Wednesday, September 15, 2010

Superman/Batman: Public Enemies

Rating:★★
Category:Movies
Genre: Animation
Terus terang, gue keciwir bgt ntn film ini karena gue ngarepin sesuatu yg baru, yg ga bsa dprediksi dan ga hanya skedar film action biasa. Tapi trnyata harapan gue pupus banget, karena target penonton utk film ini bukanlah utk gue. Padahal gue pnggemar berat superhero dari DC komik.

Lex Luthor (Clancy Brown) telah menjadi Presiden Amerika Serikat. Hal itu membuat Superman (Tim Daly) dan Batman (Kevin Conroy) curiga bahwa sebenarnya ada udang di balik batu. Sementara itu, sbuah meteor Kryptonite akan menabrak planet bumi, dan Lex Luthor brjanji kpd rakyat bahwa ia akan meluncurkan roket utk mnghancurkan meteor tsb. Lex Luthor sndiri memfitnah Superman agar superhero dan villain lainnya memusuhinya. Hanya Power Girl (Alisson Mack) yg msh percaya thd Superman. Disutradarai oleh Bruce Timm.

Pertama2 animasinya, yg mnurut gue standar bgt utk ukuran sbuah film. Animasinya mnurut gue lebih cocok utk sebuah film serial. Trlalu kaku dan kadang2 suka brubah2 ke anime. Kalo emang mo anime ya anime, jgn nyampur2 gitu. Gue sampe mo pngsan ktika ngliat Batman dan Superman ada di Jepang ngunjungin Toyman Hiro Okamura (Calvin Tran) dan ngeliat ada robot mecha gede banget berbentuk Batman/Superman yg dgabung jadi satu. Tipikal Jepang bgt, msti ada robot mecha. Tapi ini film Batman/Superman -- kayaknya ga perlu ada robot mecha! Norak!

Animasinya ga buruk, hanya aja trasa kurang bgt dan masih kasar. Animasi cowo badanya penuh otot gede2 six packs sampe otot leher yg gede bgt kaya bodybuilder, bikin gue eneq bgt. Ini bukan Dragon Ball Z, ga perlu bgitu. Trus animasi cewenya, toketnya gede bgt ga proporsional dg badannya. Power Girl juga dgambarin punya mata belo gede bgt ala anime. Dan Toyman, wajahnya trlalu anime dg rambut tajam ala anime -- ga matching sama karakter2 laennya.



Mngenai plot... mnurut gue brantakan bgt. Awal2 uda bagus dg nunjukkin ambisi Lex Luthor yg ingin mnjadi presiden demi kesejahteraan umat manusia, bahkan menyinggung presiden2 Amerika macam Bush, Nixon, dan Johnson yg ga dsukai tapi punya kebijakan yg lumayan. Bahkan cukup menarik ketika Superman difitnah, dan hanya Batman yg mau membantunya. Gue bahkan mnangkap sdikit bromance antara mereka brdua. Tapi slebihnya? Isinya hanya brantem mlulu dan pamer otot doanks. Ga ada prkembangan karakter, malahan banyak cameo dari brbagai macam karakter dari serial Batman dan serial Superman tapi mereka pun ga nambahin plot, hanya utk action aja. Dialog2 juga standar bgt. Sayang bgt, padahal akting2nya sbenernya bagus2 trutama dari Clancy Brown, Tim Daly, dan Kevin Conroy yg uda pasti menjiwai peran2 mereka dari dulu.

Eksekusinya kurang jelas dsini. Ada bbrapa adegan yg ga dperlihatkan, tapi hanya djelasin mlalui dialog numpang lewat. Contohnya Superman dan Batman sedang brkelahi dg Hawkman (Michael Gough) dan Captain Marvel (Corey Burton). Tanpa pnjelasan apa2, tba2 motong ke adegan laen dan prkelahian tsb uda kelar! Ga djelasin knaps mereka bsa menang, kcuali pnjelasan dari Superman bahwa Power Girl tlah membantu mereka. WTF? Diliatin donks! Jgn ngoms doanks. Kmudian ada adegan yg miriiiiip bgt sama adegan di serial Heroes.... gue langsung ceki sapa sihh penulis crita film ini... trnyata bener kan si Jeph Loeb yg bikin serial Heroes. Pantesan aja.

Critanya trlalu standar, animasinya juga ga oke (kalo msalnya ini adalah serial tv, gue mngkin masih bsa trima), kurang prkembangan karakter dan ga ada hubungannya dg durasi. Karakter bsa dkembangkan walopun minim waktu. Trgantung penulisnya. Dan kalo ga salah ini brdasarkan komik Public Enemies, kayaknya prnah baca... trutama pas adegan Lex nyium Amanda (CCH Pounder). Huekkk... Maksudnya apa??? Ga ada tujuan sama skali. TAPI banyak yg mnyukai film ini, karena banyaknya action dan juga plot yg brjalan dg cepat. Kalo bsa gue bandingin, ini kaya film action anime. Banyak brantemnya, dan mngkin cocok buat pnggemar film action. Tapi gue juga pnggemar action, hanya aja gue lebih seneng kalo ada substansinya.

6 comments:

Ihwan Hariyanto said...

ini sejenis dengan yg kemarin ditayangin di teve mbak?

Haris Nurfadhilah said...

Kalo soal gambar, berhubung ini didasarkan pada komiknya yang digambar Ed McGuiness, ya memang begitu dia gambarnya (seperti di cover). Banyak juga kok yang gak suka gambar doi (termasuk pakranger :P), buat gue sih baik-baik aja karena namanya komik ya distorsi sana sini wajar lah :P

Film ini menurut gue kasus standar film yang berusaha menerjemahkan cerita buku yang notabene panjang, kehilangan gregetnya karena banyak yang mau gak mau mesti dipotong. Meskipun adegan tarung vs. Hawkman dan Captain Marvel di bukunya memang digambarkan seperti itu, tidak digambarkan endingnya. Hanya dialog bahwa Batman dan Superman melakukan salah satu strategi yang mereka adopsi dari strategi catur, 'castling'.

Overall, gue juga tidak merasa film ini istimewa, cuman pelengkap karena gue dah baca komiknya.

BAPAKRANGER IMMY said...

nggak istimewa... gw nonton - bahkan beli vcd & dvd ori-nya - karena emang koleksi film2 dc comics animated universe ;)

hani nhk said...

gambarnya trlalu banyak otot yg bulging2 bgitu, akhirnya malahan jadi komedi.

BAPAKRANGER IMMY said...

ha3x... iya, gw nggak suka gambarnya ed mcguinness.
tapi gw suka banget ink-nya si dexter vines :D

hani nhk said...

yg dtayangin di tv mana ya? (sorry baru reply, lupaaaa).