Thursday, August 26, 2010

Jamaican Jerk Chicken


Description:
"Jerk" disini maksudnya bukan gebleg ataw nyebelin ataw brengsek, tapi artinya dibolak balik dari kata 'jerking'; membalik2an/menggerak2an. Gampang bgt bikinnya, tnggal masukin ke oven aja. Ini resep dari tmn gue, Paolo yg dari Jamaika.

Ini asli masakannya nyam nyam bgt, pedes pedes asem gitu. Walopun makannya bgitu aja, tapi kalo kasi nasi panas juga oke. Ini adl masakan khas Jamaika.

Ingredients:
1 cup minyak zaitun/goreng
1 cup cuka
1 cup jeruk jus
1 cup lemon jus
1 cup molasses (kalo ga ada ya gpp, tapi usahain ada kalo mo ada cita rasa asli Jamaika) -- sejenis gula merah.
4 sdm kecap asin ataw kecap manis -- lbh baik kecap asin
Cabe dicincang (bole cabe Indonesia, bole cabe Habanero)
1/2 bawang bombay cincang
2 daun salam atau bubuk oregano (mndingan pake oregano)
1 sdm cabe bubuk
1 sdt bubuk kayu manis
1 sdm daun timus/thyme kering
1 sdm bumbu rupa / sgala bumbu powder / bumbu bubuk knorr
1 sdt merica bubuk
1 sdt pala bubuk
5 - 10 potong ayam (sayap atau paha bawah)
Garam scukupnya

Directions:


Campur smua bumbu di dalam mangkuk besar
Rendam ayam2 dlm bumbu
Biarkan sehari di dlm kulkas di dlm wadah

Kalo mo cepet, bsa drendam bumbu slama 2 jam.

Dipanggang di oven slama sejam 175 celsius, atau di grill sampai matang, atau dibakar di panggangan.

5 comments:

Wenny Mustikasari said...

He3x.. Jadi pingin nyoba haaan.. Tfs ya dear..

hani nhk said...

your welcome :)

tapi kalo lagi pregger emangnya bole makan yg bakar2an ya?

Wenny Mustikasari said...

boleh katanya, asal ngga gosong
hehehe... gue jarang makan kulit kalo ayam, jadi daging ayam yang dipanggang aja palingan... :-)yang ngga bisa gue tahan itu kalo udah ketemu steak... hahaha... untungnya yang ini ngga segila yang pertama dulu, steaknya masih bisa direm... hihihi

hani nhk said...

padahal gue bisnis resto steak, hehehe. ya ntar ya kalo uda nglahirin baru dehh makan apa aja.

Wenny Mustikasari said...

waaaah haaan... gue mampir aaah ke tempat looo.. hehehe... lo tinggal di cinere bukan sih han? restomu dimana? hihihi... sebetulnya suami gue yang maniak steak dan segala yang digrilled, gue ketularan deh... hehehe...