Monday, July 26, 2010

30 Day Meme: Day 22 - A Website



Website yg paling sering gue kunjungin uda 10 tahun lebih adalah TelevisionWithoutPity. Dulu, namanya adalah Dawson's Wrap, website yg nge-recap serial Dawson's Creek. Lalu namanya ganti jadi MightyBigTv -- website yg cukup trkenal di USA. Soalnya website ini khusus mngenai serial2 televisi, dan mrupakan patokan bagi para produser2 serial tv di Amrik utk ngliat kepopuleran serial mereka. Apakah show2 mereka ini dsukai oleh pnonton atau enggak? Rating yg tinggi bukanlah jaminan bahwa show mereka dsukai. Contohnya American Idol yg punya rating tinggi -- jgn harap TWoP ngasi pujian2 stinggi langit. Justru biasanya dhina2 shownya.

Website ini trkenal karena recapnya yg kejam dan penuh sarkasme. Jgn heran ngbaca recap mngenai show, isinya bikin kuping merah bgt bagi yg ga biasa. Moto mereka adalah 'Spare The Snark, Spoil The Networks'. Mnjadi snarky alias sinis mrupakan bahasa shari2 website ini. Gue uda jadi member di TWoP uda lebih dari 10 tahun. Suka dg gaya bahasa mereka yg seenaknya, dan ngasi recap yg sejujur2nya. Msalnya ada show yg mereka sukai pun, msh make bahasa yg ga lazim. Intinya, show yg populer dan dsukai pun ga akan lepas dari kecaman. Dan para produser show2 tsb hrs ekstra hati2 dlm mnayangkan show mereka, kalo ga maw dikecam oleh TWoP.

Dulu TWoP namanya adalah Dawson's Wrap/MightyBigTv -- sbuah situs ttg recap serial Dawson's Creek. Walopun gue dulu suka bgt ntn Dawson's Creek, tapi serial itu asli jelek bgt kalo ngliat dari sisi akting dan plot2nya. Dan website ini waktu ngasi recap, pasti sarkastik bgt -- apalagi kalo uda ngomongin soal jidatnya si James Van Der Beek. Sarkasme yg dberikan kadang2 bsa bikin gue ngakak, karena sbenernya ga prlu dianggep serius -- mereka juga bikin recap2 serial tsb bukan karena ingin mnghina tapi utk ngambil sisi humorisnya. Kadang2 ada show yg mngkin teramat populer, shingga mereka pikir bsa seenaknya bikin episode2 yg ga masuk akal. Contohnya episode dari serial Grey's Anatomy dmans Lizzie pacaran dg Danny yg uda meninggal. Bsa dbayangin kecaman dari situs ini. Dan itu bikin produser show tsb akhirnya mnanggalkan jalan crita itu.

TWoP dulu dpimpin oleh Trio brnama Sars, Glark, dan Wing Chun. Sars dulu prnah kalah taruhan, shingga ia harus brdandan bagai tomat di jalanan umum. Para moderator yg bikin recap biasanya suka naro hal2 lucu pribadi di recap mereka. Spt Demien yg me-recap serial Supernatural, karena suka nulis hal2 lucu di recapnya, di salah satu episode Supernatural, Demian dberi khormatan oleh para produser Supernatural mnjadi salah satu karakter yg mnjadi teman Dean dan Sam. Jadi kalo yg familiar sama website ini, gue ga heran kalo tiba2 website ini tiba2 dsebut di dlm sbuah show karena para produsernya suka baca recap mereka.

