Thursday, July 15, 2010

The Tudors (NSFW)

Rating:★★★★
Category:Other
Sex, sex, sex, dan sex. Serial ini kbanyakan sex, tapi ga murahan. Akhirnya kelar juga nonton serial ini. Slama 4 taun dg sabar gue jabanin sampe selesai. Puas dehh akhirnya tamat juga dg ending yg cukup melankolis. Emang kalo serial berkualitas, kitanya pasti seneng. Bukan spoiler di bawah, tapi sejarah. Raja Henry adalah raja terkenal yg memenggal kepala istri2nya.

Raja Henry VIII (Jonathan Rhys Meyers) adalah raja Inggris dari dinasti Tudor yg mempunyai istri, Ratu Katherine of Aragon (Maria Doyle Kennedy) dari Spanyol. Prkawinan mereka tdk membuahkan anak lelaki utk meneruskan kturunan, malahan anak perempuan brnama Putri Mary (Sarah Bolger). Henry adalah pria bernafsu besar; baik kekuasaan, harta, dan wanita. Ia mempunyai selir dmana2. Ia lalu jatuh cinta thd Anne Boleyn (Natalie Dormer) yg juga mempunyai nafsu yg sama. Karena agama Gereja Roma pd saat itu tdk mmprbolehkan suami mnceraikan istrinya, maka Henry mlawan gereja Roma dan Paus Paul III (Peter O'Toole), dan membuat agama baru yaitu Gereja Inggris. Prkawinan Henry dg Katherine dbatalkan, dan Henry menikahi Anne Boleyn. Dan smenjak itu, hidupnya berubah drastis.

Season 1: Kehidupan pribadi Henry dan politik di kerajaannya -- bsrta khidupan sexnya dg para selir dan Anne Boleyn. Anne Boleyn bsrta kluarganya brusaha memanipulasi raja supaya ia menikahi Anne dan membuang Katherine serta menjadikan Mary sbg anak haram.

Season 2: Henry menikahi Anne, tapi prnikahannya dlanda badai apalagi Anne tdk bsa mlahirkan putra mahkota, malahan seorang anak perempuan brnama Elizabeth (Laoise Murray). Henry mulai naksir dg salah seorang dayang Anne, brnama Jane Seymour (Annabelle Wallis). Manipulasi2 Anne dan kluarganya mulai trkuak, dan mereka djatuhi hukuman mati.

Season 3: Henry menikahi Jane setelah kematian Anne. Bagi Henry, Jane adalah satu2nya wanita yg benar2 ia cintai, apalagi setelah Jane mlahirkan seorang putra brnama Pangeran Edward (Eoin Murtaugh). Sayang Jane meninggal stelah mlahirkan. Didaulat rakyat, Henry harus menikah lagi. Kali ini dg Anne of Cleves (Joss Stone) dari Jerman. Henry mrasa bahwa Anne sangatlah jelek, shingga ia mmutuskan utk membatalkan prkawinan mereka.

Season 4: Henry naksir berat dg Katherine Howard (Tamzin Merchant) yg msh remaja. Karena msh muda, Katherine selingkuh dg pelayan Raja, Thomas Culpeper (Torrance Coombs). Masa lalu Katherine yg gelap pun trkuak dan memalukan krajaan. Katherine dan kekasih gelapnya lalu dhukum mati. Raja mrasa kspian dan mulai mncari2 istri, dan mlihat bahwa janda muda Lady Catherine Parr (Joely Richardson) adl wanita yg mnarik. Ia memutuskan utk mnikah dg Catherine. Padahal Catherine hendak mnikah dg Lord Thomas Seymour (Andrew McNair) tapi tdk brdaya.



Drama dan seks dan prslingkuhan dan pemenggalan kepala. Seru bgt. Jaman dulu bener2 kaya opera sabun bgt. Walopun serial ini brdasarkan kisah sejati Raja Henry VIII dan kluarganya, bbrapa aspek adl fiksi. The Tudors mrupakan crita Henry dari awal swaktu ia msh gagah, muda, dan penuh nafsu akan khidupan... sampai akhir hayatnya dmana ia mnjadi tua dan sakit2an. Tapi tntu saja crita yg paling oke di serial ini adalah kisah cintanya thd banyak wanita, dan bagaimana ia brusaha memutarbalikan praturan demi cintanya thd wanita yg sedang ia cintai...pd saat itu. Ia mengubah agama, demi bsa menikah dg perempuan yg memanipulasinya. Ia mendeklarasikan perang karena ia tdk suka dg negara tetangga. Ia mmbunuh banyak kluarga dan teman2nya, hanya karena mereka membangkang, ia membunuh pendeta2 karena mereka brtentangan dg hukumnya. Henry mnganggap dirinya adalah raja yg dpilih langsung oleh Tuhan, shingga omongannya adlh wajib hukumnya. Sungguh mnarik mlihat sejarah (bbrapa aspek memang benar) Inggris yg penuh darah.

Serial ini juga trkenal karena banyaknya adegan seks. Tapi gue lebih seneng dg prpaduan antara seks dan dramanya kental skali. Belum lagi kostum2nya, beuhhh. Keren2 smua. Serial ini ga hanya mnceritakan ttg Henry dan ratu2nya, tapi juga teman2 dekat dan kluarganya spt sahabat Henry, Charles Brandon Duke of Suffolk (Henry Cavill) -- OMIGOD HE'S SO FREAKING HOT -- dan juga reformasi agama serta pngkhianatan2 yg trjadi di dlm krajaan itu sndiri. Gila, kayanya di krajaannya smua pd back stabbing smua atau slingkuh satu sama lain.

Gue ga rekomen buat pnonton yg ga mudeng sama drama kental kaya gini. Bbrapa dari tmn gue cmn ntn serial ini utk nyari adegan seksnya doanks. Pdhl critanya keren abis. Silakan dtonton buat pnggemar drama kelas berat dan yg suka sejarah.

6 comments:

Marshall Bruce Mathers IV said...

dah lama pgn nonton ini tapi ga jadi2..cuman 4 season kan?

hani nhk said...

yep, uda kelar kok. satu season, istrinya dua. pas lah.

isaac mister said...

great periodic drama.
and lots of blood and sex.
great recipe for a show.

hani nhk said...

perlu diingetin bahwa serial ini adl mngenai sejarah tapi yg difiksikan. jadi emang msh ada kebenarannya. tapi bbrapa hal diberi... bumbu fiktif yg mnarik.

Winna Efendi said...

udah punya season 1 dan 2 tapi belum nonton..
kayaknya versi Henry dari Jonathan Rhys Meyers lebih bagus dari Eric Bana di The Other Boleyn Girl (karena nggak suka Henry yang di film itu)

hani nhk said...

emang, lebih bagus yg versi the tudors... mngkin karena dperanin sama aktor2 inggris pula. kalo yg di film kan yg peranin aktor2 amerika sama aussie... dan dialognya juga ga trlalu akurat.

contohnya si natalie portman manggil si eric bana, "your grace." padahal kalo di aslinya, 'your grace' itu buat bangsawan bukan buat raja. sharusnya dia manggil si raja, 'your highness'.