Wednesday, September 15, 2010

Superman./Batman.:Apocalypse

Rating:★★★
Category:Movies
Genre: Animation
Sequel dari "Public Enemies" yg lebih bagus daripada film prtamanya. Stidaknya ada bbrapa hal yg telah dperbaiki, dan dikembangin. Smoga film2 brikutnya bsa mnjadi lebih baik lagi. Tapi tentu saja msh banyak kekurangan dsana sini. Superman/Batman: Apocalypse mngalami bbrapa prubahan yg stidaknya lebih positif.

Ketika sbuah benda misterius jatuh ke kota Gotham, Batman (Kevin Conroy) dan Superman (Tim Daly) menemukan bahwa benda tsb adalah pesawat milik Kara (Summer Glau), seorang Krypton dan sepupu Kal-El, alias Superman. Kara yg lugu tdk bsa mngendalikan kekuatannya, dan Wonder Woman (Susan Eisenberg) menawarkan pelatihan di pulaunya brsama para Amazon lainnya. Darkseid (Andre Braugher), musuh Superman yg tinggal di Apokolips. Ia mncari seorang prajurit kuat utk mlawan Superman. Kara mnjadi pilihannya utk mlawan Superman.

Tentu saja ini adalah crita mngenai Supergirl, sepupu Superman yg juga sama kuatnya yg brasal dari planet Krypton. Oke, yg bagus2 dulu: animasi cukup keren walopun gue ngrasa bahwa karakter2nya dgambarin sbg karakter2 yg smpurna bagaikan Barbie dan Ken. Cewe2nya smua pada cantik2 dg bibir2 merekah dan rambut melambai, serta badan ramping. Ga ada masalah, stidaknya ga ada otot2 dan dada2 yg super besar, walopun gue agak masalahin kostum2 mereka yg kurang cocok buat brantem. High heels? Come on, guys. Susah taw brantem pake high heels. Kadang2 para animator ini cmn mntingin seksinya aja, tapi ga mntingin kepraktisan. Wonder Woman aja bsa seksi tapi ga brlebihan gitu. Cowo2nya juga msh mending, walo gue mikir mukanya agak2 kaku ataw malahan kaya Val Kilmer dg bibir seksi ala cowo. Tapi gue ga trlalu masalahin hal tsb, hanya observasi aja. Animasinya mngalir dg halus dan adegan demi adegan brjalan dg pas. Adegan actionnya juga lumayan, ga trlalu maksain. Walo gue ngrasa adegan prkelahian cewe2 ala Gladiator mngingatkan gue dg episode Justice League, dmans para wanita meta human/superheroes saling brkelahi di arena.



Dari segi karakter... oyyy.... Ini dia masih kurang bgt. Sbenernya ini crita mngenai sapa? Supergirl? Atau Batman/Superman? Wonder Woman dan Big Barda (Julianne Grossman)? Fokusnya sbenernya ke sapa? Kalo mo fokus ke Superman dan Supergirl, silakan aja. Malahan gue pikir lebih baik judulnya dganti jadi Supergirl, daripada Superman/Batman -- karena peran Batman ga bgitu banyak dsini. Malahan lebih banyak peran Big Barda (yg pada satu adegan kbanyakan make anduk karena abis mandi... penting bgt ga segh?) yg akhirnya pd saat terakhir cmn numpang lewat doanks. Kalo emang cmn sbg pemeran pembantu, jadikanlah mereka sbg supporter. Daripada cmn skedar ngasi mereka adegan2 dan dialog2 panjang lebar, tapi intinya ga ada. Fokusin lahh kepada Supergirl, daripada pemeran laennya. Krn ini mngenai Supergirl, bukan yg laennya. Gue bener2 ga pduli dg Big Barda, Layla, dan laennya. Cmn menuhin2 plot aja.

Gue kurang suka dg Jeph Loeb, yg trkenal dg serial Heroesnya. Kadang2 ia suka maksain masukin sbuah adegan padahal sbenernya ga prlu2 amat. Kalo ngoms soal ktrbatasan waktu, pfft... Loeb punya sgudang waktu ktika di serial Heroes, dan dia slalu brbuat yg sama dan lebih mntingin plot daripada karakterisasi. Akhirnya salah satu yg dkorbanin. Knaps ga bsa balance aja?

Satu hal, gue paling males kalo Batman pas lagi bareng Superman dan Wonder Woman serta nglawan alien, dia brubah jadi BatGOD. I know he's smart, I know he's genius, I know he's strong... but in the end of the day, he's only human. Makanya gue lebih seneng kalo dia handle kasus2 manusia yg penuh drama dan intrik daripada brantem dg manusia2 super. Maka dari itu, gue rasa Batman: Under The Red Hood lebih bagus dari segi plot dan karakterisasi. Animasinya juga lebih ok mnurut gue, ga trlalu macem2. Simple tapi ngalir dg natural dan padet dg drama serta akting.

Tapi banyak yg lebih suka dg film ini karena action packnya serta jalan crita yg cukup cepat. Mnurut gue kurang dark, dan kurang character development. Gue biasanya ga stuju sama kritikus, tapi kali ini gue stuju dg kritikus, bahwa Red Hood lebih bagus dari Apocalypse. Anyway, gue cukup rekomen film ini kok. Mudah2an kalo msalnya ada sequel lagi, akan lbh bagus.

7 comments:

Ibu Ranger Harley said...

ahahh... sama..
menurut gw ini mustinya berjudul : Supergirl : Apocalypse...

dan soal baju.... yah.. selama ini gw pikir kekuatan super para heroine adalah bagaimana mereka bisa mempertahankan kulit mulus dan rambut indah mereka di pertempuran gila2 seperti itu... :P
(selain bisa berantem dengan high heels tentunya.... )

New Rule said...

sudah diunduh belum ditongton ...

andy wirawan said...

setuju banged lah gw juga lebih suka red hood dari ini, tapi yah temen2nya manusia super, jadilah batman agak2 super...

btw gw juga rada kurang suka berantem yang waktu di smallville, parah amat, untung pas lagi pergi ma & pa kent-nya....

hani nhk said...

apalagi supergirl bsa trbang... whyyy she needs high heels???

BAPAKRANGER IMMY said...

emang susah mau nandingin batman the animated movie: mask of the phantasm ;)

hani nhk said...

ooh, itu ga ada duanya :)

BAPAKRANGER IMMY said...

dari komik superman / batman, sejauh ini gw paling suka storyline 'absolute power' (kalo di komik, edisi 14 - 18)
semoga ntar dibikin jadi animated movie juga, dan eksekusinya bisa bagus :)