Tuesday, October 05, 2010

Being Human (BBC TV Series)

Rating:★★★★
Category:Other
Anjriiit, keren abis. Tiap episode bikin nagih en kepengen lagi. Gue pikir awalnya ini serial supernatural bakalan cheesy abis, tapi trnyata brkualitas bgt. Ga rugi bgt gue nonton ini. Sayang gue denger bakalan dbikin versi Amerika. Gue paling benci kalo serial bagus trus drusak2 sama remake.

Annie (Lenora Crichlow) adalah seorang cewe yg tewas karena jatuh dari tangga apartemennya. Kini ia mnjadi hantu yg mnghantui bekas apartemennya. George (Russel Tovey) adalah seorang cowo pemalu yg kalo pd saat bulan purnama brubah mnjadi serigala jadi2an atau werewolf, dan Mitchell (Aidan Turner) adalah seorang cowo pndiam yg juga seorang vampir. Kedua cowo tsb mnempati bekas apartemen milik Annie, dan ketiganya lalu mnjalin prsahabatan. Mereka harus bsa saling beradaptasi dg lingkungan, situasi dan kondisi mereka, dan juga drama yg trjadi dlm khidupan unik mereka. Mereka harus hidup 'mnjadi manusia'.

Pada awalnya gue sangsi apa bisa seorang vampir, werewolf, dan hantu bsa saling tinggal di satu rumah dan mngalami crita2 drama? Gue pikir kaya komedi murahan gtu. Tau2nya gue nemuin banyak makna dan juga crita yg sangat dalam dan brkualitas. Hal2 klise mngenai para makhluk supernatural ini juga ga trlalu dgembor2in, malahan lbh condong ke hal natural spt prsahabatan dan hubungan antara kekasih serta dg kluarga dan tmn2. Banyak diskusi mngenai apa sihh maksudnya 'menjadi manusia'? Hidup normal spt org2 banyak? Lahir, hidup, dan kmudian meninggal? Sptnya ga sgampang itu. Manusia normal sndiri uda hidup susah dlm mnghadapi shari2nya, bayangkan mereka yg abnormal ingin hidup normal.



Annie, hantu yg baik ini ga bsa dlihat oleh org2 kcuali mereka yg punya darah supernatural spt werewolf dan vampir. Tapi kadang2 pun trgantung suasana hatinya, Annie bsa muncul dan trlihat oleh manusia biasa. Annie trmasuk cewe yg ramah tapi sayangnya kadang2 suka sulit mngungkapkan prasaannya dan slalu mrasa diabaikan. Dan ketika ia tewas, ia juga mrasa diabaikan lagi sampai akhirnya ia brtmu George dan Mitchell. George adalah cowo pemalu yg kalo mnjadi werewolf bsa mnjadi sangat ganas dan lupa akan jati dirinya. Ia slalu pergi ke hutan utk brubah tiap bulan purnama supaya tdk mnyakiti org laen. Terus terang, perubahan dirinya mnjadi werewolf mrupakan saat yg mngerikan dan mnjijikan bagi gue. Kaya nonton film "American Werewolf in London". Bener2 ngeri. Juga mrupakan metafora bagi manusia yg dari luarnya kliatan baik, tapi bsa spt monster. Mitchell adalah vampir yg GANTENG bgt (busettt gue sampe ga konsen). Vampir yg tdk brpngaruh thd sinar matahari (tapi ga sparkle/brkilau2 -- TAKE THAT TWILIGHT!!!) shingga mereka bsa hidup normal. Mitchell sndiri tdk mau membunuh org, shingga kadang2 ia mrasa spt junkie yg brhenti ngobat.

Tapi diantara monster2 tsb... justru manusia lahh yg mnakutkan dsini bagi gue. Sikap mereka yg acuh tak acuh, paranoid, dan cetek pikiran justru lbh mngerikan di dlm konsep. Jadi mana yg monster dan mana yg manusia?

Menarik bgt ngliat khidupan mereka, dan bagaimana mereka brusaha hidup spt manusia normal pd umumnya. Tapi di lain pihak, mereka juga harus bsa mnghadapi banyaknya pristiwa2 supernatural spt para klompok vampir yg hendak mnguasai dunia dan memakan manusia. Yg gue suka dari serial ini adalah critanya sama skali ga bsa dtebak, banyak sex dan darah, action, dramatis, dialog2 yg smart dan kadang2 malahan lucu berat shingga komedi dan dramanya balance bgt. Belum lagi soundtrack musik2nya keren bgt. Tapi yg ngarepin crita ringan ala Twilight, Buffy, atau Supernatural... mndingan hindarin aja. Serial ini cukup berat dg tema2 kmanusiaan dan prsahabatan yg kompleks. Tapi gue rekomen bgt!

15 comments:

Marshall Bruce Mathers IV said...

lagu2nya keren2 :p

fiberia galleria said...

dibuat versi amerika? memang aslinya bikinan mana? eh sori lupa baca titelnya haha...

Ibu Ranger Harley said...

ada dvd nakajabnya ga ya?

fickle boon said...

SUKAAAAAAAA!!!!
dan iyah Mitchell guanteng banget!

ancha anwar said...

hmm, kedengarannya menarik.
semoga sdh ada dvd nya.

fickle boon said...

udah ada kok cha dipidinya :) udah season 2 pula

Dani Freaks said...

apa lebih ke Ghost Whisperer, Mbak?
supranatural tapi berbau drama?

ini udah berapa season?

hani nhk said...

keren abees... brit chart kbanyakan.

hani nhk said...

iya, taun depan bakalan ada versi amerika. mnyebalkan.

hani nhk said...

ada kali? gue donlot segh...

hani nhk said...

embeeeerrrr... ga kmanyu2 gitu, en cool gitu kliatannya.

hani nhk said...

coba ceki2 aja, sapa taw ada.

hani nhk said...

enggak bangett dehh ke ghost whisperer... itu mahh cheesy. hehe. supernatural dramedy. kalo gue bilang agak berat, en full sex sama darah. jadi dewasa bgt. mngkin drama berat. tapi ada dark komedinya. mngkin kaya True Blood lahh. tapi enggak juga.

isaac mister said...

gw nonton ngga banyak, secara di BBC America.
maybe i should watch more.

hani nhk said...

Being Human bsa dtonton di AXN Beyond, check your local listing.