Recap mereka sndiri slalu dberi nilai, dari A+ yg trbagus sampai F yg trjelek. Jadi episode2 dari sbuah show akan dnilai oleh para member dan recapper/moderator sbg bahan acuan. Slain recap, situs ini juga punya forum khusus utk show2nya. Jgn harap bsa bikin thread seenaknya, karena situs ini trkenal oleh galaknya para moderator yg mngawasi tindakan para member. Apalagi para newbie yg ga prnah baca FAQ, pasti slalu bikin ksalahan, dan para moderator ini langsung menendang mereka. Stiap show punya forum khusus, jadi ga usa kuatir utk bikin lagi. Jgn harap bsa nulis komen2 di forum2 ini dg seenaknya. Dsini smua djaga kbrsihan; ga ada Avatar, ga ada tulisan "FIRST!" atau bahkan singkatan2 tulisan ala alay dan komen2 yg ga brhubungan dg thread itu. Spam dan iklan langsung kena delete dan banned. Tapi bahasa yg dpake bsa sesuka hati, makanya jgn kaget2 kalo smua pd brsumpah serapah -- tapi dlm batas wajar. Hal2 yg brbau rasis dan SARA tdk dperbolehkan sama skali.

Gue nyaman bgt ke dlm website ini karena bsa baca recap2 show favorit gue. Stiap recapper dan moderator punya style yg beda dlm mnulis. Ada yg nulis ala komedian, jadi recapnya slalu lucu en punya sense of humor. Ada yg kejam bgt (trutama show2 yg trlalu over rated macam American Idol, Grey's Anatomy, Heroes, dan acara2 reality shows), ada yg penuh inspirasi dan dedikasi serta puitis, dan laen2. Forum2nya juga oke, karena kita justru dtantang utk brdiskusi mngenai episode2 show favorit kita dg diskusi yg intelektual mngenai apa aja. Jadi bukan skedar, "Aiiih, lucu bgt deeh si aktor ini!" -- Opini kita akan smakin dhargai kalo kta bsa brkontribusi scara cerdas dlm mmbcarakan sbuah show yg kita sukain.

Sayangnya pd taun 2008, situs ini dbeli oleh stasiun televisi Bravo shingga moderator lama dan pndiri situs ini yaitu Sars, Glark, dan Wing Chun kluar dan dganti oleh org2 laen. Dinamika situs ini jadi agak berbeda, karena skrg banyak moderator2 yg galak tapi ga pake substansi, dan banyak recap2 yg ga trlalu mnghibur -- hanya skedar recap aja, mnceritakan ttg episode tsb tanpa ada hal2 yg mnarik. Dan situs ini juga mulai ada iklan dan kbanyakan hanya merecap show2 yg berafiliasi dg para studio yg punya rating tinggi. Jadinya... dulu situs ini dari fans utk fans. Tapi skrg mnjadi dari stasiun televisi ke fans. Walopun bgitu, situs ini juga nambahin banyak hal spt MoviesWithoutPity dan twitter.

Gue msh log on ke situs tsb tiap hari utk ngecek recap dan diskusi2 di forumnya. Tapi vibenya emang uda agak beda dbandingin dulu. Gue rekomen bgt bagi yg demen ntn serial2 televisi apa aja utk joinan dsini. Diskusi2nya mnyenangkan dan intelek bgt.

6 comments:

Bimo Pribadi said...

wew.. meluncur ke tkp.. mau tau..

hani nhk said...

tnggal klik ke websitenya (link yg gue taro warna biru) ceki2 aja.

Relly M.M. said...

wah boleh juga neh dibaca, mana tau aja serial yg gw sukai ternyata dihina2 banget....:)
tfs Han....^^

hani nhk said...

sbenernya bukan hinaan dlm arti ngejelek2in, tapi kritikan2 mmbangun yg kbtulan cukup pedas tapi humoris.

tintin syamsuddin said...

mo nyontek website bingung nih.. ternyata maksud meme ini website yang sering dibuka ya?
gapapa ngintip disini ya jenghanitje..

hani nhk said...

trserah sihh website apaan, mo suka atau enggak sama websitenya. msalnya, "i hate this website, don't come in here" atau "i love this website!" yg pnting website. mo nulis google atau yahoo aja juga bole ^^; biasanya kalo online kan pastinya buka website. ya MP, FB, Twitter, juga trmasuk website.