Thursday, July 08, 2010

30 Day Meme: Day 04 - Your Favorite Book

Gue dulu demen bgt baca, tapi ntah knaps uda mulai lahh jarang baca buku. Kmngkinan bsar krn harga buku yg mahal2, males, ga ada mnarik minat gue, buku2 juga uda banyak yg difilemin so why bother, uda banyak hiburan laen slaen buku, dll. Bandingin dg jaman dulu waktu hiburan di tv trbatas, ga ada internet, ga ada film2 Barat, ga ada DVD, dll. Buku bsa mngembangkan daya imajinasi kita. Skrg gue ngrasa kalo daya imajinasi gue mulai mngkerut. Salah gue juga sih. Tapi bukan brarti gue sama skali ga baca buku. Hanya aja, frekwensi bacanya jadi kurang aja. Dulu bsa nglahap 10 buku, skrg untung2an baca 5 buku.

Waktu kuls, dosen gue ngasi sbuah buku yg dpastikan bikin gue mewek, apalagi stelah bokap mninggal, isi buku tsb jadi lbh relevan. Sbuah buku yg sangat puitis bgt dan nohok bgt ke hati. Stiap gue baca, slalu ngasi scercah harapan ke hidup. Walopun life sucks as hell, msh ada yg mo sjumput khidupan tsb utk bsa ngabisin waktunya brsama dg org2 yg dcintai:



Author : Mitch Albom
Country : United States
Language : English
Genre(s) : Biographical, Philosophical, novel Memoir
Publication date : 1997

Cerita non fiksi, alias TRUE STORY ttg seorang dosen tua brnama Morrie, yg mngidap pnyakit Lou Gherig. Sbuah pnyakit yg blon ada obatnya, yg mmbuat otot2 jadi ga bekerja lagi. Dmana otak dan otot ga krja sama lagi. Gue mewek waktu dia mo pasang kaca mata aja susah bgt. Jari2nya ga bsa megang sesuatu. Ngangkat tangan aja uda ga bsa. Tapi itu ga ngbuat sang dosen tua utk pasrah ga juntrung. Justru dia mnerima keadaannya dg ikhlas dan lapang dada, tapi msh smpt utk mngjar makna hidup kpd siswa favoritnya, Mitch -- yg akhirnya mmbuat buku ini. Utk yg prnah khilangan orang yg dsayangin, yg mngkin sedang mngalami masa susah krn kluarga sdg sakit, baca buku ini ngbuat spirit kita trangkat kmbali.

Buku ini prnah djadiin film, yg sayangnya filmnya sngat smaltzy bgt alias trlalu cengeng dg lagu2 manipulasi Hallmark, dan lbh fokus ke karakter Mitch daripada karakter dosen tua tsb -- dan kesannya jadi kaya film drama biasa aja. Buku non fiksi/memoir, biografi ini sungguh raw bgt, ga ada manipulasi, apa adanya, tapi brmakna bgt. This is my favorite book.


10 comments:

Bimo Pribadi said...

gw punya mitch albom yang 5 people you meet in heaven
yang ini belum baca

hani nhk said...

kalo yg "5 people you meet in heaven" itu fiksi, kalo yg ini non-fiksi. gue suka buku2nya mitch albom, punya sense of storytelling dia, simple bgt tapi bagus.

Marshall Bruce Mathers IV said...

punya buku ini..tapi lum baca haha *malu

hani nhk said...

baca dooonks. tapi jgn ntn filmnya. boring bgt filmnya.

Marshall Bruce Mathers IV said...

haha iya..soonn...hehe

isaac mister said...

gw juga pernah baca buku ini.
sangat mengharukan.
padahal gw jarang baca buku, dan sebagai cowo jarang banget terharu sama buku.
mungkin karena ini buku autobiografi, jadinya lebih real.

Ihwan Hariyanto said...

belum baca neh, baru yang 5 people itu.
oh ada filmnya juga ternyata, hebaat.

hani nhk said...

filmnya ga bgitu bagus, bagusan bukunya.

Ihwan Hariyanto said...

kebanyakan emang gitu, film yang diangkat dari buku ga sebagus bukunya.

isaac mister said...

yang bikin filmnya ngga bagus adalah...
dirubah banget tokoh utamanya.
kalo bukunya, sang dosen adalah tokoh utamanya dan mitch adalah sang narator.
kalo di filmnya, malahan si mitch adalah tokoh utamanya dan sang dosen adalah supporting karakternya.