Monday, September 13, 2010

9/11

Gue inget waktu itu lagi dmans 10 taon yg lalu. Gue lagi brlari2 mnuju kampus gue karena takut telat pada pagi hari. Matahari cerah bgt, ga ada awan dan langit biru bgt. Udara dikit dingin, karena menjelang akhir musim panas en mnuju musim gugur. Ketika gue ngelompatin rantai pengaman utk masuk ke jalan pintas, gue lihat bbrapa orang brlari2 kluar kampus. Bbrapa ada yg menelpon sambil nangis. Bbrapa ada yg ktakutan.

Gue ga bgitu mnggubris, bahkan ga mnggubris bbrapa psawat jet tempur yg melintas rendah bgt di atas kota. Ketika sampai di kelas, gue mnghela napas lega karena ga telat. Tapi dosen gue, dan bbrapa mahasiswa dsitu brdiri dg tegang menatap layar tv yg besar di depan kelas.

LIVE CNN: TWO PLANES HIT TWIN TOWERS.

Dosen gue mnatap gue, dan bilang "Dear, you should just go home."

"What happened?" Tanya gue. Gue liat di layar besar tsb gambar menara kembar di NYC trbakar dan penuh asap. Kaya pmandangan film action Hollywood.

"Terrorist attack." Jawab dosen gue singkat.

Ga bgtu ngerti dampak besar yg telah trjadi, scara gue sering bgt nonton berita2 mngenai perang dan berita2 tragedi serta pemboman yg sering trjadi di negara gue, gue hanya komen singkat. "But that's happened in other city, right? We're safe."

Dosen gue mnatap diri gue dg pandangan kosong... dan mngkin sdikit emosi campur aduk. Ga ngerti knaps gue bsa bgitu santai brtanya hal spt itu. 'Kan itu trjadi di kota laen, knaps ribut? Kita ga kena kan?' 

Malu, gue mngangguk, trutama ngliat bbrapa mahasiswa mandang gue dg aneh. Akhirnya gue cmn bsa brguman... "My friend is there." Mereka ga mnjawab, tapi cmn ngangguk dg mata brkaca2. Mngkin mereka ngira bahwa gue ngoms tanpa mikir aja, tapi sbenernya kalut.

Akhirnya gue kluar dari kampus, brsama org2 laen. Trutama denger kabar bahwa pesawat yg nabrak gedung twin tower tsb sbenernya psawat yg mo mndarat di kota gue, tapi psawatnya dbajak dan dpaksa terbang ke New York City. Rupanya brdasarkan rekaman pmbicaraan, psawat tsb mo ditabrakan ke kota gue, tapi mereka mutusin utk nabrak ke NYC karena dekat dg gedung PBB dan pemerintahan.

Bila pesawat tsb jadi jatuh di kota gue.... Gue ga akan nulis blog saat ini.

Tapi saat itu gue tringat dg bbrapa temen2 gue yg tinggal di NYC dan juga spupu gue bserta kluarganya yg tinggal di daerah Queens. Walopun gedung twin tower ada di Manhattan, tapi tetep aja satu kota. Gue brlari kencang bgt ke apartemen gue, dan langsung masuk ke kamar. Gue langsung nyalain TV dan ngliat towernya ambruk. Gue sampe belalak. Blum smpt naro jaket dan tas, telpon uda bunyi. Rupanya orang tua gue, yg nanyain keadaan gue. Panik lahh smuanya di Jakarta. Gue bilang gue ga apa2, tenang aja, tapi sekarang keadaan menjadi Siaga 1.

Stelah dtelpon oleh bonyok, gue nelpon spupu gue brkali2 ga diangkat. Akhirnya stelah lama bgt, diangkat. Lega gue trnyata dia baek2 aja, dan kluarganya juga baek2 aja. Hanya saja skrg mereka ngumpet di rmh aja, karena keadaan di luar sangat parah. Panik, paranoid, smua nyampur jadi satu. Apalagi skrg banyak yg curiga dg Muslim. Bener2 keadaan yg sangat menyesatkan skali.

Gue nelpon lagi ke temen2 Indonesia gue. Banyak yg ga diangkat atau sibuk karena satelitnya lagi penuh skali. Skalinya bruntung gue nelpon temen gue B yg kerja di daerah Manhattan. Dia bilang kalo dia skrg lagi jalan di Brooklyn bridge, dan badannya penuh sama debu2 dari gedung yg ambruk, apalagi skrg jalanan uda kaya daerah paska nuklir. Tapi gue bsyukur bahwa temen gue slamat, dan bbrapa yg laen juga slamat.

Apartemen gue dketok, dan salah satu temen gue dari Pakistan yg tinggal di satu gedung apartemen gue masuk. Dia nangis sesunggukan. Katanya sodaranya yg kerja di Twin Tower ga ada kabarnya bahkan stelah gedungnya ambruk. Lama dia histeris di apartemen gue, walo akhirnya dia pergi utk ktmu sama kluarganya yg laen. Sluruh kluarganya orang Muslim. Gue baru denger sminggu kmudian, bahwa sodaranya uda tiada.

Bbrapa hari ke depan mrupakan hari2 yg cukup berat buat smua orang. Banyak yg mncuri2 pandang ke smua orang, beranggapan bahwa org di sebelahnya adalah teroris. Ada yg nangis di pojokan jalan2 ataw di kampus. Ada yg mandang kosong bgt. Berat banget emang buat smua kluarga korban. Rasanya kayak mimpi.

10 taun brlalu, hampir smua orang uda moved on... sampe taun ini kayaknya mulai hangat lagi. If I can choose, I would never want to start that experience again. Gue rasa banyak yg ngrasain hari itu dg lbh parah, trutama org2 yg khilangan sanak kluarganya.

No comments: