmana pd saat terakhir akan surprise ataw smacamnya. Tapi bagi pnggemar film action, mngkin akan ngliat sisi beda Sherlock Holmes yg super santai dan ga kaku. Utk film yg mnceritakan sisi yg berbeda ttg detektif ini, sbenernya not bad. Tapi gue ga trlalu rekomen bgt buat para purist pecinta novel detektif Sherlock Holmes. Ada 2 kmngkinan: ada yg bakalan suka dan ada yg bakalan enggak. Sjauh ini, gue ada di tngah2.

*btw, trailernya BEDA bgt sama filmnya ya? di trailer, Irene Adler sexy bgt dan penggoda abis. sedang kalo di filmnya, dia lebih anggun dan cekatan.

6 comments:

isaac mister said...

i liked it, i thought it was pretty funny and full of action.
yes, it was not a mystery drama ala sir arthur conan doyle.
but i think it has its own style and moments.

fiberia galleria said...

Pas sekali, ada review, baru beli...
Nggak terlalu bagus...

andy wirawan said...

filmnya menghibur, gue sampe ntn 2 kali gara2 ngajak nyokap dan adek gw juga..

ancha anwar said...

saya suka...
Memang sih ga terlalu misterius dan jauh dari penggambaran Sir Conan, tapi i can enjoy it so far

hani nhk said...

brdasarkan review dari tmn2 yg laen, kbanyakan cowo suka sama film ini karena banyak action en ga trlalu banyak mikir. sedangkan film holmes kan sharusnya memecahkan misteri en mikir. spt yg gue bilang, ada yg bakalan suka dari segi hiburannya, ada yg ga akan suka dari segi puristnya.

Marshall Bruce Mathers IV said...

suka! karna menghibur hehe