Sunday, July 25, 2010

30 Day Meme: Day 21 - A Recipe

Bagi gue, sbuah resep masakan bukan hanya sbuah resep utk makanan. Tapi resep utk sbuah budaya dan adat. Harus dperlakukan dg extra respek. Makanan bagi gue bukan utk ngenyangin perut aja, tapi suatu hal yg indah en penuh seni. Salah satu alasan knaps gue kalo makan biasanya pelan, karena gue pengen nikmatin cita rasa masakan itu sndiri. Makanya gue kalo makan Bismilah dan doa sblum makan dulu, trima kasih uda dkasi ksmpatan utk nyoba hidangan tsb, dan akhirnya dsantap. Sayang rasanya kalo masakan yg uda cape2 dbuat, akhirnya cmn numpang lewat doank. Bbrapa tmn2 gue kalo makan cepet bgt, cmn 5 menit langsung abis -- kaya klaperan bgt. Mereka ga suka kalo kita makan dg enjoy, nikmatin suasana, trus ngobrol2 stelah makan. Maunya makan, selesai, kelar, trus jalan entah kmans. Whatever float your boat, sih. Tapi skali2 coba dehh, enjoy cita rasa masakan itu sndiri. Bukannya langsung masukin ke mulut, kunyah, en then ditelen glek gitu aja. Resapi resep masakan tsb.

Slama gue tinggal di brbagai tmpat, ntah itu di Indonesia, Asia Tenggara, Australanesia, Amerika, Asia Timur, dan Timur Tengah -- banyak bgt resep2 masakan yg dprkenalkan kpd gue. Gue orgnya demen kenalan sama org dari brbagai daerah/negara. Biasanya hal yg mempersatukan kita, adalah resep masakan. Masakan khas dari negara2 tsb mrupakan lem dari apa yg mmbuat kita brteman. Gue kenal banyak imigran, ataw perantau, yg slalu mmbawa budaya mereka ke kota asing ga dkenal. Kalo lagi ngumpul sama org2 Indonesia, pasti smua pd kangen sama masakan Indonesia. Apalagi kalo bukan makanan yg memprsatukan kita?


Swaktu gue msh di NZ, gue tinggal srumah dg bbrapa org, trmasuk ada yg dari Nigeria. Namanya Enoch dan dia punya resep masakan namanya Obe Ata. Rasanya nendang bgt, gue sampe mo nangis. Masakannya simple dan bukan spt masakan Italia, Jepang, atau Perancis yg uda pasti enak bgt. Tapi ga taw knaps, gue sampe merem melek gitu. Sampe gue mohon2 ke Enoch buat dkasi resepnya, tapi dia cmn ketawa aja en pelit bgt. Walopun masakan biasanya mempersatukan org2, kadang2 ada rasa harga diri dan nasionalisme, yg bikin org agak ga mau ngasi resep masakan negaranya ke org asing bgitu aja.

Obe Ata itu smacam sup tapi airnya dikit bgt, karena jus/cairannya biasanya kluar dari daging ataw ayamnya. Apa ya kalo masakan Indonesia? Kurang taw, mngkin ada yg bsa liat dari prsamaannya. Mngkin rendang, tapi dg rasa ala Afrikaans. Resepnya guampang bgt, gue bego bgt ga taw cara bikinnya dulu.

Resep lengkap ada di blog resep gue. Tapi yg prlu dprhatiin adalah, org Afrikaans suka makan nasi asin. Biasanya mereka naro garam pas lagi nanak nasi. Dan uda gitu, pake pisang goreng juga. Sayurannya biasanya dkukus. Jadi ada campuran antara asin, manis, dan hambar. Yg ga trbiasa, mngkin heran aja. Plus, mereka suka bgt yg namanya Maggie balok atau kubik. Dan yg lucunya adalah, kalo mereka masak ayam, bumbu yg dpake malahan rasa sapi. Kalo masak daging sapi, bumbu yg dpake malahan rasa ayam. Tapi, enak juga!

