Saturday, July 24, 2010

30 Day Meme: Day 20 - A Hobby Of Yours

Nah, kalo ini hobi hampir kbanyakan orang suka banget. Hobi...Tidur! Whoops, hehe. Just joshing kok. Enggak, hobi gue uda pasti ya nonton film. Hampir kbanyakan MP-ers pastinya demen nglakuin hal yg satu ini. Mau nonton film layar lebar, nonton serial, nonton telenovela (!), dan laen sbagainya. Entah itu film klasik, film action, film indie, film kartun, film horor, film B (bukan bokep ya, jgn ngeres), film romantis, film musikal, film Barat, film Timur, dll, gue suka smua asal filmnya bagus.

Hobi gue sbenernya uda mulai ada sejak gue kecil. Maklum, dulu ga ada hiburan macam internet ataw TV swasta. Ngandelin film2 dulu dbawain sama ua gue yg suka pergi2 ke kluar kota. Kalo pulang, bawa oleh2 film2 yg ga ada di Indonesia. Bioskop jaman dulu muter filmnya slalu jiplakan film Barat. Scara film Barat itu msh dbatasin oleh pmerintahan Orde Baru, karena mahalnya tax. Ua gue bawain film2 tsb dg format kaset Beta ataw proyektor. Utk bsa ntn film Barat, itu rasanya uda wahh bgt. Kesannya eksklusif bgt.

Biasanya ntn film itu uda jadi suatu kbanggaan bgt, karena bukan hal yg biasa. Ga smua org punya video Beta atau proyektor. Malahan kadang2 proyektor tsb bsa keliling dari satu kluarga, ke kluarga laen. Jadinya biasanya kalo ada acara kluarga, kita smua pasti smua ngumpul en ntn bareng. Kadang2 jadi kaya tradisi utk ntn film bareng kluarga pake layar gede/seprei putih di ruang kluarga sepuh. Scara gue ga punya sodara2 kandung, gue sangat deket sama kluarga besar gue dari pihak nyokap. Film yg dputer biasanya film2 kluarga, tentu aja. Biasanya kita trkagum2 sama aktor2nya yg ganteng2 dan critanya yg dashyat. Walopun ga ngerti bahasa mereka, tapi kita tetep seneng aja.

Film2 yg dulu dputer adalah Star Wars: Empire Strikes Back, The Sound of Music, Sleeping Beauty, dan Indiana Jones. Kita smua pasti tepuk tangan keras2, nyanyi bareng2, atau ktawa rame2. Gue bener2 kangen pd saat itu. Kalo skrg? Smua org uda punya akses utk film2. Dari DVD sampe internet bahkan bioskop, smuanya uda bsa ntn sndiri2.

Swaktu gue tnggal lama di luar negri, gue juga demen ama yg namanya ntn sndirian. Bukan brarti gue ga punya temen utk nonton, tapi kadang2 gue kepengen yg namanya nonton film dg nikmat ga prlu bareng sama org2 brisik; trutama tmn2 gue yg bukan pnggemar film biasanya ga pdulian sama film yg dtonton shingga rasanya buang waktu ntn film sama mereka. Gue suka banget joinan dan diskusi bareng tmn2 yg pnggemar film. Biasanya gue hangout sama org2 di klub film mana, dan ngoms soal film yg sedang ada topiknya. Diskusi soal sutradaranya, bintang filmnya, plotnya, mnganalisis jalan critanya, dll.

Gue dulu juga ngambil jurusan film dan komunikasi (hanya utk fun aja), yg lbh condong mnganalisis isi sbuah film dari sisi psikologisnya. Biasanya di kelas dsuguhin bbrapa film, dan para dosen mnantang para muridnya utk nemuin aspek2 psikologis di sbuah film; apa aja. Banyak bgt tesis dan paper yg gue bikin mngenai film2 (ga hanya film2 indie, tapi film2 Blockbuster) yg sarat makna trsembunyi. Smakin filmnya aneh, smakin kita nemu sesuatu.

Hampir tiap hari gue pasti ntn film, dan karena gue dulu ga trlalu stress sama krjaaan, gue ampir tiap hari pasti bikin review film di blog khusus film gue di http://hanitje.blogdrive.com -- sayangnya, bgtu gue pulang ke Indonesia, blog trsebut skrg sdh trbngkalai. Banyak yg ngecam karena gue skrg hiatus lama bgt. Skrg ntn di bioskop uda jarang skali. Gue sama skali kurang nikmatin ntn film di Indonesia. Uda ga bsa ntn sndirian kcuali pagi hari, karena tekanan sosial yg mngatakan bahwa ntn di bioskop sndirian itu aneh skali. Gue skrg brgantung dg dvd bajakan dan donlotan, yg terus terang gue kurang suka, karena rasa loyalitas gue kayaknya jadi brkurang (dari sisi ntn film itu sndiri) -- biasanya beli dvd banyak akhirnya cmn dtumpuk ga keruan. Pergi ke bioskop pun juga susah, dlihat dari sisi waktunya. Jalanan yg macet bikin gue males kluar. Parkiran penuh mall bikin gue kesel. Banyak lahh faktor2 yg bikin gue uda ga bsa nerusin hobi ntn film.

Yah mudah2an, gue bsa nerusin lagi hobi ntn film yg trbngkalai ini...

27 comments:

ancha anwar said...

Ga heran kalo review dan wawasan film lo berkelas punya!
Salut b^^d

ancha anwar said...

