Tuesday, December 15, 2009

My Favorite Movies Of All Time (Part I)

Tmn kampus film communication gue prnah nanya, film favorit spanjang masa buat gue apaan? Gue trdiem, bukan krn ga taw, tapi itu prtanyaan yg msti gue pikirin masak2. Soalnya GA MUNGKIN gue jawab cmn 1 biji doank film yg gue suka. Gue taw bbrapa org yg bsa langsung jawab bhw film favorit mereka adl Star Wars ataw Godfather saja, tapi bagi gue ada banyak kriteria yg hrs dipilih2.

Stlah lama mikir, gue nemu list film favorit gue. Ga gampang lho. Berikut adalah film2 wajib gue:

1. Jaws (1975 - Steven Spielberg; Roy Scheider, Robert Shaw, Richard Dreyfuss)



Film favorit gue nomer 1 banget. Prtama kali nonton film ini, gue sampe takut kalo berenang dmans aja -- ga hanya di laut, tapi di kolam renang sgala. Itu dampak psikologis dari nonton film ini; bener2 dicekal di benak bgt. Saking seringnya nonton film ini, ga taw uda brapa kali dehh, gue sampe hapal dialog2nya. Dan itu brguna bgt, scara film ini mrupakan salah satu tesis buat mata kuliah gue, so pas dtanya2 sama dosen gue uda ngerti film ini luar dalam. Film ini lngkap bgt; akting yg keren, aktor berkaliber, plot sederhana tapi berkualitas, dialog2 yg pintar, sisi psikologis film ini, musik yg nyeremin, misterius, dramatis, penuh petualangan, lucu, dan film yg abadi. Ga usa nonton sequelnya, ini aja dehh. Oke, kalo dbandingin sama special effect jmn skrg, ya Jaws emang abal2 bgt. Hiunya kliatan bgt kaya robot. Tapi sutradara Steven Spielberg mikir, mndingan hiunya dkasi liat pas saat2 terakhir. Dan itu yg bikin penonton ketakutan, krn mereka ga bsa liat monsternya. Kita biasanya takut sama hal yg ga kliatan.


2. Lord of The Rings: Fellowship of The Ring (2001 - Peter Jackson; Ian McKellan, Elijah Wood, Viggo Mortensen)
 


Dari trilogy LOTR, gue paling suka yg prtama. Setting yg indah, spesial effect yg mnakjubkan, aktor2 berkaliber berat dan wajah2 baru perfileman, musik yg memorable, dan juga jalan cerita fantasy yg mndebarkan serta mnghantui. Dari awal, bagaikan membaca buku novel; kita dperkenalkan kpd karakter2 yg tdk terlupakan, dan mnurut gue lamanya uda pas banget. Gue kurang suka yg kedua, Two Towers krn banyak karakter yg terpisah2, dan yg ketiga, Return of The King sangat lama dan endingnya banyak bgt. Mnurut gue, film yg prtama cukup pas.
 
3. Batman Begins (2005 - Christopher Nolan; Christian Bale)
 


Reboot seri Batman. Stelah Joel Schumacher ngrusak Batman, akhirnya sebuah film superhero yg tdk spt film superhero. Film yg lbh condong ke dramatisasi sebuah superhero, ga hanya hitam dan putih saja dan berantem mulu ga ada juntrungnya. Sbuah film yg mnurut gue sangat oke dari segi akting, plot, dan dialog. Jalan cerita yg sangat kuat; dari awal dceritakan asal mulanya, dan di tengah2 bagaimana sang pahlawan menjalani takdirnya, lalu akhirnya pertarungan antara yg baik vs jahat. Gue terus terang lbh suka Batman Begins daripada The Dark Knight, walopun gue suka banget The Joker. Tapi kekurangan TDK adalah dari segi pacing-nya dan sdikit kluar dari karakter. Bukan berarti TDK jelek, hanya saja gue lbh memilih Batman Begins. Inget bgt waktu film ini kluar, gue nonton di bioskop 10 kali stiap minggu di bioskop Auckland. Saking sukanya.
 
4. Pirates of Caribbean: Dead Man's Chest (2005 - Gore Verbinksi; Johnny Depp, Kiera Knightley, Orlando Bloom)
 


Saking sukanya sama film sequel ini, gue sampe nulis email kpd Ted Elliot dan Terry Rossio mnyatakan bahwa gue trkagum2 sama jalan ceritanya yg fantastis. Mereka berdua adalah penulis film ini. Dan serunya lagi, mereka ngbales email gue dg jawaban bahwa mereka seneng bahwa gue suka. Film ini ada sgalanya, dari komedi, drama, action, supernatural, fantasy, romance, dll. Sayangnya, gue ga suka film ketiganya yg trlalu dbuat2 malahan.
 
