Friday, September 17, 2010

10 Favorite Heroes

Tentu saja pahlawan2 di fiksi spt film, televisi, buku, komik, dan yg laen sbagainya. Pokoknya ga beneran bgtu. Abis kadang2 kalo di fiksi, heroes itu slalu kliatan cool dan keren. Dan membela kebenaran serta keadilan. Kadang2 mereka juga bsa mnjadi seorang anti hero, alias pahlawan yg ga maw jadi pahlawan.

1. Optimus Prime (Tranformers: Generation 1)


Bukan yg dari filmnya Michael Bay, tapi dari Generation One. Astaga, dulu gue muja banget pahlawan yg satu ini. Suaranya yg berat dan berwibawa, tegas dlm mmberikan perintah, lembut dlm mnangani kawan2nya, penuh ampun thd musuh2nya trutama kpd Megatron, musuh bebuyutannya. Waktu gue nonton film animasinya dan dia tewas, gue nangis brhari2 karena tewasnya mnyedihkan banget. Gara2 si Rodimus Prime kampret itu ga bsa jaga diri. Trpaksa dehh Matrixnya dkasi ke Rodimus, bukannya ke Ultra Magnus.


2. Harry Potter (Harry Potter series)


Spt halnya pahlawan laennya di fiksi, biasanya mereka adalah anak yatim piatu yg memegang takdir utk membela kebenaran dan keadilan dan dbantu oleh teman2nya. Satu hal yg gue suka dari dia adalah btapa loyalnya cowo satu ini. Dia ga trlalu jago sihir (Hermione yg paling jago), tapi soal setia jgn tanya.

3. Batman (Batman / Justice League)


So dia adalah seorang anti hero, tapi tetap aja dia adalah pahlawan. Dia bukanlah seorang yg mempunyai kekuatan super, tapi seorang manusia biasa yg punya masa lalu kelam. Tapi super jenius bgt hingga bsa menandingi setiap superheroes. Kesannya org yg dingin dan kejam, tapi hal itu dlakukan karena dia ingin membasmi kjahatan.

4. Pak Janggut (Douwe Dabbert)


Masih inget sama Pak Janggut? Uda tua dan kerdil pula, tapi penuh smangat dan pantang mnyerah. Dtemani oleh buntelan ajaibnya yg bsa memberikan barang apa yg dperlukan, ia mlawan musuh2nya. Pintar dan mngandalkan otaknya, Pak Janggut yg kturunan pnyihir ga prnah mngandalkan sihir, tapi mngandalkan kemampuannya dlm brtahan hidup.

5. Wonder Woman (Wonder Woman / Justice League / Superman)


Ahh, cewe pujaan abis. Kuat, pintar, anggun, dan ga bsa diam ngliat kjahatan. Ga terkekang dg norma2 yg brlaku bahwa hanya pria yg bsa menyelamatkan dunia. You go, girl.

6. Aragorn (Lord of The Rings trilogy / The Hobbit)


Wah, seorang pahlawan kadang ga perlu banyak ngomong. Yg penting dliat dari tindakannya. Cowo ini kalo ngoms sopan dlm brtutur kata serta penuh wibawa. Ga memperdulikan tahta, hanya mikirin kawan2nya. Dia hanya mo jadi raja kalo memang itu dperlukan.

7. Prince Phillip (Sleeping Beauty)


Ini cowo yg brtarung demi cewe yg dcintainya serta membebaskan rakyat dari kutukan sang peri jahat Maleficent. Jatuh cintrong pd pandangan prtama ke cewe yg baru dkenal, ga pduli kalo dia seorang gadis petani (pdhl si putri Aurora), dikurung, dbebaskan dg bantuan para peri2 baik, brtarung nglawan naga, dan akhirnya dapetin si putri. Klise emang, tapi gue suka banget sama si cowo ini ga mikirin apa yg bakal trjadi. Yg pnting DO IT.

