Monday, July 12, 2010

30 Day Meme: Day 08 - A Photo That Makes You Angry/Sad (NSFW)

Jgn dliat kalo ga tahan. Lbh baik hindarin aja. Walopun ini trmasuk dari bagian sejarah. Ini foto yg bikin gue nangis dlm semenit gue liat... Bener2 bikin hati gue teriris2. Kok bsa ya, manusia sekejam itu dg sesamanya? Stelah bbrapa saat lalu gue menenangkan diri dan mlihat konteks foto tsb. Btapa kaget dan marahnya bahwa trnyata foto tsb tdk yg spt yg gue bayangin. Gue marah bukan krn mrasa trtipu, tapi justru marah karena ngrasa bahwa batasan antara salah dan benar sangatlah tipis.

Ini adalah foto dari perang Vietnam yg trkenal, dan memenangkan Pullitzer utk foto perang. Katanya, gara2 foto ini juga, perang di Vietnam lalu diakhirin. Spt yg bsa dliat... ekspresi manusia yg hendak mati adalah ekspresi aslinya. Apa yg trbersit di benaknya ketika peluru mematikan dirinya? Apa ia merasa hidupnya sdh berarti dan ia telah melakukan hal yg trbaik bagi khidupan org2 di sekelilingnya? 

Skilas bagi yg mlihat foto ini, tntu branggapan bahwa yg dtembak adalah seorang korban yg tdk brsalah dan sang eksekutor adl org yg kejam. Trnyata... di dlm konteksnya adl, bahwa sang penembak adalah Jendral Nguyen Loc Loan yg mnghukum mati pnjahat perang kapten Vietkong Nguyen Van Lem -- kapten Vietkong tsb tlh membunuh banyak org; trmasuk wanita dan anak2, serta tentara2 negri. Jendral Loan hanya mlaksanakan tugasnya dlm mnghukum mati pnjahat perang. 

Ketika Jendral Loan imigrasi ke Amerika Serikat, foto tsb mnyebar dan identitas sang Jendral trbuka. Masyarakat yg tdk tahu mnahu mngenai konteks foto ini, mnghujatnya. Jendral Loan akhirnya meninggal krn kanker dlm kmiskinan. Fotografer Eddie Adams mnyesal bahwa ia mngambil foto tsb. Ia brkata bahwa karena foto tsb, ia mngubah seorang pahlawan negara mnjadi seseorang yg dkucilkan, karena masyarakat tdk tahu mngenai konteks foto tsb. Ksimpulannya, jgn langsung menilai sbuah foto dan mngasumsi apa yg trjadi di balik foto tsb. Mngkin saja kita bsa salah dan buru2 mnilai. Jgn remehin kekuatan sbuah gambar.

sources:

16 comments:

andy wirawan said...

setuju..

Ibu Ranger Harley said...

hiks.. iya... foto ini bikin miris dua kali... :(

Marshall Bruce Mathers IV said...

begh...ternyata...
pernah ngeliat foto ini tapi ya itu..ga tau apa cerita dibaliknya...

hani nhk said...

iya... gue pikir yg dtembak adl seorang korban... trnyata malahan pnjahat perang yg mnyiksa en mmbunuh kluarga. bingung kan persepsi kita jadi brubah...

hani nhk said...

gue smpt air mata brcucuran gitu saking emosionalnya. tapi pas baca konteksnya... wahh bingung sama prasaan gue sndiri.

hani nhk said...

jgn trlalu kpancing sama gambar... yg blon tentu benar kjadiannya. bsa jadi di rekayasa ya.

fickle boon said...

gw pernah liat foto ini di kampus gw, dan waktu itu gada ceritanya, jadi yah gw pikir si penembak itu jahat... ternyata :(

hani nhk said...

waktu di kampus emangnya dtulis spt apa?

fickle boon said...

gada tulisannya, cuma termasuk salah satu foto yg dipajang dalam rangka mengingat perang viet nam kalo gak salah

Bimo Pribadi said...

pas banget di jeder itu...

hani nhk said...

sbenernya pas sbelum di tembak. jadi kliatan ekspresi yg mo dtembak; batas antara hidup mati gitu deh... astagfirullah.

Bimo Pribadi said...

Btw NSFW apaan sih mba?

hani nhk said...

Not Safe For Work.

artinya kontennya ga bole smua org bsa liat. msalnya ada yg naro gambar/video bugil atau violence -- biasanya di kantor2 ataw tmpat umum dilarang. makanya ada warning NSFW.

hrs ada warning spt itu, apalagi ini multiply. jgn sampe smbarangan buka blog org, tau2nya ada konten yg org blon tntu suka.

Bimo Pribadi said...

okey.. thanx for the info :)

Ihwan Hariyanto said...

kasian banget ya Jenderal Loannya...tadi awalnya aku pikir pria yang mau ditembak ini adalah korban, ga tahunya...

Relly M.M. said...

wah Han, klu lu tak posting ini, aku kira itu hanya tentara biasa yang mengeksekusi rakyat biasa juga... ternyata... oh ternyata....T.T