Sunday, December 20, 2009

Avatar

Rating:★★★★
Category:Movies
Genre: Science Fiction & Fantasy
Terus terang, gue orangnya super kritikal kalo ntn film. Sgala hal gue prhatiin, dari segi plot, akting, special effect, cinematografi, musik, dialog, dll. Dan satu hal yg juga gue prhatiin adalah hype suatu film, apakah hype tsb bener2 ada ataw hanya omong kosong blaka. Apalagi di film ini, gue malahan ga trlalu antusias buru2 mo ntnnya apalagi liat trailernya. Tapi stelah gue nonton film ini, gue akuin, film ini emang bagus.

Manusia hendak mengkolonisasi planet Pandora dan hendak mngambil sumber daya alamnya yg paling brharga yaitu Unobtainium. Mereka mulai brperang dg suku Na'vi, ras asli planet Pandora yg msh primitif tapi sangat trikat dg alam skitarnya. Jake Sully (Sam Worthington) adl veteran tentara yg cacat dan hrs duduk di kursi roda, dberikan tugas utk mnyusupi suku Na'vi dg masuk ke dlm Avatar; sbuah tubuh kloning berbentuk ras Na'vi. Ketika ia brada di dlm tubuh Avatarnya, Jake bsa brjalan dan bahkan brlari2. Jake yg mnyusup ke suku Na'vi, brtemu dg seorang putri Na'vi brnama Neytiri (Zoe Saldana) dan mulai jatuh cinta kpd khidupan barunya. Disutradari oleh James Cameron.

Ya, memang visual effectnya sangat luar biasa. Bener2 spt aslinya. Dan mata gue ga jengah ngliat film ini. Biasanya kan kalo film2 yg full CGI, kadang2 kita malahan capek ataw cpt bosen krn kita tau itu palsu. Tapi krn kecermatan dan kecerdasan sang pmbuat film mmbuat visual2 tsb spt aslinya, gue sama skali ga bsa nglepasin mata gue mliahat gambar2 indah yg trpampang. Gue bagaikan mngalami sndiri dan mrasakan khidupan di film tsb.

Dari segi crita..... Gue bsa mlihat banyak kmiripan dari film2 laennya yg hampir sama dari segi plot. Crita ttg seorang kulit putih yg datang mnjajah, kmudian hidup brsama dg suku liar, kmudian akhirnya membelot dan membela suku tsb plus dtambah dg bumbu cinta dg seorang wanita dari suku tsb kayaknya uda sering bgt dicritain.



Film ini mngingatkan gue dg film2 spt Pocahontas, The Last Samurai, The Last of Mohicans, Dances With Wolves, Braveheart, dll. Buset, gue agak2 sebel nontonnya krn critanya uda bsa ketebak! Apalagi terus terang aja, film ini bsa ngedapetin nilai lebih kalo msalnya critanya ga hepi ending! Spoiler sih enggak ya, cmn film ini ya... hepi ending gitu... Pdhl biasanya James Cameron kan critanya suka sdikit melankolis. Contohnya; film Terminator si Kyle Reesenya mati, tapi Sarah Connor mlanjutkan prjuangannya. Film Titanic, si Jack mati tapi Rose mlanjutkan hidupnya. Ini film.... well, heppi ending. Trlalu ketebak. Yg jahat dapet ganjarannya, yg hero ya menang.

Film Pocahontas, si John Smith hrs brpisah dg Pocahontas. Film Braveheart, Wallace kpalanya dpenggal tapi ia brhasil mnjadi hero.... Oh COME ON, James Cameron! You could do better than that! Arrghh!

Ini yg bikin gue kesel aja. Tapi lepas dari smua itu, film ini sangatlah layak utk dtonton. Hanya saja, memang film ini unggul di segi visualnya. Dari segi plotnya? Udah banyak plot sjenis dari film2 laen. Mngkin kita bsa argue, bahwa film ini hampir sama dg realita spt perang Iraq. Amerika hendak menguasai minyak shingga brperang dg negara Iraq. Atau perang2 laennya spt perang Korea dan Vietnam.

Gue sangat rekomen film ini utk film yg harus ditonton. Tapi warning, filmnya super lama. Dan please, knaps msh banyak org tua yg bawa anak2nya ntn film ini? Ini kan film dewasa!