5. 2001: A Space Odyssey (1968 - Stanley Kubrick; Keir Dullea)
 


Oke, gue mo crita beneran ya. Abis nonton film ini, gue smpet gila sejenak alias smpt ilang ingatan gitu. Film ini berbeda2 ya buat tiap org kalo nonton. Ada yg kaya gue, smpt gila. Ada yg bsa sampe mo bunuh diri katanya. Ada juga yg langsung depresi. Ada juga yg bahagia ga ktulungan. Intinya, tiap org yg ntn film ini reaksinya bsa macem2. Ada juga yg ga ngeh en ga ngerti sama skali. Ada juga yg kbosenan. Film ini mnurut gue mnceritakan ttg hubungan antara manusia dg Tuhannya. Rasanya keciiiiiiil bgt abis ntn film ini. Sdikit religius mnurut gue. Tapi mngkin yg laen berpendapat beda, dan cmn nganggep cmn skedar film sci-fi biasa.
 
6. Terminator 2: Judgment Day (1991 - James Cameron; Arnold Schwarzenegger, Linda Hamilton, Edward Furlong)



Film yg gila oke banget, gue suka banget sampe hapal dialog2nya. Ini film ga hanya fun dari segi actionnya, tapi dari segi drama dan sci-fi dan segi perkembangan karakter serta special effectnya super bgt. Ga bsa dtebak, dan filmnya sndiri emang mngagumkan bgt. Lupain dehh film2 berikutnya stlh ini dan film serinya. Film pertamanya sangat romantis, mnceritakan hubungan antara Sarah Connor dg Kyle Reese, sedangkan film keduanya mnceritakan hubungan orang tua thd anaknya. Gue pernah ikutan tes psikologi sambil nonton film ini utk mncari taw dampak film thd penontonnya. Trnyata T2 adl salah satu film terpopuler spanjang masa.

7. While You Were Sleeping (1995 - Jon Turtletaub; Sandra Bullock, Bill Pullman)



Gue suka banget sama film romcom ini. Sdikit cheesy en ga masuk akal, tapi ga mnyebalkan. Banyak film chick flick yg nyebelin alias terlalu trpaku sama formula film yg gampang dtebak. Tapi walopun film ini juga hepi ending pd akhirnya, jalan critanya sndiri cukup charming dan lucu. Kekuatan dari film ini adalah tokoh karakternya yg gampang dsukai dan timing komedi dari Sandra Bullock sndiri. Gue ntn film uda bribu2 kali sampe apal dialognya. Film klise bgt, tapi mnyenangkan.

8.Groundhog Day (1993 - Harold Ramis; Bill Murray, Andie MacDowell)



Salah satu film trbaik yg prnah gue tonton. Ga hanya skedar drama komedi dan romcom, tapi bener2 ngubah cara pandang seseorang mngenai kehidupan. Bener2 krasa banget abis ntn ini, spirit kita bsa trangkat lagi. Lucu, poignant, dramatis, smart, dan ga bsa djelasin dg kata2 dehh. Gue tantang org2 utk nonton film ini, dan membuat hatinya tergerak.

9. The Black Stallion (1979 - Carol Ballard, Francis Ford Coppola; Kelly Reno, Mickey Rooney, Teri Garr)



Ini film minim dialog tapi justru lebih berbicara banget ke lubuk hati. Gue slalu nangis kalo ntn film ini. Crita ttg seorang anak dg kuda ksayangannya. Mereka brdua mngalami pasang surut brsama, brusaha brtahan hidup brsama, sampai pada akhirnya berlomba brsama. Prtandingan balap kudanya bener2 brilliant banget, apalagi kalo ntnnya dg suara kenceng. Jantung bsa brdebar keras krn denger suara gemuruh kaki2 kuda tsb.

10. Close Encounters of The Third Kind (1977 - Steven Spielberg; Richard Dreyfuss)



Brapa kali nonton film ini, gue slalu nangis. Bila Steven Spielberg biasanya bikin film action mngenai aliens, maka film ini lbh kalem dan dramatis. Lebih filosofikal. Film yg bikin kita brtanya2, apakah kita sendirian di alam semesta ini? Dan ketika jawabannya ada di depan mata, siap ga sihh utk mnghadapi knyataan tsb?

