Monday, August 09, 2010

Sherlock (BBC Mini Series)

Rating:★★★★★
Category:Other
Jenius. Brilliant. JENIUS JENIUS JENIUS. Itu komen gue stelah ntn mini seri "Sherlock". Yg pasti lebih oke daripada filmnya si Robert Downey Jr. Gue trnganga mlulu ntn mini seri ini. Sayangnya, knaps cmn ada 3 episode!?!

John Watson (Martin Freeman) adalah bekas dokter tentara yg cedera, kini ia mncari apartemen murah di London. Smntara itu trjadi kasus2 bunuh diri yg membingungkan warga karena semuanya bunuh diri dg cara yg sama. Sherlock Holmes (Benedict Cumberbatch) adalah seorang konsultan detektif utk polisi, dan ia disewa utk memecahkan kasusnya. Kehidupan kedua pria ini saling brtmu, dan mereka menemukan bahwa sbenarnya ada yg lebih besar dan misterius daripada sekedar kasus bunuh diri.

"Sherlock" adalah mini seri detektif yg mnurut gue brilian bgt. Gue sampe geleng2, komen jenius stelah ntn serial ini. Spt halnya mini seri di Inggris, biasanya episode2nya hanya trdiri dari 3 episode atau kurang dari 6 episode. Hal yg lumrah, tapi bikin gue pgn tereak. Karena terus terang aja gue KETAGIHAN ntn mini seri ini setelah ntn 1 episode. BUSET sumpah bgt gue bener2 trkagum2 sama jalan cerita dan akting para aktornya. Kadang seru, kadang serem, kadang negangin, kadang dramatis, dll. Pokoknya gila. Cinematografinya juga amazing bgt. Beda dari serial2 di TV pokoknya. Dialog2nya juga smart bgt, dan yg jelas sangat nguras otak dan sangat tdk bsa ditebak! Scara ini khas critanya Sir Arthur Conan Doyle, raja novel detektif. Gue ntn episode2nya cmn bsa gregetan karena kpgn tau en kpgn ntn lebih banyak lagi episode2nya!

Dari segi karakterisasi, gue bener2 salut dg modernisasinya crita Sherlock Holmes. Biasanya gue paling benci kalo suatu hal dirubah2 ga jelas. Tapi trnyata karena kepiawaian sang maestro penulis2nya yaitu Steven Moffat dan Mark Gatiss, yg brtanggung jawab atas serial DOCTOR WHO, gue bener2 angkat topi bgt dehh. Sherlock dsini ga spt yg di film2 ataw yg di serial2 lama; seorang Inggris kaku ataw malahan komedik. Film Sherlock Holmes yg dbntangi Robert Downey Jr ga ada apa2nya. Ia lebih memerankan karakter Sherlock sbg komedik, dan itu agak2 nyebelin. Sedangkan di mini seri ini, karakter Sherlock dperankan oleh Benedict Cumberbatch (namanya sedap bgt), dan ia memerankannya dg super jenius dan sdikit psikopat.



Karakter Sherlock (dpanggilnya Sherlock, bukannya Holmes malahan) adalah seorang pria yg sangat egois, pintar, kadang mnyebalkan, lumayan guanteng, dan sociopath. Cukup mngerikan ngliat ada manusia yg ga trlalu peduli sama sklilingnya, kecuali kalo itu brkaitan dg sbuah kasus. Sherlock dsini dgambarkan sbg org yg ga punya simpati thd sesama, dan sama skali tdk pduli dg prasaan org lain. Ia memanipulasi org2 sekelilingnya utk mndapatkan apa yg ia mau. Ia juga org yg cepat bosan dlm khidupan shari2, dan hanya mau berurusan dg pkerjaan. Kadang2 ia bsa juga menunjukkan gejala2 loyalitas dan kebaikan, walo hanya sekelebat saja. Bahkan para polisi membencinya, dan mngatakan bahwa suatu hari Sherlock yg sociopath bsa saja membunuh demi menghalau rasa bosannya. Sungguh menarik bgt sisi gelap Sherlock Holmes ini. Karakternya sama skali ga bsa dtebak.

Karena hanya ada 3 episode, gue mo nulis review tiap2 episodenya. Jgn kuatir, ga akan ada spoilers:



Episode 1 "Study in Pink" = Awal prkenalan Sherlock Holmes dg John Watson, dan bagaimana mereka memecahkan kasus bunuh diri berantai yg misterius. Gue ntn ini langsung NAGIH bgt. Smuanya djabarkan dg sedetil2nya, dan smuanya dmainkan dg gemilang. 10/10

Episode 2 "The Blind Banker" = Terus terang aja, kasus kedua in justru sangatlah lemah karena tdk dtulis oleh Steven Moffat, tapi oleh org laen. Kasusnya gampang dtebak bgt, penuh dg plot yg bolong2, karakterisasi yg ga sesuai, banyaknya stereotype dan rasisme. Keciwir bgt ntn episode ini karena gue ngarepin suatu episode yg brilian. Malahan lbh mntingin action aja daripada jalan crita. 5/10

Episode 3 "The Great Game" = Ga bsa dtebak bgt. Gue ntnnya tegaaang bgt, sampe tangan gue keringetan. Kasus demi kasus dselesaikan oleh Sherlock tapi dg harga yg sangat mahal. Karena ini episode terakhir, gue sampe tereak, "TIDAAAAAAAAAAAAAAAKKK!!!" mndapatkan ending cliffhanger yg sangat tdk trduga.

Singkatnya, ini bukan mini seri utk smua org. Scara Sherlock kalo ngoms cepat bgt dlm mnjabarkan segala jawaban dari stiap masalah, maka bagi org yg kurang fasih telinganya dlm bhs Inggris dan aksennya, pasti bakalan kbingungan. Apalagi serial ini lbh fokus ke dramanya, walopun actionnya banyak juga sihh. So yg ngarepin serial macam Monk ataw CSI, mndingan ga usa. Tapi bagi pnggemar Sir Arthur Conan Doyle dan juga Sherlock Holmes, maka gue sangat rekomen mini seri ini.

15 comments:

marie olive said...

arrrghhh.. mau nontooon!

hani nhk said...

oh yeah, msti nonton. gue lagi jatoh cintrong sama si pemaen sherlocknya. alamak....

marie olive said...

ahhh.. siapa namanya? *berbinar2*

hani nhk said...

erm... uda gue tulis di review.

Marshall Bruce Mathers IV said...

mbak mbak...copy dong!!

hehe

hani nhk said...

don't worry, dvdnya pasti bntar lagi kluar :) cmn 3 episode doanks kok.

yohanes kurniawan said...

langsung download ahhhh

hani nhk said...

jgn salah judul ya, bukan "Sherlock Holmes" tapi "Sherlock" aja ataw "BBC Sherlock".

DiBot ! said...

sudah officially addicted

DiBot ! said...

keren mampus nih serial!!!

hani nhk said...

huahahaha!yesssss!!!emang keren mampus!

hani nhk said...

huahahaha!yesssss!!!emang keren mampus!

hani nhk said...

dvd plus unaired pilot bakal released bulan oktober.so kl ada yg taw gw bsa beli dmn... plz leminaw.

DiBot ! said...

unaired episodenya lagi nunggu ada yg ngeshare nih

hani nhk said...

kl bsa...yg ada commentary nya.