Thursday, August 05, 2010

Pertanyaan Ttg Film (Wedding Registry)


Gue lagi mikir bikin blog mngenai ini, karena swaktu ntn film (trutama film Hollywood/Barat) banyak yg suka nanya ke gue knapa bgini knapa bgitu. Prtanyaannya sbenernya bukan mngenai film per se, tapi lebih condong ke kultur/budaya di dlm film tsb. Karena budaya Timur uda jelas beda sama budaya Barat, kadang2 kalo kita ntn film2 Hollywood, joke2nya suka ga nangkep.

So... mudah2an kalo ada yg nanya soal film silakan PM gue, gue jawab dg sbsa mngkin di blog baru. Kalo ga bsa jawab, gue akan bilang ga taw. Silakan juga kalo ada yg bsa jawab di bagian komen2.

Pertanyaan: 

Sodara spupu gue, Arvie sblon nikah waktu itu nonton film Bride Wars. Ketika di bagian belanja, yg sharusnya komedik, dia hanya diam aja -- penonton juga ga ada yg ktawa. Padahal sharusnya di bagian itu lucu bgt. Adegan tsb mnceritakan ketika si para cewe rebutan dan lari2an di toko sambil bawa alat registry scan gun alias mesin scanner register. Abis ntn film itu, gue nanya ke dia knaps diem aja. Dia jawab, kalo dia ga ngerti knaps para cewe itu brantem rebutan sendok en bawa2 scanner.

Jawaban:

Kalo kita mnghadiri prnikahan/kondangan biasanya suka ada tulisan, "Dengan tidak mengurangi rasa hormat kami, alangkah baiknya jika cinderamata yang akan diberikan tidak dalam bentuk barang." Dan biasanya kita ngasi para pengantin berupa amplop brisi uang ataw angpau. Nah, kalo di Barat (atau stidaknya di film2 Barat), justru kebalikannya. Ngasi duit malahan dbilang ga sopan (kecuali kalo di kluarga2 prnikahan Eropa), dan mereka ngarepin bakalan dapet barang2 gratis dari para tamu.

Namanya Wedding/Bridal Registry, atau Wedding List -- daftar barang2 yg msti dbeli oleh para tamu. Beda dg prtunangan/prkawinan Indonesia/Asia yg biasanya ngurusin foto2 pre wedding, maka prtunangan/prnikahan di Barat, para pengantinnya mndaftarkan barang2 yg mereka mauin di toko yg mempunyai wedding registry. Si toko akan ngasi scanner dan daftar barang2 yg bsa di daftarkan. Para pengantin lalu ngescan barang2 yg mereka mauin utk hadiah perkawinan mereka, dan daftarnya lalu masuk ke dlm file mereka. Daftar barang2 tsb akan dmasukkan beserta undangan ke para tamu, shingga para tamu harus dtg ke toko trtentu utk membeli barang tsb. Barangnya bsa brmacam2; dari alat kbutuhan rmh tangga, sampe tetek bengek yg aneh2, pokoknya trserah si para pengantin. Nanti, pas lagi resepsi, kado2 tsb biasanya di tumpuk. Jadi kalo ada yg ga ngasi kado... yahh palingan kena sindir.

Dulu budaya ngasi kado waktu prkawinan lebih populer di Indonesia, sampe brtumpuk2 blender dan rice cooker ga kpake. Akhirnya daripada mubazir dan kbuang2 kadonya, lbh baik para tamu ngasi duit aja shingga para pngantin bsa beli barang2 kbutuhan mereka.

Tapi beda budaya tentu saja, kalo di Barat kalo ngasi duit itu trlalu personal. Akhirnya mereka ngasi kado2 yg kmudian dtumpuk. Kalo msalnya ada tamu ngasi kado yg sama, biasanya stelah bbrapa hari, si pengantin bole nuker kado tsb ke toko tsb dg kado yg laen. Toh gretong ini, jadi ga ada masalah bagi si penganten.

Berikut ada iklan mngenai wedding registry, silakan diliat supaya lbh jelas :)


19 comments:

Muslim Anshori M, said...

