Thursday, January 29, 2009

The Oxford Murders

Rating:
Category:Movies
Genre: Mystery & Suspense
Ya amploooop.... ngarepin nonton film misteri kayak film2 detektif ala Sherlock Holmes atau Hercule Poirot, malahan kdapetan film GA JELAS kaya gini. Ini film semprul, ga karuan. Kayanya si sutradara sama si aktor2nya ga connect sama skali. Walopun ini brdasarkan novel, dan mngkn novelnya lbh bagus utk bacaan misteri -- sumpah filmnya ngaco ga ada juntrungnya. Dan gilanya, gue nonton sampe habis. Dan bgitu uda abis, gue cmn komen... "Udah??? Sgitu aja???"

Martin (Elijah Wood) adalah murid Amerika yg skolah di Oxford. Ia mengidolakan seorang dosen profesor Matematika Prof. Seldom (John Hurt). Tapi trnyata idolanya mengecewakan dirinya. Ketika ia hendak pulang ke negerinya, mereka berdua menemukan seorang wanita tua tewas. Mereka menyimpulkan bahwa pembunuhan tsb adalah awal dari seri pembunuhan2 berikutnya. Mereka akhirnya menyelidiki pembunuhan2 yg mungkin akan terjadi.



Bukan soal bahasa dan aksen Inggris atau dialog2 yg susah yg bikin gue kesel ntn ini. Dialognya memang agak2 rumit karena mnceritakan soal matematika. No, bukan soal itu. Tapi dialog2 tsb cmn bsa dmengerti sama org yg nulisnya! Gue bahkan yakin para aktornya sbenernya juga ga ngerti apa yg diomongin, tapi krn mereka aktor ya bsa diucapin. Belon lagi aktingnya ga jelas. Elijah Wood bener2 ga cocok maen di film ini, kaya salah casting gitu. John Hurt yg jelas uda aktor kaliber kayaknya juga terlalu superior bgt di film ini. Banyak skali ketidakcocokan di film ini. Editingnya juga ga rapih, banyak yg simpang siur. Kaya puzzle yg ga cocok. Dari satu adegan bsa lompat ke adegan laen tapi sharusnya ga bgitu.

Dan nomer satu film ini yg bikin gue gregetan adalah plotnya yg sok pntar. Maksudnya mngkin mo sok keren dg mnampilkan dialog2 susah dan misteri pembunuhan. Trnyata itu cmn kamuflase aja utk naro jawaban simpel. Mngkin gue trlalu simple minded, tapi gue ga trlalu bego banget. Banyak film2 misteri pembunuhan ala Agatha Christie yg bener2 cerdas dan membuat kita mikir. Tapi ini film bener2 buang energi dan otak gue utk mikir. Uda gitu dtambah dg sex scenes yg mnurut gue ga perlu, mngkin utk bumbu aja.

No comments: