Tuesday, June 15, 2010

Heat Wave

Rating:★★★
Category:Books
Genre: Mystery & Thrillers
Author:Richard Castle
Ga ada yg tau sapa yg nulis novel ini, walopun sbenernya ini adalah buku fiksi dari film seri "Castle". Yg prnah ntn serial "Castle" pasti ngerti kalo serial itu mnceritakan ttg seorang novelis brnama Richard Castle (Nathan Fillion) mngikuti cara kerja polisi trutama seorang detektif brnama Kate Beckett (Stana Katic), dan ia ceritanya hendak mmbuat sebuah novel detektif dg tokoh utama cewenya brnama Nikki Heat. Jadi buku ini mrupakan crita fiksi di dlm serial tsb.

Nikki Heat adalah seorang detektif polisi perempuan di New York yg sedang menyelidiki kasus pembunuhan seorang milyuner yg dilempar dari atas gedung apartemen. Selama penyelidikan, ia selalu dbantu oleh seorang reporter dan penulis terkenal bernama Jameson Rook. Penyelidikan mereka membawa Nikki dan timnya serta Rook ke liku2 misteri pencurian barang antik dan juga pengkhianatan. Nikki juga harus bisa menahan rasa ketertarikannya trhadap Rook yg juga mnyukainya, utk bisa lebih profesional.

Konsepnya cukup menarik bgt; seorang tokoh fiksi menulis cerita fiksi dan ceritanya tsb malah djadiin buku beneran! Pada dasarnya cerita ini punya hubungan dg serial "Castle". Spt yg telah dbilang, Richard Castle menulis seorang tokoh detektif wanita brnama Nikki Heat. Tapi para produser serial tv ini dg jenius malahan bikin buku beneran, shingga para fans serial ini bsa membaca bukunya juga. Hebat bgt. Ga ada yg taw sapa yg nulis buku ini, bahkan para produser serial "Castle" cmn bilang kalo Richard Castle yg nulis.




Nah, lepas dari itu smua... kalo dliat dari segi cerita, sbenernya critanya sangat standar banget. Trlalu prosedural bgt walopun dbumbui oleh sex dan kalimat2 kotor, ga kaya di serialnya sndiri yg cukup sopan. Tapi yg ntn serial "Castle" kalo baca buku ini pasti nmuin hal2 yg sama spt dialog2 dari serial tsb. Gue ngerti knaps ceritanya sangat standar banget, apalagi jalan ceritanya yg gampang banget ketebak -- mngkin karena gue uda ntn serialnya -- walopun ceritanya beda bgt dg serialnya. Endingnya juga ketebak bgt. Pokoknya standar, walopun gue msti ngakuin kalo buku ini cukup fun utk dbaca. Tapi gue agak ngarepin suatu hal yg sdikit brkaliber, apalagi kalo mngingat bahwa buku ini uda jadi Best Seller.

Mngkin buku brikutnya akan lebih bagus, karena terus terang di serialnya sndiri pd season 2, karakter2 Richard Castle dan Kate Beckett mnjadi lebih berkembang... so gue lbh brharap di soal itu.

Yg lucu adalah pas baca di ucapan terima kasihnya, Richard Castle nulis nama2 aktor serial "Castle" dan penulis2nya, serta nama2 fiksi serial tsb juga. Trus ada satu karakter brnama Horace Simpson, seorang hakim yg didasarkan oleh hakim di serial "Castle", dperankan oleh Dan Castellaneta, yg mnyuarakan Homer Simpson. Apalagi, Nathan Fillion sang pemeran Richard Castle datang ke pameran buku, dg mnjadi karakternya dan menandatangani bukunya sbg tokoh karakternya!

Gila, realita dan fantasi bsa campur aduk gitu. Hehehe, hebat bgt. Mnurut gue, premisenya uda cukup bagus -- tnggal eksekusinya yg msti dibenerin dehh.

Rekomen buat pnggemar serial TV "Castle" atau pnggemar cerita novel detektif yg ga trlalu berat.

3 comments:

hani nhk said...

utk review serial "Castle", klik http://hanitje.multiply.com/reviews/item/173

DiBot ! said...

dah beres lu baca? edan...cepet banget...

hani nhk said...

cmn 20 chapters aja kok, ga trlalu banyak. tenkyu yaaa uda dkasi donlotan bukunya! ^_^ skrg tnggal nunggu buku sequelnya, The Naked Heat. ntar mnta tolong cariin lagi, hueheheee... msh lama kok, fall season palingan.