Tuesday, September 21, 2010

Deadliest Catch

Rating:★★★
Category:Movies
Genre: Documentary
Ga ada genre televisi documentary di MP, jadinya gue tulis di movies aja. Ini adalah serial Discovery Channel, dan gue nagih bgt nontonnya. Sangat lahh mnguras air mata tiap nonton serial documentary ini.

Pada musim panen kepiting alaska, 5 kapal nelayan/penangkap ikan melaut di laut ganas di perairan Alaska yg dingin dg ombak yg tinggi. Para kapal2 tsb trdiri dari kapten kapal dan awak kapal, dan mereka mempertaruhkan nyawa mereka setiap hari utk mnangkap kepiting2 tsb. Kepiting2 tsb sangatlah mahal harganya kalo djual, bsa sampai ribuan dollar. Maka dari itu para kapal2 tsb brlomba2 mendapatkan panen yg banyak. Di setiap kapal tdp cerita2 drama mngenai awak kapal tsb; dari sang kapten sampai tukang cuci piring, yg hrs mnghadapi cuaca buruk, pralatan yg rusak, prtengkaran antara para kru, kecelakaan, sampai masalah kluarga.

Bukanlah sbuah reality show kacangan, tetapi mrupakan serial documentary dari Discovery Channel mngenai khidupan shari2 para pelaut tsb yg mncari nafkah demi kluarga dan masa depan mereka. Di setiap kapal, ceritanya slalu brbeda2 -- tapi pada dasarnya mnceritakan bahwa khidupan para pelaut itu sangatlah keras dan mematikan. Kerja keras para pelaut itu sangatlah menginspirasi. Walopun kliatannya para pelaut itu kasar2 dan suka memaki dg bahasa yg kotor, tapi sebenarnya mereka sangatlah sayang kepada kluarga dan teman2nya. Sikap loyalitas mereka patut dberi acungan jempol, bahkan sikap rival mereka thd kapal2 saingan mereka juga cukup sehat.



Hal yg bikin gue suka nonton serial dokumenter ini adalah sangatlah beda dg reality show2 lainnya, dmans para org2 biasanya di wawancara ataw ngoms di depan kamera mngenai adegan2 yg trjadi. Di serial ini sama skali ga ada, pokoknya pure dokumentar dg dselingin sdikit narasi. Para awak kapal dan kameramen juga saling berinteraksi, pokoknya apa yg trjadi ya trjadi. Bukan spoiler ya, tapi ada di salah satu episode yg bikin gue nangis adalah ketika salah seorang awak menelpon anaknya yg ada di daratan, dan anaknya memohon kepada bapaknya utk brenti mrokok supaya tdk kena kanker. Biasanya ngliat si org tsb slalu kasar kalo ngoms, tapi lembut bgt bicara sama anaknya dan sedih bahwa dia membuat anaknya kuatir bikin gue mewek.

Salah seorang kapten brnama Phil Harris trkena stroke setelah dia brantem dg anak cowonya, Jake yg kcanduan narkoba. Kapten Phil Harris akhirnya meninggal. Sluruh kru dan awak kapal, trutama anaknya Jake mngalami duka yg sangat dalam. Bener2 drama yg asli bgt, gue bener2 salut sama dokumenter ini.

3 comments:

Alice SH said...

di discovery channel jam berapa seri ini?
yang sampai kaptennya mati itu satu eps saja atau panjang?

hani nhk said...

kalo ga salah jam 11 malem. gue biasanya donlot sihh... yg kaptennya meninggal itu... mndingan ntn aja. pada dasarnya ada impactnya sampe ke bbrapa episode.

isaac mister said...

R.I.P Phil Harris...