Wednesday, September 22, 2010

Only Yesterday / おもひでぽろぽろ / Omohide Poro Poro

Rating:★★
Category:Movies
Genre: Foreign
Ga taw knaps gue biasa aja nontonnya. Walopun sbenernya not bad, lumayan lahh, tapi mngkin karena critanya bukan fantasy. Jadi gue ga trlalu mood buat nonton dorama animasi.

Pada taun 1982, Taeko sdh berumur 27 tahun dan belum menikah, dan kluarganya sdh mendesaknya. Utk supaya ga bete, Taeko memutuskan utk pergi keluar kota dan memetik bunga saffron di desa. Slama prjalanan dan di desa tsb, Taeko teringat akan masa kecilnya yg biasa saja tapi cukup brkesan di dlm dirinya.

Nyokap gue dulu prnah warning soal pria Jepang (ataw org Jepang pd umumnya, karena jaman dulu mereka cukup sexist dan sdikit xenophobia - org tua gue dulu prnah tnggal di Jepang dan mngalami masa sulit). Kalo jaman skrg uda ga bgtu dan modern skali. Tapi dulunya seorang pria adalah bos besar di rmh. Apa kata bos, ga bole dbantah. Apalagi perempuan harus nurut banget, hrs brjalan di belakang laki2. Di film ini, gue cukup ngliat skelebat kultur itu yg gue agak2 sebel. Ayahnya Taeko ga prnah ngomong, hanya baca koran aja, tapi omongannya hrs slalu dturutin. Mngkin ada yg prnah ngalemin? Gue kaget ngliat ketika ayahnya menampar Taeko karena ga pake sendal. Memang bagi org Jepang, ga pake sendal di luar itu kaya telanjang -- tapi tetep aja... Dan satu hal... gue eneq kalo uda ada kluarga yg ikut campur sama urusan pribadi. Bibinya Taeko ga malu2 maksa dirinya utk menikah en tinggal di kampung aja. Padahal Taeko uda merah padam mukanya, sharusnya si bibi ngerti kalo hal itu ga baik.



Dan terus terang, walopun ada bbrapa hal yg membuat gue trharu spt Taeko yg melamunkan masa2 mudanya dan bernostalgia, serta bagaimana ia membuat kputusan utk meninggalkan masa2 mudanya dan menuju masa depannya... itu mmbuat gue trharu banget, sampe gue nangis. Juga hal lucu ketika mereka skluarga baru prtama kali mlihat buah nanas. Hebohnya mnta ampun.

Tapiiiiii... hampir separuh film ini ngomongin soal pertanian dan bagaimana cara nanam tumbuhan dan lain sbagainya, gue sampe mati kbosanan. Gue ngerti Ghibli biasanya peduli dg lingkungan dan ingin mngajari org2 utk slalu ramah lingkungan, tapi akhirnya film ini jadi ga mudeng sama inti critanya. Fokus crita ini sbenernya apa? Masa lalu Taeko? Masa depan Taeko? Atau brcocok tanam? Gue dijejelin sama teori2 ttg menanam tanaman organik dan laen sbagainya. Akhirnya kaya lagi dceramahin soal tumbuhan. Argh...

Enyway, animasinya tetep keren spt biasa... walopun gue agak2 jengah ngliat Taeko dan bbrapa org kalo senyum kaya nyengir lebar. Ga ada bagus2nya. Gue rekomen bagi pnggemar dorama, tapi yg ngarepin sesuatu yg wahh dari Ghibli mndingan nonton animasi Ghibli yg laen.

6 comments:

a b said...

iya ini dorama dibikin anime :-) Yang diinget di film ini, Taeko digaplok sama bokapnya....shock pas ngeliat.

hani nhk said...

emang kultur mereka kalo ga pake sendal itu skandal bgt... tapi nabok anak utk urusan bgitu aja, utk yg kulturnya beda mngkin shocking bgt ya.

Ibu Ranger Harley said...

mustinya gw dah pernah nonton film ini...
kok ga inget ya? *garuk2 kepala*

New Rule said...

kayaknnya pernah nonton deh...di jakarta ada dividinya..ghibli tapi bukan Hayao Miyazaki

fickle boon said...

eh aku punya ini dirumah, tapi belom nonton

hani nhk said...

karena mngkin ga trlalu istimewa?