Sunday, July 18, 2010

30 Day Meme: Day 14 - A Non-Fictional Book

Wow, ga nyangka uda 2 mnggu gue ngikut meme ini. Malahan hari ini gue lupa bikin postingan lho, scara tadi abis dari mana2. Tapi karena uda komitmen, ya gue bikin donks. So postingan kali ini adalah mngenai buku non fiksi. Sama spt halnya my favorite non fictional book, buku non fiksi ini sangat beresonansi sama gue. Bener2 buku non fiksi yg sangat bagus. Sbuah otobiografi seorang komedian yg mnyimpan masa lalu yg kelam.

Title : American on Purpose: The Improbable Adventures of an Unlikely Patriot
Author : Craig Ferguson
Country : USA
Language : English
Publication date : September 22, 2009

Gue demen bgt sama dia dan slalu ntn acaranya waktu gue msh tnggal di USA (skrg juga msh via youtube), sayangnya ga banyak yg tau sapa itu Craig Ferguson. Dia adalah seorang komedian brasal dari Skotlandia dan trkenal di Inggris, yg kmudian hijrah ke Amerika dan punya acara talk show sndiri. Tapi justru khidupannya dari sejak ia kecil sampai prjuangannya mndapatkan talk show malam yg sangatlah brkesan. Di buku ini ia mncritakan suka dukanya hidup di kluarga Skotlandia yg kaku, di bully waktu skolah, bereksperimen dg narkoba dan ktagihan minum alkohol, hingga depresi mo bunuh diri, jadi drummer punk rock, jadi aktor ga laku, jadi komedian dan akhirnya jadi talk show host dan mnjadi warga negara AS.... smua dcritakan justru dg gaya komedi Britishnya, yaitu full sarkasme serta candaan yg penuh ironi. 

Slaen bukunya, gue juga punya audio booknya yg dbacakan oleh Craig Ferguson sndiri -- dan mndengar suaranya mmbacakan biografinya, gue trbawa suasana bgt. Kadang gue ktawa, kadang gue nangis, kadang gue cmn bsa geleng2. Yg lucu skaligus mnyedihkan adalah ketika ia sedang dlm keadaan depresi berat, ia brniat bunuh diri dg cara melompat dari jembatan. Dlm prjalanannya mnuju jembatan tsb, ia brtmu dg temannya yg ngajakin ke bar utk minum2. Ga enak buat nolak, ia ikut aja sama temennya dan akhirnya minum2 sampe teler... dan lupa kalo awalnya dia mo bunuh diri.

Buku ini bener2 keren bgt. Craig Ferguson skrg uda sober dan bersih dari narkoba dan alkohol, serta uda brkluarga, punya acara tv sndiri. Prjuangannya mlawan diri sndiri yg bagi gue sangat bikin inspirasi.


7 comments:

Ihwan Hariyanto said...

musuh paling besar bagi manusia adalah dirinya sendiri, terutama nafsu yg mgajak pada keburukan diri sendiri n orang lain.

isaac mister said...

loe juga suka nonton craig ferguson, han?
he's hilarious!
gw tiap malam ngga pernah ketinggalan.
paling enggak gw dvr lah...
bukunya juga gw beli, emang lucu dan menyedihkan pada saat bersamaan.
kapan2x gw sama temen2x mau ke LA mau nonton acaranya.

Relly M.M. said...

belom pernah liat acaranya dia...tapi salut untuk siapa aja yang dari keterpurukannya bisa berhasil dan sukses, itu bener2 perjuangan yang hebat...b^_^d

Bimo Pribadi said...

hahaha diselamatkan berarti dia..

hani nhk said...

nonton acara talk shownya dia, gue slalu ngakak berat. dan dia ga prnah malu crita soal masa lalunya kalo lagi ngobs sama tamu2nya. malahan djadiin canda gitu.

Marshall Bruce Mathers IV said...

wah ga tau nih siapa...tapi ntar boleh dicoba deh bukunya..sip sip..

hani nhk said...

Congratulations for the Grammy Award nomination, Craig!

btw, gue ngakak dia ngoms gini: "I don't care who i'm up against. I got a fucking Grammy nomination. Come on!"