Friday, February 19, 2010

Inglourious Basterds

Rating:★★★★
Category:Movies
Genre: Foreign
Lbh mirip ntn film foreign indie bgtu. Bhs Inggris jarang bgt. Dan gue ntnnya deg2an ga keruan. Bener2 tegang! Yes, gue bsa bilang ini adalah salah satu film terbaiknya Quentin Tarantino.

Seorang gadis Yahudi brnama Shosanna (Mélanie Laurent) brhasil lolos dari pembantaian kluarganya oleh seorang Kolonel Nazi brnama Hans Landa (Christoph Waltz). Kini ia mnyamar mnjadi pemilik bioskop di Paris. Sementara itu, pasukan Amerika brnama Inglorious Basterds yg dpimpin oleh Letnan Aldo Raine (Brad Pitt) menangkap para anggota Nazi dan membunuhnya dg cara2 keji, shingga hal itu membuat gusar Hitler (Martin Wuttke). Utk menyemangati semangat para warga Jerman, Nazi telah membuat film propaganda brjudul 'Nation's Pride' dan akan ditayangkan di bioskop Paris milik Shosanna. Takdir telah menentukan, dan kedua cerita yg berbeda akan saling bertemu. Disutradarai oleh Quentin Tarantino.



Brilian bgt setelah gue nonton. Dari awal aja ya gue ngoms, yg ga demen film berat ala film2 indie ataw film2 drama perang mndingan hindari aja. Apalagi ni film minim banget bhs Inggrisnya, kcuali pd bagian para Basterds Amerika. Sbagian besar dialognya adalah bhs Perancis dan Jerman. Gue bener2 terpukau sama jalan ceritanya yg padat bgt. Wahh hebat bgt gue salut sama plotnya yg walopun fiksi dan bsa dbilang ga masuk akal, tapi tetep aja pintar bgt. Dan sama skali ga terasa spt filmnya Quentin Tarantino yg biasanya slalu nyempil cetakan Hollywoodnya. Ini lbh trasa spt film perang betulan. Dan yg gue maksud dlm film perang disini adalah bukan sekedar perang2an dg baku tembak dan ledakan, tapi drama yg kental skali.

Aktor2 Eropanya, trutama Christoph Watz bener2 KEREN abis dsini. Gila, dia ngomong dalam 4 bahasa di film ini dg lancar skali, dbarengin dg akting yg berkaliber bgt. Pantesan dia dinominasi Oscar. Melanie Laurent juga berakting dg hebat skali; justru gue heran knaps dia ga dinominasi.

Hanya saja... gue tdk trlalu suka dg segment Basterds. Bukan krn adegan berdarah2 dan kbanyakan gue tutup mata ngliat mereka membantai para Nazi, tapi akting Brad Pitt dan yg laen2 agak abal2. Apalagi dialog bhs Inggrisnya ga natural bgt -- trlalu spt film Hollywood; ngejoke dan dbikin2. Filmnya yg sharusnya dramatis, jadi malahan kaya ga serius. Tapi mngkin ini dsengaja dari pihak Quentin Tarantino sndiri. Mngkin dia mo ngingetin bahwa ini film adalah fiksi dan bukan film dokumenter yg betulan, jadi sharusnya dilihat sbg hiburan saja. Either way, gue pikir film ini emang bagus skali. Tapi hal itu agak mnganggu aja.

Sbenernya dlm kseluruhan, gue lbh seneng bagian cerita Shosanna; seorang cewe yg bertahan hidup stelah pembantaian kluarganya, lari dari kjaran Nazi, dan pd suatu takdir ia brtmu lagi dg pembunuh kluarganya. Shosanna ga hidup dlm kesengsaraan, malahan brjuang hidup bgt dan membuat pilihan2 yg bsa menentukan takdir org banyak. Itu uda suatu plot yg bagus bgt. Dan ceritanya lebih bagus daripada cerita para Basterds sndiri. Sharusnya Quentin Tarantino buat film khusus Shosanna, spt dia buat film Kill Bill. Seorang cewe yg harus menempuh banyak prjuangan demi membalas dendam.

Sayangnya, film ini dpromosikan besar2an dg Brad Pitt sbg tokoh utamanya, sedangkan bsa didebat dia malahan ga trlalu berperan dan malahan sdikit skali muncul. Mngkin ini strategi Hollywood utk memasarkan film ini.

17 comments:

ancha anwar said...

Love this movie. Christoph 4 jempol! Saya yakin dia akan dapat oscar tahun ini!
Pas nyamar jadi Italian lucu ^^ dan christoph nya ternyata juga mahir bahas italian
wkwkwk

hani nhk said...

ini film mature banget dari quentin tarantino. sama skali ga nyangka dia bsa bikin film serius kaya gini. biasanya dia slalu bikin film2 yg exploitasi hollywood bgt. tapi ini bsa dbilang masterpiece dg dialog2 pintar abis. salute.

Yayan a.k.a Fathin said...

Belom nonton. Mbak Hani orang yang kesekian bilang film ini keren. ^^

Bimo Pribadi said...

wah memang film luar biasa sepertinya (belum nonton) hehe

isaac mister said...

one of the best movies i've seen, actually.
this time, tarantino got it right.

✎ Reygina Allagan said...

gw juga suka film ini... jalan ceritanya nggak bisa ditebak, bikin deg-degan. waltz top bgt ya... :) karakternya bisa berubah-ubah gitu. kalem, tapi nyebelin.

hani nhk said...

gue denger bakalan ada sequel ato prequelnya.... duh, jangan. ni film uda perfecto.

Marshall Bruce Mathers IV said...

sumpah padat banget...detik2 awal film aja dah menegangkan hahaha

yohanes kurniawan said...

Love the death scene of shoshana

hani nhk said...

no spoiler bow....

fickle boon said...

Hans Landa berhasil membuat gw terpukau sepanjang film!
dan iyah, TEGANG sepanjang pelem

hani nhk said...

hans landa tu charming bgt, tapi jahat bgt...

fickle boon said...

bikin merinding tiap adegan yg ada dia

ancha anwar said...

Bener... jangan ditambah lagi.
Atau bisa jadi salah satu part cerita dikembangin?

hani nhk said...

gue denger bakalan mngenai para Basterds.

isaac mister said...

loe tau ngga?
ada banyak adegan yang di bioskop beda banget sama yang di dvd.
loe nonton di dvd atau di bioskop?
gw pas beli dvdnya, nyadar kalo beda banget.
gw pengen beli director's cutnya dech.

hani nhk said...

sumpe loe? gue ntnnya emang di dvd, scara di bioskop kayanya ga sempet. hmm... gue msti nyari yg lengkap kalo gitu...