8. The Doctor (Doctor Who)


Pasti bosen liat dia slalu muncul di daftar gue. Tapi emang slaen dia adalah karakter favorit gue, dia emang pahlawan yg slalu brulang kali mnyelamatkan dunia. Ketika alam semesta diledakkan, dia rela mngorbankan dirinya dg mnggunakan mesin waktunya shingga ia meledak di dalamnya. Dia bahkan rela berkorban utk tdk dlahirkan asalkan temannya bsa hidup dengan damai. Tapi Sang Doctor ga akan hilang bgitu saja, karena he is the true hero.

9. Tintin (The Adventures of Tintin)


Rambutnya yg khas dan celananya yg ngatung adalah tanda2 bahwa ia seorang petualang sejati. Dtemani oleh anjing putihnya, Snowy, dan kadang2 oleh Kapten Haddock, ia slalu mngalami brbagai petualangan dan juga membela kebenaran dan keadilan. Bahkan ia pergi ke bulan dan mnjadi manusia prtama yg mnginjakkan kaki di bulan (scara fiksi ) Biarpun Tintin adalah produk jaman dulu yg mngkin sdikit rasis, gue rasa itu bukan salah karakternya.

10. Oshin (おしん)


Hidup Oshin yg keras, kadang2 bikin gue malu ngadepin idup gue sndiri. Dia dari kecil uda bekerja dg keras skali sampe trharu bgt bahwa sampe pada saat terakhir pun dia ga prnah nyerah sama skali. Dia emang ga nyelamatin dunia, tapi bagi gue dia adalah pahlawan oke.

19 comments:

Marshall Bruce Mathers IV said...

cuman ada 2 cewe....
kok jarang ya cewe dijadiin karakter hero...

Shirou Inui said...

sedikit koreksi mbak
anti hero itu bukan hero juga bukan villain

menolong tapi membunuh / menyiksa
membunuh tapi bukan villain
batman masi hero karna dia ga perna sori ga mau ngebunuh
buat dia kalo dia ngebunuh itu sama saja dia menjadi orang yg selama ini dia buru

contoh antihero itu punisher. batman itu extremis hero ato gw lebi suka menyebutnya chaotic
sori kalo agak menggurui

hani nhk said...

enggak, no probs. gue lbh condong anti hero ke hero, spt john mclane. pokoknya hero yg brkelakuan non hero. batman dperdebatkan antara anti hero dg hero, karena dia di bbrapa komik bsa mnyiksa. YMMV. tapi loe ada benernya, dia emang ga akan mmbunuh.

hani nhk said...

sayangnya ga masuk 10 besar aja, walopun gue punya banyak heroine.

andy wirawan said...

kapan2 gw mau bikin ginian juga ah... tapi... *lama mikirnya*

fiberia galleria said...

Bagus deh, bikin ah.
Optimus Prime? Nggak nyangka...

fickle boon said...

Prince Phillip itu nampaknya satu-satunya Pangeran yang oke yah :D

hani nhk said...

ah, dari kmaren bilang mo bikin terus. ayooo!

hani nhk said...

he was brave and wise :)

hani nhk said...

ganteng pula ;)

Shirou Inui said...

eRTe

hani nhk said...

hah? apa itu?

Shirou Inui said...

laik thisnya twitter

hani nhk said...

hooo, nge retweet. lol. kalo mp apa ya? multiplying :p

Bimo Pribadi said...

oshin.. pilihan yang bagus.
RA Kartin ga masuk mba? hihi

hani nhk said...

astaga, gue baru inget kalo oshin itu bukan tokoh fiktif ya? dia kan true story... hmm... oke, mngkin gue karena suka sama serialnya. tapi kalo RA Kartini ada filmnya kan? ya, brarti dia ga masuk 10 besar aja karena awalnya ga kepikiran utk masukin tokoh asli. lupa lupa. kalo inget, mngkin dia masuk.

Bimo Pribadi said...

RA Kartini sama Tjut Njak Dhien tuh mba.. (bener ga sih penulisannya)

hani nhk said...

gue sbenernya hanya masukin khusus tokoh fiktif aja, jadi kartini sharusnya ga masuk. gue salah masukin si oshin, hanya karena gue inget serialnya.

hani nhk said...

proof that batman is part of anti hero http://www.avclub.com/articles/beloved-yet-morally-troublesome-antiheroes,46669/