Sunday, July 04, 2010

The Lovely Bones

Rating:★★★
Category:Movies
Genre: Drama
Waktu itu prnah bikin review bukunya. Gue inget beli bukunya waktu msh lagi best seller di toko2 buku di Auckland. Apalagi uda ada rumor bahwa juragan film New Zealand mo bikin film brdasarkan bukunya. Apa bakalan sesuai dg novelnya, atau beda jauh sama novelnya?

Susie Salmon (Saoirse Ronan) adalah seorang gadis remaja yg dbunuh oleh tetangganya sendiri, yaitu George Harvey (Stanley Tucci). Mayatnya tdk prnah dtemukan, shingga kluarganya sangat trpukul. Ayahnya, Jack Salmon (Mark Whalberg) terobsesi utk mncari pmbunuh anaknya, shingga mmbuat istrinya, Abigail (Rachel Weisz) terasingkan. Nenek Susie, Lynn (Susan Sarandon) tinggal di rmh mereka utk mmbantu. Susie smntara itu mngawasi khidupan kluarganya dari AlamBaka. Susie msh blon bsa mlupakan Ray Singh (Reece Ritchie) yg mngajaknya kencan. Smntara itu, Lindsey (Rose McLver) adiknya Susie mulai mncurigai tetangganya. Disutradarai oleh Peter Jackson.

Film ini mngingatkan gue dg film Peter Jackson "Heavenly Creatures", film dramatis prtamanya yg sayangnya gue kurang suka. Film ini walopun dari segi efek dan akting sbenernya cukup lumayan, tapi sama skali ga nambahin apa2. Setelah ntn film ini, gue sama skali ga ngrasain apa2. Hampa bgt, ga ada reaksi sama skali. Gue ga ngrasain emosi yg justru gue pngn rasain stelah ntn film drama. Bukan depresi atau hepi, tapi beneran prasaan gue biasa2 aja. Padahal jalan critanya cukup tragis, tapi gue sama skali ga trsentuh. Gue sbenernya ga ada masalah kalo pmbuat film ngbuat film beda dari sumbernya, asal ga jauh2 amat. Nahh, masalah dlm film ini JUSTRU film ini nyaris SAMA bener dari novelnya. Mngkin itu yg bikin gue agak2 blah aja. Karena novelnya sndiri sama skali ga mnyentuh bgt. Padahal sbagian bsar org yg uda baca novelnya pasti emosional. Hanya aja... apa ya, ada yg kurang dehh. Ga bsa gue jelasin bgt. Bukan brarti gue benci drama atau benci cerita ini. Enggak kok. Hanya aja, film ini sama skali ga mnggugah prasaan gue.



Ada lahh prbedaan2 kecil dg novel dan filmnya. Kalo di novelnya, sang ibu slingkuh sama org laen. Di novelnya juga ada adegan sex. Kalo di filmnya, sama skali ga ada. Di novelnya, AlamBaka dgambarkan biasa aja, tapi berarti bagi Susie. Tapi kalo di filmnya, terlalu fantastikal bgt shingga kliatan trlalu palsu. Akting ga usa dprtanyakan, mereka smua brmaen sangat bagus trutama Ronan dan Wahlberg. Tapi mngkin gue kurang suka style dan pacenya film Peter Jackson yg kalo bikin film bsa LAMA bgt. Mnurut gue, film ini pacenya slow bgt dan ga trlalu menuhin kpuasan para pnonton. Padahal itu penting lho utk bsa mmbuat penonton hanyut dlm cerita. Ceritanya sndiri trlalu memanipulasi; penuh dg imej2 hepi dan ksedihan yg brcampur jadi satu, shingga kesannya trlalu mnggurui dan hepi ending.

Gue mngkin rekomen ni film buat pnggemar Peter Jackson dan pnggemar novelnya. Tapi yg nyari sisi emosi yg mnggugah atau jalan crita yg ga kaya video klip musik... gue ga trlalu rekomen bgt. Tapi silakan aja dtonton. Sapa taw punya pndapat yg beda.

7 comments:

andy wirawan said...

ga baca novelnya... tapi gue suka film jenis ini.......

a b said...

Heavenly Creatures" kerasa nanggung yah? Untung ada Kate Winslet. Makanya males nonton film drama bikinan Jakson. Mungkin Jackson lebih cocok bikin film yang settingnya fantasy.

fickle boon said...

gw suka akting Saoirse, Wahlberg dan Tucci di film ini.

tapi emang keseluruhan film ini ataupun bukunya sekalipun gak membuat gw tertarik, gatau kenapa. biasa aja. datar. dan filmnya emang sangat lambat!

hani nhk said...

ya itu maksud gue, feelingnya stelah ntn film ini agak2 datar. flat. ga... wahh gitu. sbnrnya mo ngasi 3 bntang, tapi trus gue mrasa tetep ada yg kurang. ya uda.... spt yg gue bilang, gue ga benci film ini.

vyara wurjanta said...

setuju, pacenya emang lambat banget, bikin hampir bosen nontonnya. tapi ada beberapa adegan yang (buat eyke) menyentuh banget. kayak pas rachel weisz n wahlberg di t4 tidur pasca kehilangan susie: si ibu nangis dan teriak dalam diam... duuuh, jadi ikutan sedih mpe nangis (emang dasar guenya cengeng hehehehe)...
nggak menggunggah mungkin karena cerita sedih dan tragisnya bercampur sama fantasi yg indah, jadi nyaru...
dan gue baca bukunya setelah nonton filmnya...*wrong move yaah* (abis gimana, boleh dapet gratisan bukunya! hahahaha...)

hani nhk said...

gue agak kasian nih, bintangnya gue naikin aja stengah lagi dehh. knaps gue naekin stengah pdhl plotnya biasa aja? gue rasa krn aktingnya not bad smua.

✎ Reygina Allagan said...

gue baca bukunya juga flat... apa gue harus sedih, atau terharu atau apalah, yg pasti I need something utk bisa relate sama ceritanya. gue belom sempat nonton filmnya, nggak kebayang kalo pure ke visual jd kaya apa. ceritanya kan nggak punya klimaks yang jelas. mengingat nama besar peter jackson, harusnya sih bisa jd filmnya yg menarik yah...