Thursday, July 29, 2010

30 Day Meme: Day 24 - Whatever Tickles Your Fancy

Uda 2 kali gue gagal bikin ttg blog hari mngenai sesuatu yg gue pikir penting. Mngkin karena kontroversial topiknya (enggak, sebenernya). Yaitu... Cleaning Your Ears!!! Yep, benar skali. Entah knaps gue gagal mulu tiap bikin blog mngenai hal ini. Mngkin karena aneh bgt. Padahal ga aneh kan kalo orang tuhh jaga kbersihan dg ngebersihin telinganya? Trus, knaps gue bikin soal bersihiin kuping? Karena bbrapa waktu yg lalu, anaknya temen gue sakit panas demam ga ilang2. Kirain demam brdarah lahh, ataw smacamnya. Trnyata, karena telinganya kotor skali. Wahh, emangnya dia ga prnah brsihiin kupingnya? Bukan, karena cara ngbersihiin kupingnya salah dan ga trlalu bersih. Akhirnya dia jadi sakit, scara kotoran en kumans pd hangout gitu di dlm kupingnya. Padahal satu kluarga dia trkenal sbg kluarga yg brsih.

Biasanya gmans caranya pd ngbrsihin kuping? Pake cotton buds kan ataw korek kuping? Nah, katanya dokter THT cotton buds ga trlalu bagus buat ngebersihin kuping kalo itu hanya satu2nya alat buat brsihiin. Trnyata buat ngbrsihin kuping ga hanya ngorek2 kuping pake cotton buds tsb. Cotton buds tsb bsa ngedorong kotoran masuk lebih dalam lagi ke dlm kuping. Dan kalopun terambil biasanya hanya minyak2nya saja, tapi bukan kotorannya.

Dan yg pasti... bukan dg cara numbuhin kuku kelingking panjang bgt kayak Gatot Kaca trus kupingnya dkilik2. Gue kalo ngliat cowo2 suka pd bgitu, jijay abis. Ga higienis bgt.

Roomate gue waktu di NZ, Reygina, prnah bilang kalo brsihin kuping itu bagusnya pake EARSPOON. Prtama kali liat gue agak2 trpesona liat bendanya, scara itu trbuat dari besi. Bentuknya panjang dg sekop kecil utk ngeruk kotoran dari kuping. Ga ngeri ktusuk? Trnyata lebih bagus pake sekop kecil ini daripada cotton buds. Karena org2 pikir cotton buds ga tajem, mereka pakenya smbarangan aja dg cara ngorek2 sampe puas. Padahal trnyata kapasnya bsa bikin iritasi. Brikut adalah hal2 berbahaya kalo pake cotton buds. Bukan berarti kita harus stop juga, tapi trnyata ada cara2 yg baik dan benar utk bersihiin kuping. Awalnya gue sangsi, trus gue coba pake earspoon kalo brsihiin kuping. OMIGOD... asik bgt! Gue skrg kmana2 bawa earspoon.

Biasanya stelah mandi/wudhu, bersihiin telinga pake anduk dg baik. Jgn kasar2 brsihiinnya. Trus setelah itu pake cotton buds dg singkat utk ngangkat sisa2 minyak. Stelah itu, pake earspoonnya. Kotorannya pasti banyak yg terambil. Abis itu pijat2 kupingnya utk nglancarin peredaran darah, dan tekan2 titik2 sehatnya. Msalnya daun telinga itu kalo dtekan2 bsa nahan rasa lapar utk smntara. Kelar mijitin, pake lotion scukupnya sambil dplintir2. Jujur aja, huenaaak bgt abis itu feelingnya.

Trnyata kotoran kuping itu juga ada macem2nya, trgantung ras kita. Katanya yg brasal dari Eropa/Amerika/bule biasanya kotoran kupingnya brminyak shingga mereka biasa pake cotton buds. Sedangkan di Asia Timur macam Jepang/Cina/Korea kotoran kupingnya biasanya kering shingga mereka pake bambu utk ngebrsihiin kuping. Di Asia Tenggara, bsa jadi prpaduan dari keduanya.

Di Jepang sndiri, ada budaya membersihkan kuping, namanya Mimi Kurin/Mimi Kaki. Kalo suka liat film2 Jepang, suka ada orang yg saling ngbersihiin kuping kan? Msalnya anak yg tiduran di pangkuan ibunya, smntara ibunya ngambil kotoran kuping anaknya. Atau suami istri lahh. Itu utk mempererat tali kasih sayang dan kekeluargaan mereka. Dan mereka pake alatnya banyak banget. Ada bambu dg bulu2 di ujung2nya, trus ada ear pick yg panjang, dll. Di Jepang sndiri, ada salon khusus telinga. Org2 dateng ksini khusus utk telinga aja. Kalo di salon biasanya ada meni pedi, maka telinga mereka di brsihiin dan di massage. Enak bgt dehh. Berikut adalah pngalaman seseorang yg datang ke salon telinga di Jepang.

Jepang juga sangatlah canggih, mereka kini punya alat pmbersih kuping pake kamera yg bsa dbawa kmana2. Gue sampe kebelet kepengen punya alat tsb. Kalo ada yg jual, pleease lemme know ya brapaan harganya.

Jadi mulai skrg, coba mulai lebih telaten dlm ngurusin telinga. Ke dokter THT jgn pas sakit aja, tapi mulai rutin utk ngbrsihiin telinga. Insya Allah jadi lebih sehat.