Ga heran kalo review dan wawasan film lo berkelas punya!
Salut b^^d

fickle boon said...

gw sering tuh Han nonton sendirian, sampe sekarang. dan memang pandangan orang kesannya, kalo kita gak punya temen yah kita gak gaul gitu ye. aneeehhh banget pandangan orang-orang, hiks...

marie olive said...

kok bisa? orang-orang sekitar ngomongin maksudnya?
cuek aja mbak. toh kita gak ganggu mereka..

lanjutkan hobi menonton film disini

hani nhk said...

thanks, cha. dtunggu hobi nonton film meme loe juga!

hani nhk said...

gue juga masih suka ntn film sndirian kok, sampe skrg. cmn frekwensinya brkurang krn busy. tapi bukan brarti gue ga suka ntn rame2 juga. pokoknya trgantung sikon.

soal pandangan org2, emang karena adat en budaya kita adalah collectivism -- yg mementingkan kbrsamaan di stiap bidang en aspek khidupan shari2. jadi kalo ada yg beda dikit dari norma dan tngkah laku, pasti dikecam ataw diprtanyakan; bahkan utk hal yg kecil spt ntn film sndirian.

hani nhk said...

kalo org2 ga dkenal sih, gue ga pduli. gue orgnya super cuek dlm hal bginian.

tapi kadang2 pas gue lagi ntn sndiri, tau2 ktmu sama temen/kluarga yg langsung nanyain gue macem2. prnah ada yg sampe komen gue dsuruh cepetan kawin aja biar ga sndirian. taekk bgt. hubungannya apa ntn film sama cepetan kawin? sampe prnah ada kluarga sepuh manggil gue gitu, gara2 ada omongan kluarga bahwa gue ntn film sndirian! gue ga bole ntn film sndirian gara2 gue cewe. wahh, asli gue ngamuks dgituin. kok bsa sampe ikut campur utk urusan ga pnting bgini. rese abis.

but... skrg yg bikin hobi ntn film ini agak trbngkalai adalah macet. bener2 macet itu bikin gue mo tereak bgt. sumpah stressnya luar biasa.

Winna Efendi said...

hehe udah pasti hobinya nonton film :) i love your reviews.

Marshall Bruce Mathers IV said...

gw belakangan juga jarang nonton..dvd sekalipun...nyampe rumah udah tepar duluan haha

hani nhk said...

thanks, sama gue juga suka review2 loe. tapi kok skrg jarang online ya? whyyy?

hani nhk said...

deuuuh, sama juga nihh. makanya itu lah...

isaac mister said...

movie maniac!

:))

hani nhk said...

MISS movie maniac. huehehehe. gak ding.

ancha anwar said...

Sebenarnya part ini buat lo sangat predictable banget Han...
Actually Gw nunggu, lo bahas hobi lain :D

hani nhk said...

ya iyalah, emang hobi gue ini kok. abis mo apa lageh? masa mo dganti? LOL.

ancha anwar said...

Yah.. kali aja hobi lain Nyanyi atau Nariiii....
hahahaha

Bimo Pribadi said...

bangunlah bioskop sendiri di rumah mba.. karena 2014 jakarta macet total.. muahaha

hani nhk said...

di rumah ada studio sndiri buat ntn sih, tapi kan suasananya beda. dan taun 2015 katanya jakarta ga bsa gerak sama skali. kayaknya msti pindah kota nih...

ancha anwar said...

Wahh.... pengen punya yg seperti ini?
Kapan ya?!?!
Pernah liat punya teman, dan keren banget. Itu hari nonton bareng Starwars 4 (atau 3 ya) dan The Incredible... Serasa punya bioskop sendiri

Bimo Pribadi said...

yep, ke kalimantan..

Bimo Pribadi said...

whoa temenku juga punya. macam bioskop mini dan ada bar-nya gitu di belakang.. wuidih, i'm in heaven kalo punya gitu..

hani nhk said...

studio gue tuhh sbenernya adalah bekas ruangan kerja almarhum bokap yg sangat kecil skali. isinya cmn sofa dan tv doanks. udah itu aja. paling dkasi sama speaker gede. pokoknya ruangan pribadi aja buat ntn. bukan bioskop mini, halaahh... gue juga kepengeeen.

hani nhk said...

kalo punya ruangan kecil yg ga kpake (msalnya kmr adik/kakak) cmn tnggal masukin tv en sofa aja. paling nambahin speaker. udah gitu aja. gue kaga punya bioskop mini, buset aja. hahaha. kapaaan ya? pokoknya studio pribadi utk nonton biar ga dganggu org macem2. lampu matiin kalo nonton serasa di bioskop.

Relly M.M. said...

sama gw juga hobby nonton, yang nularin bokap aku....^_^

hani nhk said...

senengnya ada orang tua yg demen ntn film. almarhum bokap sama nyokap gue sama skali ga demen ntn film. blahh... katanya hobi ntn film justru dari kakek nenek. skip satu generasi katanya.

Bimo Pribadi said...

bokap gw demen banget nonton film mba, dulu yang ngenalin gw sama film itu bokap gw.. dulu nonton di bioskop tiketnya masih goceng

hani nhk said...

almarhum bokap sama nyokap demen ntn film, tapi mereka kasual. skali nonton juga uda lupa. yg penting jalan2 ke bioskopnya aja. dulu ntn HBO di cable kalo mo tidur doanks.