11. Sunset Boulevard (1950 - Billy Wilder; William Holden, Gloria Swanson)



Skali2 nonton film klasik dehh. Beneran, ini film super keren bgt. Gila banget dehh. Dari segi crita/plot, akting, sampe cinematografinya amazing bgt! Crita ttg seorang laki2 yg jadi brondong seorang bekas aktris gila. Bener2 mnceritakan ttg sisi gelap Hollywood. Bila seorang aktor sdh tua, biasanya mereka dbuang dan ga dpake lagi. Skandal. cinta, obsesi, dan pmbunuhan. Msti tonton!

12. Airplane! (1980 - Abrahams & Zucker Bros; Robert Stack, Leslie Nielsen)



Jauuuh sblon ada film2 parody macam Scary Movies, ini bsa dbilang adl film parody prtama. Bedanya dg film2 parody jmn skrg, film parody ini SANGAT SANGAT LUCU SKALI. Dialog2nya ga bsa dlupain sampe skarang. Film parody ini mncritakan ttg film bencana pesawat terbang dan airport. Lupain dehh film2 parody jmn skrg yg maksa bgt dan ga lucu. Ini adalah yg asli.

13. Alien (1979 - Ridley Scott; Sigourney Weaver)



Banyak yg bilang bahwa sequelnya yg disutradarai oleh James Cameron adl yg paling oke krn lbh banyak action. Gue juga suka. Tapi originalnya yg mnurut gue adl yg trbaik. Plotnya sbenernya sderhana: skumpulan org trkurung di suatu tmpat, ada makhluk yg ga trlihat, dan satu demi satu smua tewas. Sederhana kan? Tapi justru kesederhanaan itu malahan bsa dapet suatu hal yg kompleks, spt sisi psikologis dan imajinasi seksual Freudian di film ini. Salah satu bahan dari tesis film gue, film ini banyak bgt imej2 seksualitas yg ga trbayangkan kalo ga dprhatiin. Dari psawatnya yg brnama 'Mother', telur alien, alien yg brbentuk penis, manusia yg dbuahi dan mlahirkan, sampe psawat yg bentuknya mirip rahim perempuan. Sjam prtama nyaris ga ada dialog dan ga ada action sama skali, tapi gue ntn ini bikin merinding. Bgitu uda mulai puncaknya, gue mnyadari bahwa ni film emang hebat bgt.

14. Willy Wonka & The Chocolate Factory (1971 - Mel Stuart; Gene Wilder)

 

Bukan yg versi Johnny Depp ya, tapi versi originalnya yg klasik. Prtama kali ntn ini waktu msh kecil di TV swasta, en gue langsung jatuh cintrong sama film ini. Filmnya indah bgt, dan stelah brtaun2 gue ntn lagi, trnyata scara ngagetin ni film agak2 dark bgt. Inget ga sama adegan ayam lagi dpotong??? Wahh waktu dulu sihh ga nanggepin bgt, cmn pas skrg gue agak2 kaget kok ada adegan spt itu di film anak2 utk ngejelasin btapa kacaunya dunia ini. Tapi selain adegan tsb, gue suka banget sama musikalnya yg menyentuh bgt, blum lagi ni film bikin gue slalu mewek di endingnya krn hepi endingnya yg fantastis!

15. The Life Aquatic with Steve Zissou (2004 - Wes Anderson; Bill Murray, Owen Wilson, Cate Blanchett, Anjelica Houston)



Ga banyak org yg ngerti ataw maw ngerti film ini. Ini film dark komedi, jadi emang joke2nya suka off bgt. Tapi gue demen bgt sama film ini apalagi Bill Murray emang nunjukin keahliannya brmain dramatis dan komedik pd saat brsamaan. Crita ttg seorang oceanographer beserta krunya yg sedang berpetualangan mncari hiu Jaguar yg telah memakan partnernya. Banyak yg nganggep hiu tsb tdk ada, tapi kru tsb bersikeras mncarinya. Apalagi di sela2 petualangan tsb, mereka hrs mnghadapi banyak hal spt anak haram, bajak laut, bekas istri, jurnalis yg hamil, serta kapal bobrok. Film ini juga trkenal oleh lagu2 yg dbawain oleh pnyanyi akustik dari Brazil, Seu Jorge. Film ini juga bikin mata agak2 basah...

