Wednesday, July 21, 2010

The Book Of Eli

Rating:★★
Category:Movies
Genre: Drama
Knaps stiap film mngenai dunia setelah kiamat, pasti warnanya sephia smua? Untuk nunjukkin bahwa dunianya gersang, bgitu? Suka sebel kalo msalnya utk kepentingan artistik, dunia setelah kiamat slalu coklat or abu2. Akhirnya ga original gitu.

Eli (Denzel Washington) berkelana selama 30 tahun menuju ke pantai Barat Amerika setelah kiamat. Dunia sudah berbeda, dan peradaban kbanyakan sdh musnah. Manusia saling membunuh demi makanan dan air. Eli membawa sbuah buku alkitab terakhir di dunia, yg ia jaga dg nyawanya. Seorang pemimpin koloni brnama Carnegie (Gary Oldman) sedang mncari2 kitab tsb, utk djadikan sbg pedoman utk menguasai manusia. Solara (Mila Kunis) yg tdk bsa mmbaca, tertarik dg pembawaan Eli yg tenang dan mempunyai keyakinan, sesuatu hal yg langka. Mereka brdua lalu brusaha mlawan kawanan Carnegie dan mlindungi kitab tsb.

Sbenernya plot dan critanya cukup menarik, bahwa umat manusia sdh khilangan keyakinan dan hanya satu org yg membawa pesan moral dan pradaban. Tapi mngkin gue uda kbanyakan ntn film2 tipe kiamat jadinya critanya yg sbenernya cukup mngharukan, malahan jadi biasa aja. Yg ngarepin action berat, jgn harap bsa dliat di film ini. Ini adalah film drama yg dbumbuin sama sdikit action.



Sharusnya gue bsa trgerak hatinya mlihat prjuangan Eli utk bsa membawa kitab tsb utk dslamatkan, tapi entah knaps gue agak2 datar aja nontonnya. Mungkin direksinya kurang sip, krn dsutradarai oleh The Hughes Brothers. Mngkin kalo film ini dsutradarai macam Christopher Nolan, pesan moral di film ini bsa trsampaikan. Film ini sbenernya punya potensi, sayangnya ya itu. Malahan jadi standar aja.

Yg bikin gue geleng2, dunia uda kiamat, tapi si Solara pakaiannya kaya mo ke mall gitu; fashion ala Grunge dan Boho gitu. Brantakan tapi masih fashionable. Ga trlalu rekomen buat pnggemar film action, krn film ini lbh condong ke drama. Gue bener2 mnyayangkan bgt, sbenernya ni film bsa lbh oke.

20 comments:

DiBot ! said...

akan tambah menakutkan karena hughes brothers inilah yg akan menyutradarai akira versi orang

hani nhk said...

satu hal, film ini punya twist ending yg mnarik yg ga akan gue kasi taw. tapi twist tsb mrupakan hal yg oke bgt.

andy wirawan said...

film yang lumayan, meski ada hal yg nggak gue ngerti, sebenernya si Eli ini jalannya maju ato mundur yah, setelah sampe ke markas carnegie, kenapa diakhir ketemu perempuan yg dikerangkeng lagi di terowongan? di awalnya kan sudah?

hani nhk said...

hughes brothers spesialisasinya drama yg violent. tapi akira sharusnya ada action kan? spt yg gue bilang, film book of eli ini punya potensi utk jadi keren. tapi sdikiiiiiiiiiiiiiiit lagi dehh utk bsa oke.

hani nhk said...

dia jalannya maju, mnuju ke barat. si perempuan kanibal krangkeng itu juga jalan maju. dia slalu nyergap org2 di jalan tol.

Relly M.M. said...

mungkin pada dasarnya klu disuruh membayangkan dunia setelah kiamat gambaran umumnya yach spt itu kali...:) atau mungkin udah pakem para sutradara disana geney loh dunia kiamat................:D
yap aku jg ndak nyangka dengan endingnya, paling tidak masih kasih sedikit suprise lah...:)

hani nhk said...

lumayan ada point sdikit ya :)

vyara wurjanta said...

endingnya cheesy bangeeeet... solara 'brubah' jadi the new eli... eeewww...

hani nhk said...

sorry gue msti delete ya komennya, soalnya mngandung spoiler. maap berat ya.

hani nhk said...

sorry komennya gue msti delete ya, bribu2 maap. soalnya mngandung spoiler.

vyara wurjanta said...

spoiler apaan yah? sori gw gaptek banget ^_^

hani nhk said...

spoiler itu artinya memberi tahu detil plot/ending suatu crita.

gue rekomen loe baca blog temen gue ttg spoiler di http://mysterysock.multiply.com/journal/item/74/My_Movie_Experience skali lagi maap ya komennya gue delete. kasian yg blon ntn soalnya.

vyara wurjanta said...

ow, okido! sorry then, didn't mean to. ^_^

hani nhk said...

gpp, silakan kalo mo komen soal filmnya lagi. gue stuju sama elo kalo endingnya cheesy bgt, tapi gue ga nyangka soal twistnya pas yg trakhir.

vyara wurjanta said...

twistnya? ow yah, bikin kecele hahaha...

isaac mister said...

not bad menurut gw, kalo ngeliat dari sisi drama.
dan twistnya, emang ngga nyangka.
tapi endingnya cheesy.
so...
filmnya emang mixed gitchu...

fiberia galleria said...

warna sephia karena kiamat itu depresif...

Bimo Pribadi said...

belum nonton saya

yohanes kurniawan said...

film ini jelek banget....
n mungkin gara2 nonton the road duluan...abis itu nonton film....
jadi akhirnya harus mengakui bahwa the road....
lebih keren n bagus n mendalam banget kesannya dibandingkan book of eli...

book of eli sudah seperti jualan iklan kacamata
ha2

hani nhk said...

hehe, smuanya pd pake sunglasses.