Monday, December 28, 2009

9

Rating:★★
Category:Movies
Genre: Animation
Mngkin gue uda cukup jengah sama film animasi 3D ya... Uda cape ngliatnya, ya bgitu2 aja. Gue uda mulai ga mrhatiin scara seksama. Skrg emang uda jamannya film animasi 3D dmana2, krn emang lbh mudah bikinnya dan cepat dan kliatan spt aslinya. Tapi kalo ga dbarengi sama faktor2 laen spt akting, plot, dan yg laen2nya mngkin akhirnya filmnya jadi flat.

Ketika manusia telah musnah, sebuah boneka trbuat dari karung brnama 9 (Elijah Wood) mnjadi hidup dan ia membawa sbuah talisman. Kbingungan krn hidup di jaman dmana mesin mnguasai dunia, ia brtmu dg boneka2 laen yg dberi nomor. Apa tujuan mereka dciptakan? Mngapa 9 mmbawa talisman tsb?

Dari segi awal plot, sbenernya mnarik prhatian gue; manusia telah punah dan yg hidup hanyalah 9 boneka karung kecil yg brtahan hidup di sisa2 pradaban. Tapi setelah itu critanya ngalor ngidul kaya video game; sang hero hrs menempuh bahaya utk mncapai sesuatu dtemani oleh tmn2nya. Mncapai apa? Apa tujuannya? Sang hero sama skali ga taw msti ngapain. Bahkan pd saat trakhir pun sptnya dia kbingungan. Pnjelasan yg dbrikan juga ga memuaskan. Utk membangun peradaban kembali? Oke... Tapi ending yg ngambang bikin gue bete. Stidaknya kalo dlm crita sci-fi, ada lahh tujuan yg pasti gitu.

Dari segi akting juga abal2, pdhl pngisi suaranya make aktor2 besar spt Elijah Wood, Jennifer Connely, Christopher Plummer, dan Martin Landau. Sjauh ini, dialog2nya ga smart, kbanyakan pnjelasan2 singkat mngenai plot, atau cmn sekedar teriakan2 action -- yg mnurut gue sbenernya bsa dlakukan oleh dubber biasa yg brpngalaman. Mereka ngebawa aktor2 besar ini utk mnarik prhatian penonton saja, dan lbh mntingin actionnya.

Film ini sbenernya brasal dari film pendek brjudul sama, yg kbtulan plotnya agak berbeda. Filmnya hanya brdurasi 10 menitan, nyaris tanpa dialog. Tim Burton kabarnya tertarik membuat film ini mnjadi film layar lebar dan akhirnya mmproduksi film ini. Itu sah2 saja, tapi mngkin film 9 akan lbh baik kalo msalnya daripada CGI, dbikin boneka2 beneran ala film2 Tim Burton spt Nightmare Before Christmas. Film ini hanya cocok utk film pendek. Dbikin lama utk layar lebar kurang cocok.

Intinya, gue ga rekomen film ini buat yg pengen liat plot dan akting. Tapi bagi yg demen film2 animasi CGI, silakan aja. Btw, ini film bukan buat anak2 ya. Jgn krn mentang2 ini animasi, trus dtonton sama anak2.

10 comments:

ancha anwar said...

gw suka sentuhan animasinya Han. cerita memang ngambang di akhir...

hani nhk said...

scara animasi emang lumayan, walopun mnurut gue msh banyak yg lbh oke. ini lbh mirip video game.

Bimo Pribadi said...

hmm cuma 2,5 bintang... katanya banyak yang bilang bagus

hani nhk said...

ymmv lah.

isaac mister said...

menurut kritik: "long on imaginative design but less substantial in narrative"
alias menang di visual, tapi cerita biasa2x saja.
"In the end, the picture's impact derives mostly from its design and assured execution."

hani nhk said...

hmm... surprise gue kalo kritik bsa sama dg gue. biasanya suka beda. tapi ya gitu dehh... trlalu CGI skali sampe plotnya dlupain itu yg bikin kurang sip mnurut gue.

Marshall Bruce Mathers IV said...

sangat kecewa...temanya terlalu jor2an tapi ndak diselesaikan dengan apik...black mejik campur teknologi..aneh..

hani nhk said...

gue akuin, musik trailernya keren. hanya trailernya aja... filmnya sndiri ga wahh bgt.

Marshall Bruce Mathers IV said...

ho oh Welcome Home By Coheed and Cambria....gw lgsg donlot pas trailernya rilis....hhaha

hani nhk said...

iya sama, gue juga lngsung donlot lagunya. hehehe.