Tuesday, June 08, 2010

Castle

Rating:★★★★
Category:Other
Bsa dbilang alasan utama gue nonton serial ini adalah Nathan Fillion, salah satu aktor favorit gue. Gue ga bsa bayangin kalo tokoh utama serial ini dperankan oleh orang laen.

Richard Castle (Nathan Fillion) adalah seorang novelis misteri trkenal yg tinggal brsama dg anaknya, Alexis (Molly Quinn) dan ibunya, Martha (Susan Sullivan). Ketika sbuah pmbunuhan yg mniru plot dari novel2nya trjadi, Detektif Kate Beckett (Stana Katic) lalu mnghubungi Castle utk menolong para polisi mnuntaskan kasus tsb. Castle lalu memutuskan utk menulis novel mngenai detektif wanita brnama Nikki Heat yg brdasarkan Kate Beckett. Dg akal bulusnya, Castle brhasil mndapatkan ijin utk mngikuti cara kerja polisi dan bekerja sama dg para detektif polisi utk mnyelesaikan kasus2.



Gue sbenernya uda bosen sama serial polisi prosedural; Walopun gue suka sama yg namanya Law & Order series, CSI, dan serial2 polisi laennya, tapi lama klamaan ntn prosedural dmans ada kasus, polisi mngusut, dan kasus selesai, ya cape juga. Untung serial ini walopun ada proseduralnya, ga trlalu trpaku sama hal2 garing spt itu. Serial ini lebih condong ke karakterisasi dan hubungan antar karakter2nya serta ada open-close arc plot atau plot yg tdk trselesaikan oleh karakter utama.

Spt halnya serial "Monk", serial Castle juga trmasuk dramedy alias drama komedi. Kalo lagi lucu, lucuuu bgt gue sampe ngakak. Apalagi para karakter2nya punya chemistry satu sama laen. Kadang2 emang ga prcaya sih kok bsa polisi cantik bgt atau penulis bsa sehebat polisi. Tapi gue ga trlalu musingin hal tsb, karena itu ga pnting -- yg pnting adalah karakterisasinya. Sbenernya plot ttg pmbunuhannya standar bgt, tapi yg gue suka dari serial ini adalah hubungan antara para karakter2nya.

Castle dan Beckett punya dinamika romantis/benci ala "Moonlighting" atau "Cheers", dmans karakter2nya punya sifat2 yg berbeda. Castle sdikit cunihin dan kekanakan, sedangkan Beckett orgnya kaku dan tegas. Tapi mereka brdua uda pasti suka satu sama lain. Menarik aja liat hal romantika klise ini. Nathan Fillion sangat lah charming brmain sbg Castle di serial ini. Dan selain itu, juga trdpt karakter2 yg melengkapi hidup mereka brdua, spt Detektif Kevin Ryan (Seamus Dever), Detektif Javier Esposito (John Huertas), Kapten Roy Montgomery (Ruben Hudson), dan Dr. Lanie Parish (Tamala Jones) di kantor polisi -- lalu Martha dan Alexis di rmhnya Castle.

Awalnya tokoh2 pelengkap itu ga trlalu banyak nyita prhatian. Tapi layaknya cerita berkarakterisasi, lama2 mereka mulai mnjadi bagian dari cerita. Gue DEMEN bgt ngliat Detektif Esposito dan Detektif Ryan saling mengejek dan ngerjain Castle serta Beckett, atau Alexis -- anak remaja yg DEWASA bgt dan mandiri. Satu hal juga adalah rahasia trpendam Beckett dmana ada plot ttg kematian ibunya yg misterius, dan Beckett brusaha mngusut kasus tsb. Spt halnya "Monk" yg mncari pmbunuh istrinya, hal itu mnjadi plot penggerak karakter -- walopun serial ini emang lbh berkecimpung di bidang "kasus per minggu" yg klise. Tapi kadang2 gue demen ama yg namanya klise asalkan dsertai karakterisasi yg ga ngebosenin dan dialog2 yg pintar.

Serial ini lucu dan kadang dramatis, hanya berat di dialog tapi ringan di plot. Bagi yg ga trlalu demen sama prosedural dan juga banyak ngomong, mndingan hindarin aja. Tapi yg demen serial yg lbh ngutamakan jalan karakter, silakan aja.

17 comments:

Marshall Bruce Mathers IV said...

udah berapa season ni mbak?
bagusan mana dibanding mentalist?hehe

hani nhk said...

i don't like mentalist, copycat dari PSYCH. psych duluan yg ngenalin premise fake psychic. dan serial ini ga bsa dbandingin sama mentalist, kan premisenya beda....

serial ini baru 2 season, mau ke season 3.

Mira Diend Ony Wardhany said...

Aku suka ...ngintip, temenku nonton sambil kerja ^^

isaac mister said...

what do you mean "plotnya ringan"?
the serial killer plot was so heavy and awesome!
TEGANG banget!
i really like this show, despite the actors are CANADIANS and not americans.
kadang2x suka ada double plotnya yang bikin show ini keren.

DiBot ! said...

season 2 baru mulai nih di starworld

hani nhk said...

iya sih... emang trgantung sama episode dan pnulisnya. tapi scara ksluruhan, shownya emang ada high conceptnya.

pipi .. said...

aku kok nggak tertarik yah, hehee.. malah sekarang lagi gandrung sama White Collar, Modern Family, sama Parenthood.. hehehe

hani nhk said...

mngkin lu lebih demen sama yg ringan2 aja :) modern family, parenthood... premisenya beda lho sama show ini.

isaac mister said...

dan loe pasti demen yang cinta segitiganya yach?
hehe2x...

hani nhk said...

sumpah, cowo saingannya si Castle GUAAAANNNTTTTEEEENGGGG buangettt!

pipi .. said...

iiiih ... ganteng mana sama Matthew Bomer -nya White Collar.. bahkan Colin Farrel lewat daaaah, hahaha..
**duh klo udah bahas cowok ganteng, keliatan kampungan nya.. :p

hani nhk said...

hmm... agak susah nentuin... matt bomer emang super ganteng tapi agak pendek, dan gay (tapi gue cimaaaat sama matt bomer walo dia gay) dan dia juga tokoh utama. sedangkan cowo yg gue maksud di serial ini, adalah bintang tamu dan namanya sndiri gue juga ga inget.... tapi dia tinggi bgt. so emang kalo dliat dari segi kgantengan, matt bomer so pasti menang. tapi kalo dliat dari segi konteks, gue agak2 milih si bintang tamu ini yg brada di tengah2 plot cinta segitiga antara castle dan beckett.

kalo loe mo liat review gue ttg White Collar ada dsini: http://hanitje.multiply.com/reviews/item/142

isaac mister said...

han, loe uda baca novel HEAT WAVE & NAKED HEAT yg ditulis sama "Richard Castle"?
jadi shownya juga bikin novel berdasarkan film seri ini yang ditulis sama karakternya.
bagus banget koq.

hani nhk said...

ohyaaaa??? blon tuhh... wahhh msti nyari dehh gue. jadi si castle emang nulis novelnya? mnceritakan ttg nikki heat? wedewww harus baca en bikin reviewnya.

isaac mister said...

dijual di amazon koq...

hani nhk said...

utk review buku novel Richard Castle's Heat Wave klik http://hanitje.multiply.com/reviews/item/179

Winna Efendi said...

nggak tertarik bukunya tapi demen serinya :D