16. Indiana Jones and The Last Crusade (1989 - Steven Spielberg, George Lucas; Harrison Ford, Sean Connery)



Dari sluruh film Indiana Jones, ini adalah film favorit gue. Filmnya fun, penuh action, penuh misteri, lucu, penuh petualangan, dan plotnya smart bgt. Film ini balik lagi ke basic, yaitu musuhnya adalah Nazi. Bukan komunis, bukan aliens, bukan org2 India! Ini film yg gue rasa bener2 ada sense petualangannya. Indiana spt James Bond, slalu brptualangan dan ga prnah kalah, bener2 jagoan bgt. Tapi msh ada sisi komedinya bgt. Gue suka stiap Indy brantem sama bokapnya, tapi mereka saling mnyayangi. Apalagi terus terang aja, franchisenya sharusnya stop aja dsini. Endingnya mnurut gue uda best bgt -- mereka berkuda ke arah matahari trbenam. Uda perfect bgt,

17. Peggy Sue Got Married (1986 - Francis Ford Coppola; Kathleen Turner, Nicolas Cage)



Banyak film yg mncritakan ttg transformation/time travel/body swap. ini adl salah satu favorit gue. Peggy Sue kembali lagi ke masa lalu pd saat ia msh SMA. Dan ia harus mutusin utk menempuh takdir yg berbeda ataw takdir yg sama. Kbanyakan film2 bgini kan intinya sang tokoh utama hrs mutuhin jalan hidupnya spt apa. Tapi hanya film ini yg bener2 bikin sang tokoh dlanda dilema bgt. Walopun aktingnya Kathleen Turner bagus, aktingnya Nicholas Cage JELEK bgt. Suaranya dia cempreng bgt disini. Tapi itu ga ngubah knyataan bahwa film ini keren.

18. Grosse Pointe Blank (1997 = George Armitage; John Cussack, Minnie Driver)



Film ttg reuni SMA. GUe trus trang paling males kalo msti mnghadirin reuni akbar. Gue lbh demen reuni sama tmn2 gue sndiri, scara gue ga brsosialisasi sama sluruh skolah kan? Bawaannya males bgt msti ktmu sama org2 nyebelin waktu SMA, ataw guru2 yg rese. Rasanya pgn ngebom skolahnya aja. Nah, ni film bener2 sehati bgt. Si tokoh utama adl seorang pembunuh bayaran, msti mnghadiri reuni skolahnya, ktmu sama mantan pacarnya, ngaku kalo dia seorang pmbunuh? Hehehe. Btw, ni film soundtrack lagu2nya keren2 smua.

19. The Sound of Music (1965 - Robert Wise, Rodgers and Hammerstein; Julie Andrews, Christopher Plummer)
 


Ngaku dehh, kita nonton film ini sejak kecil dan apal lagu2nya. Dan terus terang aja, ni film emang akan slalu ada slamanya. Suatu hari gue bakalan ngajak anak gue nonton film ini. Cerita ttg seorang calon biarawati yg harus mnjadi pengasuh utk 7 anak oleh seorang duda. Dulu gue seneng sama musikalnya dan nyanyi2nya, dan hanya sampai tokohnya menikah. Hepi ending. Tapi skrg, gue slalu ntn klanjutannya, dmans ada dark story ttg Nazi dan bagaimana kluarga tsb dkejar2 oleh Nazi.

20. The Prestige (2006 - Christopher Nolan; HUgh Jackman, Christian Bale)


Film non linear yg bikin gue trpaku sampe akhir. Plot yg ga bsa dtebak, akting yg kuat, aktor2 brkaliber, bagian demi bagian dikupas sampe ke dalam inti, dan twist ending. Film yg mnceritakan ttg sebuah obsesi dan bagaimana hal tsb bsa merusak rasa kmanusiaan kita. Bila kita sangat terobsesi akan sesuatu, kita akan mngorbankan hal2 pnting di hidup kita. Suguhan crita di film ini spt mngupas bawang, layer demi layer dibuka tapi ga bsa tertebak sampe akhir. Apalagi Christopher Nolan sang sutradara punya hobi bikin film yg ga berurutan alias non linear. Crita ending bsa sbenernya adl prmulaaan, dan sbaliknya. Gue tonton film ini brkali2, slalu nemuin hal yg baru.

Bersambung.... daftar ini belon kelar.

36 comments:

DiBot ! said...

menunggu chapter 2nya...hihihi...sumpah gue mah males kl disuruh buat ginian tapi tertantang jugah...

a b said...

Wah, Han, kalau saya mah bingung kalau disuruh milih film favorit :-) Terlalu banyak....

ancha anwar said...

Tunggu lanjutannya dulu juga...
*bisa sampe berapa chapter nih Han?

Apatis Vian said...

jadi minder gw pas liat list best movie-nya Hani...
referensi film lo luas bgt ternyata,han... :thumbs up:

:))

Alice SH said...

menarik, justru paling favorit Jaws, ya?
jadi tertarik nonton grosse pointe blank dan the prestige...

