Thursday, September 16, 2010

Green Lantern: First Flight

Rating:★★★
Category:Movies
Genre: Animation
Kok rasanya agak2 hambar ya nonton film ini, ga taw knaps. Sbenernya sihh not bad, tapi bbrapa kali gue nyaris ktiduran nonton ini. Entah apa yg salah, walopun akhirnya gue nemu bbrapa hal.

Hal Jordan (Christopher Meloni) adalah seorang pilot tes yg sedang mnguji coba psawat ulang alik ketika seorang anggota Green Lantern Corps brnama Abin Sur (Richard McGonagle) yg sekarat membajak dirinya dan mnyerahkan sbuah cincin. Hal Jordan lalu mnjadi anggota Guardians of The Universe, alias polisi alam semesta, yg menegakkan keadilan di jagad raya. Cincin tsb mngubahnya mnjadi Green Lantern, dan mempunyai kekuatan dari Green Element. Smntara itu, Sinestro (Victor Garber) yg juga anggota Guardians, diam2 brkhianat utk mencari kekuatan dari Yellow Element.

Baru 10 menit awal, gue langsung ngrasa bored abis. Boring bgt, akhirnya gue matiin. Tapi karena gue uda brkomitmen utk nonton, gue mulai nglanjutin lagi. Ga taw knaps boringnya, mngkin karena ga ada perkembangan karakter dan jalan critanya yg lurus banget dan trlalu bsa dprediksi shingga otak gue rasanya kaya lagi nonton film anak2. Dan mngkin film ini emang dtunjukkan kepada anak2, karena kalo ngliat animasinya standar bgt ala film kartun dan film anime. Bbrapa kali gue ngliat tokoh karakternya brsikap spt anime, spt msalnya ada 'sweat drop' alias 'keringat gede' yg mnggambarkan sikap kaget, atau bahkan suara2 kartun 'boiiing' dan sdikit slapstick. Blum lagi makhluk2 aliennya yg lucu2 yg mngingatkan gue dg serial 'Ben 10', 'Galaxy High' dan 'Silverhawks'. Pokoknya tipikal film anak2.



Dari segi prkembangan karakter... buset, tokoh2nya smua pd datar2 aja dan ga ada tuhh yg namanya transisi antara Hal Jordan dari manusia biasa menuju seorang pahlawan superhero. Bgitu dapet cincinnya, Hal Jordan uda bsa mngendalikan kekuatannya dan langsung brtempur seakan2 hal tsb biasa aja. Padahal sbg sbuah film awal2 superhero, sharusnya ada segi drama bahwa sang tokoh utama dibebani sbuah tugas mulia utk membela kebenaran dan keadilan. Bahkan ga ada rasa emosi bahwa Abin Sur yg tewas dan memberikan cincin tsb, dan bagaimana Hal Jordan mnghandle situasi tsb. Pokoknya cmn numpang lewat doanks, dan ga bgitu penting dehh. Yg penting liatin aja cara bertarungnya.

Satu2nya hal yg gue suka adalah plot Sinestro brusaha memanipulasi orang2 di sekitarnya utk mndapatkan apa yg dia mau, dan bagaimana ia brusaha memfitnah banyak org, trutama Hal Jordan sndiri. Wajah Sinestro yg emang kaya setan, kayaknya justru pas aja. Adegan prtarungannya bagus banget, dan ada plot twist sana sini. Tapi hal itu akhirnya mnjadi 90% film tsb, yaitu isinya brantem doanks. Brantemnya juga tame, ga trlalu violent. Maka gue pikir bahwa film ini kayaknya cocok buat anak2.

Gue rekomen buat family dan anak2, karena ga trlalu violent dan ga trlalu berat atau standar lahh ga ada macem2 crita yg mngkin anak2 msh blon bsa nangkep. Tapi yg buat nyari dramatisasi ala film2nya Batman, gue ga trlalu rekomen. Ini kaya filmnya Disney kalo dpikir2, tapi utk superhero.

3 comments:

andy wirawan said...

sebagai karakter gw sih sebetulnya agak kurang demen sama green lantern, hancurin aja sumbernya beres dah...

BAPAKRANGER IMMY said...

setuju... selain adegan action-nya,
nggak ada yg tll spesial dr film ini

lagian story arc-nya rasanya lompat tll jauh...
tau2 nyambung ke sinestro corps

hani nhk said...

ga ada transisi gitu ya, tiba2 langsung ke menu utama.