20 comments:

Marshall Bruce Mathers IV said...

dan membaca penjelasan mbak 2 paragraf terakhir...suer gw jadi ngiler dah hehe

hani nhk said...

huehehe, prjuangan berat dapetin ni resep. gue sampe meneror tmn gue yg dari nigeria itu via facebook sgala. tapi hasilnya, nyam nyam. gampang kok bikinnya, tnggal liat resep. smua pasti bsa bikin.

Marshall Bruce Mathers IV said...

iya...ntar tak coba..
cocok buat buka puasa ga ya?
*hobi masak baru muncul pas puasa haha

hani nhk said...

bole tuhh kalo buka puasa. soalnya masakannya kaya rendang, tapi full tomat dan paprika. daging/ayam jgn dpotong kecil2, tapi utuh. nasinya pake garem, jadi justru makanannya lbh banyak merica dan bumbu maggie.

Ihwan Hariyanto said...

ada resepnya juga meme ini, resepku apa ya ntar.
Ga harus makanan kan?

Ihwan Hariyanto said...

ada resepnya juga meme ini, resepku apa ya ntar.
Ga harus makanan kan?

hani nhk said...

resep minuman? resep obat? resep hidup? huehehe. trserah loe kayaknya, yg pnting resep. tapi biasanya yg umum kan resep makanan/minuman kan?

Muslim Anshori M, said...

Itu makannya pake pisang goreng juga? Gue jadi mikir seandainya rendang dimakan kayak gitu, gimana rasanya ya...

hani nhk said...

ya jgn dpikir. kan masakannya uda jelas beda. maksud gue mirip rendang, mngkin dari cara masaknya yg di stew pelan2.

masakan afrikaans emang pake nasi asin en pisang rebus/goreng kalo makan. enak bgt trnyata en banyak gizi. kalo tnggal di jakarta, coba cari restoran afrika di tanah abang. gue trus trang lagi nyari2 masakan asli afrika yg emang enak2.

isaac mister said...

mungkin maksudnya gulai, bukan rendang?
stew itu gulai khan?

hani nhk said...

gue kurang tau prbedaan rendang dg gulai. stau gue, gulai itu hampir sama dg rendang -- bedanya kalo rendang tuhh minyaknya buanyak bgt. i dunno. sapa yg bsa jelasin? tapi yg pasti, obe ata ini masakannya pelan2 kaya stew gitu.

a b said...

kalau menurut mama saya: gulai -> kalio -> rendang. Mula-mula pas masak jadinya gulai dulu, kalau diterusin sampai kuahnya terus mengental jadinya kalio, kalau sampai habis dan kering namanya berubah jadi rendang :-).

hani nhk said...

oooh, bgindang. brarti masakan ini kira2 sama lahh kaya gulai. ada jusnya dikit gitu. tenkyu, tenkyu.

Marshall Bruce Mathers IV said...

rendang dimasaknya jauh lebih lama bisanya..ampe jam2an...hehe

hani nhk said...

oowhh, oke. kalo gitu ini masakan paling lama cmn stngah jam kok. kmrn2 gue bikin, nyam nyam bgt.

Bimo Pribadi said...

belum pernah coba masakan afrika..

hani nhk said...

coba bikin aja bimz, atau cari masakan afrikaans di daerah jakarta pusat biasanya banyak. gue sndiri lagi nyari yg di kemang, katanya ada.

Bimo Pribadi said...

enak ya mba masakan afrika.. kapan2 boleh tuh mba kuliner bareng, hihi.
rumah dimana sih mba?

hani nhk said...

roomate gue dulu kan org afrikaans, jadinya kadang2 dia gantian yg masak. ya itu, masakannya spt not bad. tapi kadang2 dia kalo ngasi nasi trlalu asin mnurut gue, ga cocok buat lidah. biasanya kan garem dtaro ke masakan, tapi dia masukin ke nasinya.

rmh gue daerah selatan.

fickle boon said...

yay! coba aaahhh