Wohooo.... penjelasan yang menarik... dan ketika nonton bride wars, gue termasuk orang yang sama.. tidak ketawa di bagian itu... Soalnya emg ga ngerti....

hani nhk said...

ya, kalo msalnya ntar ntn film2 hollywood brtemakan wedding, prhatiin bahwa si pngantin biasanya ke toko trus ngescan barang2 macam sendok en gelas. itu daftar hadiah2 utk para tamu beli ke pengantennya. para tamu msti beli sendok gelas tsb, trus ntar dkirim ke tmpt resepsi ataw bawa sndiri.

ancha anwar said...

Saya sering liat adegan itu... Aku pikir mereka hanya cek2 harga barang saja untuk kegiatan pernikahan mereka.
Oalah... ini toh penjelasannya.

Menarik!

Thanks infonya

hani nhk said...

mereka juga skalian ngecek harga barangnya. biasanya nyari yg diskon2 khusus pngantin. tapi ntar yg bayar... ya para tamunya, hehe.

"iTHa" Juwita said...

Wah, gw blum ntn filmnya han, tapi br tau kalo d sana tuh ky gitu..
Kalo d sini bs gt asik juga ya..
Jadi ga perlu beli banyak barang utk mulai hidup mandiri.. Hehehe..
Thx inf0nya han.. ^^

hani nhk said...

di indonesia dulu sihh bgitu, tapi ga pake registry. dulu biasanya para tamu ngasi kado aja, macam pecah belah sama blender. tapi akhirnya banyak bgt ga kpake biasanya.

"iTHa" Juwita said...

Hehe iya, kalo d tmpt gw sebagian msh pake bingkisan..
Ky nikahan gw kmrn, tea set n panci teflon numpuk di lemari..
Sayangnya ga bs pake wedding registry gt ya, jd ga mubazir..

hani nhk said...

ya, sayang jadinya teflon sama tea set pd numpuk... hehe.

Relly M.M. said...

eh, iya gw juga pernah liat tuch di bbrp movie dengan thema wedding klu mereka bikin list barang yang mereka mau, udah itu ada jg yang adegan menunjukkan si pasangan pengantin abis buka2 kado setiap orang yang kasih kado dikirimi ucapan terima kasih... nah yang ini wajib tidak ya?

hani nhk said...

biasanya bgitu, cukup wajib. utk trima kasih krn uda dateng en uda ngasi kado. kan tamu2nya biasanya ga banyak kaya di indonesia, jadi emang jadi courtesy gitu.

bahkan sblum prnikahan, ada acara bridal shower yg juga dkasi banyak kado macem2 dari kluarga.

Marshall Bruce Mathers IV said...

ntar aku nikah begitu ah..hehe

hani nhk said...

pake registry? lol.

Marshall Bruce Mathers IV said...

iya...nentuin apa2 yang pgn trus disebarin ke tamu...huhaha semoga pada mau ngebeliin hahaha

hani nhk said...

ataw malahan daftarnya dlempar balik, huehehe.

isaac mister said...

gw sebel banget sama wedding registry.
kadang2x bridegroomnya suka egois banget.
ngasi daftar ngga kira2x.
gw waktu itu dikasi daftar untuk beliin vas kristal!
untuk apa coba???
akhirnya gw kasih blender aja.
sampai sekarang gw dimusuhin, huahaha2x.

hani nhk said...

yeah, makanya gue kurang suka juga sama wedding registry. tapi kalo ngasi amplop suka ga enakan dsana. kcuali kalo gue kenal bgt sama pngantennya, mereka pasti ga ada masalah. tapi kalo ga kenal trus gue ngasi duit, mereka trsinggung.

fickle boon said...

gw juga baru tau soal ini pas dijelasin temen gw waktu ntn Bride Wars :D
kebiasaan yang unik, seandainya disini bisa gitu

Mira Diend Ony Wardhany said...

OOh githu to ^^ Thanks ^^ *hugs*

hani nhk said...

thanks... tapi please jgn sambil ngespam donks.