ETA: Sam Worthington bakalan jadi superstar. Sejak ia maen di film Terminator Salvation, doi keren abis... di film ini ia juga hot bgt. My GAWD... naksir berat gue!

20 comments:

Shandy Rp said...

wah gw juga gak terlalu gimana2 sama Avatar ini... tp udah denger bbrp org yg komen film ini emang bagus...
jadi kepengen nonton! ;P nonton pake kacamata 3D lbh seru yah kayaknya :D

hani nhk said...

gue blon ntn yg 3D, scara tiket abis. tapi tanpa 3D juga filmnya oke visualnya. tapi kalo soal plot.... emang standar bgt dg film2 koloni laennya.

yohanes kurniawan said...

coba 3dnya....
lebih mantab :D

hani nhk said...

nanti lahh kalo uda agak2 tenang alias ga keabisan tiket mulu, hehe.

"iTHa" Juwita said...

Mungkin pada bw anaknya karna mreka sangka ni film sama ky kartun avatar di tv x han.. Xixi..
Gw juga nunggu 3Dnya ah.. ^^

andy wirawan said...

meski plotnya memang mirip dengan yg lain tadinya gue pesimis nih navi bisa menang Han, secara teknologi senjata manusianya lebih unggul....

gimana ga tambah dijejelin sama anak2.. wing udah musim liburan.. apalagi dirating SU = semua umur sama 21... bah ya jelas aja.... pas adegan kissing ada anak2 yg nyeletuk.. mah tuh pacaran mah... bwahahaha...

andy wirawan said...

meski plotnya memang mirip dengan yg lain tadinya gue pesimis nih navi bisa menang Han, secara teknologi senjata manusianya lebih unggul....

gimana ga tambah dijejelin sama anak2.. wong udah musim liburan.. apalagi di rating SU = semua umur sama 21... bah ya jelas aja.... pas adegan kissing ada anak2 yg nyeletuk.. mah tuh pacaran mah... bwahahaha...

andy wirawan said...

meski plotnya memang mirip dengan yg lain tadinya gue pesimis nih navi bisa menang Han, secara teknologi senjata manusianya lebih unggul....

gimana ga tambah dijejelin sama anak2.. wong udah musim liburan.. apalagi di rating SU = semua umur sama 21... bah ya jelas aja.... pas adegan kissing ada anak2 yg nyeletuk.. mah tuh pacaran mah... bwahahaha...

ancha anwar said...

setuju!
film ini menang di visual saja!
ceritanya predictable dgn ending yg cheesy... kejutan justru terjadi di pemandangan dan setting filmnya! hal ini yang membuatku betah selama 3 jam, menunggu imajinasi gila apalagi yg akan ditampilkan.
4 bintang!

Yayan a.k.a Fathin said...

Jadi 4 bintangnya karena ada faktor Sam Worthington juga ya ^^ hehehehe

hani nhk said...

ah enggak, hehe. 4 bintang krn gue ngrasa film ini bsa lbh bagus kalo plotnya lbh oke.

isaac mister said...

agak sedikit propagada yach filmnya?
which is a good thingl an anti war film.
btw, aksennya si sam worthington ngga american banget yach?

hani nhk said...

soalnya sam worthington itu org aussie, lahir di uk. iya, gue denger aksennya slalu selip.

Fahri LiF said...

plot mang ga seger tapi visualnya seger bgt... hhe

hani nhk said...

ini cara bikinnya:

isaac mister said...

no wonder.
dia lagi laku banget nich...

hani nhk said...

gue abis ntn lagi ni film, cmn di internet. gambarnya jelek bgt, hiahh. abis ga dpt tiket 3Dnya... gue hrs ntn ini di 3D nihh!

ancha anwar said...

Di Bogor ga penuh yg versi 3D nya.
Botani Square

Shandy Rp said...

Han!! gw dah nonton 3Dnya :D selasa malem di senci (temen gw dah beli tiketnya dari siang)...
Wow, gw amaze sama scene Night.Forestnya!!! AweMazing! so should see this in 3D ;)

btw gw baru pernah nonton 3D di Blitz GI & Senci...
kacamata yg di Senci beda yah... agak2 berbayang gitu...
yah harga emang gak bohong sih (Blitz 2x lipet harganya)

hani nhk said...

gue ntn 3Dnya taun dpn aja dehh, hehe. pas hypenya uda brkurang jadi ga prlu ngantri lama. but yeah, i can imagine how wonderful the movie looks like in 3D.