Yayan a.k.a Fathin said...

Rasanya pingin ngomenin setiap film yang ditulis *piiuug* paling demen nih kalo ada yang ngebahas soal film-film kayak gini, makasih ya Mb :)
Kebanyakan film lama ya :D dan emang film lawas itu nyusruk-nyusruk ke hati haha *bahasanya kacau*
Iya deh AKu nunggu kelanjutannya dulu. Eh udah nonton Calendar Girls, belom?

yohanes kurniawan said...

wedeuuuu...lanjut sampe versi 1001 film terbaik....wkwkwkw

isaac mister said...

nonton 2001 loe sampe mo bunuh diri?!?!

andy wirawan said...

temen gue ini dari dulu emang udah maniak felem, sampe saat gue ajak joinan multiply... hehe

kita tunggu dah lanjutannya :P

hani nhk said...

bikin aja, lumayan kan buat referensi? gue bikin ini juga buat tmn2 yg mo liat referensi.

hani nhk said...

iya, makanya gue bikin daftar. emang bingung kalo suruh pilih atu biji doanks.

hani nhk said...

wahh sabar ya kalo nunggu lanjutannya, hehe. scara gue mood2an kalo bikin ginian.

hani nhk said...

thanks! tapi ahh enggak juga, gue msh banyak film yg blon prnah gue tonton.

hani nhk said...

ya, ini film favorit gue banget. film ini jadi bahan tesis gue.

hani nhk said...

film2 lama sihh enggak juga. ada juga film2 favorit gue yg baru2. cmn yg baru gue tulis emang film2 lama. justru gue ngrasa film2 lama lbh oke kualitasnya.

gue uda ntn lahh Calendar Girls, hehehe. loe emang demen film2 chick flick ya? wkwkwkw.

hani nhk said...

gileee, kaga laaah! kaya kaga ada krjaan bgt, huahaha.

hani nhk said...

maniak bgt sihh kaga, cmn emang demen nonton doanks. itupun pilih2! dan juga krn gue jurusan film mngkin?

hani nhk said...

BUSET, gilee loe nyong. bukaaan! maksud gue, kalo nonton film 2001, itu reaksinya bsa beda2 saking filmnya sangat powerful gitu.

isaac mister said...

hehe2x...
abis ngeri banget deskripsinya...
tapi han, sumpah gw nonton film 2001 ngga kuat lho...
bukan boring, tapi bad feeling gitu...

hani nhk said...

itu dia, makanya. emang tiap orang yg ntn film ini reaksinya bsa beda2.

Alice SH said...

hm, wkt ntn 2001 sempat ketiduran krn irama klasiknya, pas ending baru nganga...
keren.

hani nhk said...

emang pas lagu waltznya keren bgt, tapi mngninabobokan. hehe.

isaac mister said...

part 2?

hani nhk said...

blon. ntar donks.

Marshall Bruce Mathers IV said...

wah semua genre lengkap euy....kecuali animasi keknya haha

hani nhk said...

itu ada di part 2, don't worry.

Yayan a.k.a Fathin said...

hahaha, mungkin ya, tapi rasanya hampir tiap genre aku suka ;)

marie olive said...

rekomendasi yg bagus!

Muslim Anshori M, said...

Wow... Kebanyakan film jadul ya mbak... Sayang agak susah disini nyari pilem2 jadul... :(

marie olive said...

me too. mungkin di download aja kali ya? tapi gw kurang ngerti..

Muslim Anshori M, said...

Sama oip.. biasanya gw minta dunludin sama temen.... Karena internet gw terbatas jadi ga bebas dunlud yang bergiga2.. hiks.. :(

marie olive said...

kenapa gk pake unlimited aja muse?

Muslim Anshori M, said...

Unlimited telkomsel flash.. klo dah lebih dari 1 GB.. Jadi nguji kesabaran.. :)
Nanggung mau ganti yang lain..

marie olive said...

pake smart evdo aja. rekomen !

Muslim Anshori M, said...

Skg lagi pake itu... Minjem punya temen yang lagi naek gunung hahahahahahaha

hani nhk said...

jadul bgt enggak. bbrapa msh dlm dekade ini. kalo susah ngedonlot, rekomen gue beli online aja. request ke pnjual dvd online judul2 yg dmauin. biasanya murah kok, namanya juga bajakan.

gue juga rekomen film2 di dekade ini (IMHO ya): http://hanitje.multiply.com/journal/item/362/Decade_of_Movies_2000_-_2009