Sunday, June 06, 2010

Tony Awards 2010 Nominations

(Hore, banyak aktor Glee yg ikutan!) Ga banyak yg taw mengenai pnghargaan bergengsi yg satu ini, scara memang pnghargaan ini khusus utk pertunjukan teater/musikal di Broadway, New York. Walopun tdk khusus utk Amerika saja, tapi Broadway kebanyakan memang prtunjukan teater/musikal. Biasanya para aktor2 film ataw televisi yg jago nyanyi/drama smuanya brasal dari Broadway atau mo brgabung ke Broadway sndiri. Contohnya para aktor2 di "Glee" kbanyakan brasal dari Broadway, Hugh Jackman, atau aktor2 Hollywood macam Glen Close, John Barrowman, yg brgabung ke Broadway, atau suatu lagu djadiin Broadway.

Contoh film2 yg brasal dari Broadway misalnya, "Grease", "Chicago", Dreamgirls", "Cabaret", dll... dan film2 Hollywood yg djadiin Broadway musikal msalnya "The Lion King", "Sunset Boulevard", dll...

 


   
Nominasi taun ini adalah:

Best Play


Best Musical


Best Book of a Musical


Best Original Score (Music and/or Lyrics) Written for the Theatre


Best Revival of a Play


Best Revival of a Musical


Best Performance by a Leading Actor in a Play


Best Performance by a Leading Actress in a Play


Best Performance by a Leading Actor in a Musical


Best Performance by a Leading Actress in a Musical


Best Performance by a Featured Actor in a Play


Best Performance by a Featured Actress in a Play


Best Performance by a Featured Actor in a Musical


Best Performance by a Featured Actress in a Musical


Best Direction of a Play


Best Direction of a Musical


Best Choreography

  • Rob Ashford for Promises, Promises
  • Bill T. Jones for Fela!
  • Lynne Page for La Cage aux Folles
  • Twyla Tharp for Come Fly Away


Best Orchestrations

  • Jason Carr for La Cage aux Folles
  • Aaron Johnson for Fela!
  • Jonathan Tunick for Promises, Promises
  • Daryl Waters and David Bryan for Memphis

Gue ga akan nulis smua nominasi, yg pnting2 aja. Yg pasti, nominasi utk Tony Awards cukup banyak. Ajang bergengsi ini akan diadakan di Radio City Hall di New York, dan di host oleh Sean Hayes (Will & Grace) pd tgl 13 Juni 2010.

Bintang2 Hollywood juga bakalan banyak yg mramaikan acara ini:

Acara ini akan disiarkan langsung via channel CBS. Ga taw apa nyampe ke Asia, kmngkinan bsar gue hrs ntn lewat internet... hiks. Pdhl pgn liat cast Glee nyanyi. Yg gue highlights merah, adalah yg gue jagoin. Ga smua play atau musikalnya uda gue tonton, tapi biasanya gue ntn highlights aja. Dan gue emang ngejagoin yg gue taw aja sayangnya. Tapi sapapun yg menang, gue seneng acara ini krn ada acaranya mngandung musikal bgt, dan para bintang2nya nyanyi di panggung.

5 comments:

Marshall Bruce Mathers IV said...

sering denger in penghargaan tapi ya ga pernah ngikutin hehe

hani nhk said...

ya, emang ga skterkenal oscar, emmy, ataw grammy. oscar utk film, emmy utk tv, grammy utk musik. tony utk teater dan musikal. biasanya film2 yg cukup sukses di bioskop bsa djadiin broadway, ataw sbaliknya.

gue dnger bakalan ada spider-man musical.

hani nhk said...

you're so lucky ya, bsa ntn broadway. dkt daerah loe sih...

isaac mister said...

i'm a new yorker, lol.
kewajiban gw untuk nonton broadway.

hani nhk said...

i guess so.... pengen ntn wicked deehh...