Saturday, February 06, 2010

Surrogates

Rating:
Category:Movies
Genre: Science Fiction & Fantasy
Blergh... gue sampe trkantuk2 nonton film predictable bginian. Knaps skrg ga ada film yg bsa bikin gue trkagum2, trkejut, dan trpesona? Pdhl gue adl pnggemar scifi, tapi kalo scifi yg abal2 males juga.

Di masa depan, manusia mngandalkan Surrogates alias robot2 pngganti utk mnjalani khidupan shari2. Surrogates tsb dkendalikan oleh manusia dari rmhnya. Krn bebas dari mara bahaya, kjahatan, penyakit, dan rasa sakit, manusia jadi lbh memilih utk tnggal di rmh. Suatu hari ada pmbunuhan thd anak sang pmbuat Surrogates. Agen FBI Greer (Bruce Willis) mnyelidiki pmbunuhan tsb. Di hal lain, hubungannya dg istrinya, Maggie (Rosamund Pike) mnjadi jauh krn sang istri ktagihan mnggunakan Surrogates.

Premisenya sbenernya uda bagus; dg adanya teknologi, manusia smakin malas utk mnjalani hidup. Teknologi yg sharusnya mnolong manusia dlm khidupan shari2 malahan dsalahgunakan utk para manusia utk sgala bentuk khidupan. Hal itu justru tdk manusiawi.



Nah, dari premise yg bagus tsb, mnurut gue eksekusinya sama skali ga oke bgt. Trlalu bland bgt, spt halnya boneka kosong. Trlalu ngandelin kcanggihan special effect (yg sbenernya ga trlalu wah bgt) dan jalan crita yg bsa dtebak. Critanya juga nyaris sama dg I, Robot karya Isaac Asimov, ttg manusia yg ngandelin robot utk khidupan shari2, dan tokoh utamanya yg ga trlalu suka sama robot. Spt halnya manequinn yg cantik, tapi isinya kosong bgitu. Critanya trlalu linear kaya garis lurus shingga gue malah bosen. Kalaw msalnya lbh ngutamain drama dan mngkin pendalaman karakter yg sbenernya uda tragis, gue rasa film ini bsa lbh baik. Tapi sayangnya enggak.

Film ini juga ngingetin gue ke film The Matrix dan film Avatar, dmans manusia memakai tubuh palsu utk bergerak spt halnya manusia biasa. Mereka login dan online di kamarnya sndiri, dan tubuh palsunya yg kemana2. Film ini juga endingnya agak2 mngcewakan; trlalu Hollywood ending. Sdangkan yg gue denger, katanya komik brdasarkan crita ini lbh bagus.

5 comments:

isaac mister said...

emang ketebak banget filmnya.

hani nhk said...

sbenernya kalo di tangan sutradara yg lbh oke, mngkin filmnya bsa lbh bagus.

DiBot ! said...

mostow kl menurut gue gitu yah, walaupun filmnya jedar-jeder tetap kerasa hampa, kayak di T3

hani nhk said...

bener, hampa bgt. ya... kaya robot2 tsb.

Mira Diend Ony Wardhany said...

Aku suka surrogates ^^v

Sorry hanitje chan kita gak sependapat...... ^^ Soalnya aku juga gak suka film Iron Man, jadi ....I know how you feel ^^
Selera orang beda beda..bahkan sampai sekarang aku tetep gak bisa nonton Star Wars..karena tiba tiba tidur ;P
Berasa di tengah2 film karena ditendang nokap disuruh nonton atau matiin filmnya ;P