*** harap tonton video2nya, bener2 brguna banget!

SALON TELINGA MODERN


SALON TELINGA TRADISIONAL

1. Yg memakai alat2 bambu2. 

ALAT PEMBERSIH TELINGA MODERN


>br>

20 comments:

Ihwan Hariyanto said...

dulu di rumah ada earspoon tapi sekarang ga tau ilang dimana?
Kalo di apotek ya?

Ihwan Hariyanto said...

maxudnya kalo beli di apotek ya?

hani nhk said...

ada lahh pastinya di apotek. atau guardian. tapi waktu itu gue belinya di glodok, di toko jualan yg macem2 gitu. bentuknya tipis bgt kaya lidi.

isaac mister said...

gila...
jepang emang hebat...
itu videonya asik banget...
gw mesti nyari di Little Tokyo mungkin ada...

hani nhk said...

gue pengeen bgt ke salon telinga!

wisye gazali said...

kalo bersihin telinga pake ear candle therapy itu gimana Han? efektive nggak?

hani nhk said...

jreeeng, gue ga taw. scara blon prnah ngalemin. kayaknya lbh condong ke asia barat ya, macam india dan timur tengah macam mesir. hmm, mnarik juga. biar gue cari taw. tadi sihh liat videonya, tapi kayaknya ngeri2 juga ya? masalahnya msti dlakukan oleh org yg brpngalaman/expert. ga smbarangan org pastinya. gue cari gampangnya aja, yg bsa dlakuin tiap hari. tapi kalo msalnya ada yg rekomen, bole juga dcoba.

Muslim Anshori M, said...

Dulu ada temen yang telinganya suka berdengung, trus pas ke THT ternyata telinganya itu kotor bangeet, padahal katanya sering dibersihin pake cotton buds.. dan penjelasan dokter hampir sama dengan yang diatas.. :)

Marshall Bruce Mathers IV said...

cewe gw [ernah nyoba pake ear candle therapy...dan katanya emg jadi bersih gitu..lega..

dan earspoon ini dulu di rumah ada, ntah kemana perginya...ntar beli deh..ngorek kuping itu sunggu semcam orgasme mini hahaha

fiberia galleria said...

pakai earspoon sampai seberapa dalam yah, amannya?
agak ngeri juga lihat metal nya, mungkin ktn ga biasa :)

ancha anwar said...

Gw pernah jadi korban salah ngebersihin telinga. karena dari kecil taunya pake cotton buds (CB) itu.
Pas kuliah telinga berdengung, begitu ke THT ternyata telinga saya tertutup kotoran yang menumpuk akibat dorongan CB itu..
Dijelasin ke dokter, jgn pake CB, pake earspoon (sambil nunjukkin alatnya)...

Malah pernah ada teman yang bilang pake paper clip trigonal atau pangkal peniti, hasil "galiannya" lebih efektif dan menghasilkan ^^

btw, ini yang lo maksud itu ya.. hahaha, anyway Good article. Tfs...

Ibu Ranger Harley said...

klo ga salah ada kan cotton bud yang ujung satunya lagi kyk earspoon ?
biasanya gw pake waktu bersihin telinga anak2 pas bayi...

sekrang biasanya sih cotton bud doangan... perlu dicari lagi kyknya... ^_^;

hani nhk said...

iya, makanya walopun tiap hari kita brsihiin kuping blon tentu bersih. kaya anaknya tmn gue itu, yg akhirnya malah jadi sakit. pdhl hal kecil gitu...

hani nhk said...

tapi ear candle therapy kayaknya ga dlakukan tiap hari bukan? pake biaya dan hrs sama org profesional.

yep, gue sih stuju bgt kalo dbilang sbg orgasme mini krn emang nimbulin prasaan yg enak, makanya dpanggil sbg eargasm! hahaha.

hani nhk said...

biasanya kalo pake earspoon msti pelan2, jgn trburu2 kaya pake cotton buds. dan kmngkinan besar ga akan sampe ke gendang telinga, karena telinga kita uda sensitif kita lngsung tau kdalamannya kok. brsihiin pake cotton buds dulu singkat buat ngambil minyaknya, trus uda gtu pake earspoon pelan2 dari luar dulu jgn langsung ke dlmnya. ceruk2 luar dulu dbersihiin, trus masuk ke dlm.

hani nhk said...

gue sihh ga rekomen pake alat2 itu, scara itu bukan alat pembersih telinga. takutnya ada efek laen. soal lbh efektif... coba tanya apa emang bener2 uda bersih? ada kamera yg bsa liat? takutnya cmn rasa enak doanks, hehe.

hani nhk said...

ada cotton buds yg ujungnya bengkok kaya earspoon. biasanya bayi emang pake ini. tapi kalo bsa uda dbiasain pake earspoon sejak balita. cotton buds bengkok itu juga bukan jaminan utk ngambil kotoran2 tsb.

mngkin harlia bsa ngebrsihiin telinga anak2 sambil naro mereka di pangkuan, ala jepang gitu. nih ada videonya:

Marshall Bruce Mathers IV said...

emang...dia juga baru sekali doang begitu...mahal mgkn haha

Bimo Pribadi said...

gw pernah punya masalah sama kuping.. harus bolak balik ke dokter buat bersihin kuping gw.. and it really sucks

hani nhk said...

berarti harus ganti cara bersihiin kupingnya. skrg uda ada banyak teknologi, pake aja.