Saturday, January 10, 2009

Australia

Rating:★★★
Category:Movies
Genre: Action & Adventure
Don't get me wrong, I have mixed reaction about it. Filmnya bagus. Tapi gak se-WAH yg gue bayangin. Skitar 3 1/2 bintang dehh. Kalo mo yg lebih lengkap reviewnya, bsa klik ke movie blog gue di http://hanitje.blogdrive.com -- gue pake sistem nilai. Film ini skitar 7an.



Bahkan Nicole Kidman sndiri, sang pemeran utama bilang kalo perannya dan filmnya ga sbagus yg dia bayangin. Dia mngatakan bahwa ini adalah terakhir kalinya dia bekerja sama dg sang sutradara Baz Luhrmann, yg brtanggung jawab atas film2 Romeo + Juliet dan Moulin Rouge! (dan mnurut gue film2 tsb cukup keren). Nicole Kidman kayaknya kapok maen di filmnya si Baz Luhrmann. Entah knaps, walopun film ini settingnya keren bgt, film ini ada kekurangan2nya. Emang ga ada film yg smpurna, makanya gue agak2 susah ngasi rating film kalo bgini. Bagi gue, sbuah film ga bsa dliat dari segi ceritanya doank, atau dari segi aktingnya doank, atau dari segi aktor/sutradaranya aja. Ada banyak hal yg msti dpertimbangkan. Makanya walo banyak org yg suka bilang suatu film BAGUS amat atau suatu film JELEK amat, itu diliat darimananya?

Film ini ga taw knaps, stuck di tengah2 gitu. Di satu pihak gue suka dari segi setting, jalan crita, dll. Tapi dari pihak lain, film ini juga 'berantakan' bgt dari segi komposisi dan flowing dan plot tumpang tindih satu sama lain.

Ini sbenernya film apa? Romance? Adventure? Dua2nya? Kayaknya si pembuat film ga bsa mutusin mo bikin film apa. Kalo film Romeo + Juliet uda jelas film apa. Moulin Rouge! pun juga jelas. Tapi 'Australia' agak2 condong kmans nih? Titanic? Sbuah film epik dan romantis?
Krn terus terang aja, gue waktu ntn trailernya, filmnya ngejual film epik romantis.
Tapi pas ntn, romancenya dikit bgt dan lbh mengutamakan sisi apartheid dan rasisme di Aussie.
Tapi itu pun juga stengah2 mncritakan sisi tsb, krn ada lagi mnceritakan ttg sisi 'fun' persaingan monopoli.
Lalu ada sisi cerita mngenai adat istiadat Aborigin.
Dtambah dg cerita mngenai petualangan mereka sbg koboi.
Dan di aduk pula sama crita perang.

Jadi film ini kaya film gado2, tapi bumbunya ga nyampur sama skali. Mngkin itu sebabnya akting Nicole Kidman kok bsa ga konsisten, dan dia kayaknya ngrasa.

UNTUNGNYA adalah ini film ada happy ending. Uda lama duduk kalo filmnya ga happy ending, gue bakalan kesel. Mngkin emang si sutradara brniat bikin film epik gado2 yg sdikit cheesy kayak film jaman dulu. Which is fine. Gue sama skali ga jelek2in film ini. Gue suka banget kok. Gue emang trlalu kritis sama film, so gue nunjukin aja poin2nya. Di antara smua crita gado2 tsb, gue lbh seneng bagian perang dan romancenya. Walopun bagian Aboriginnya bagus, hanya saja ga trlalu dkupas sampe dalem shingga kesannya trlalu datar aja. Mngkin krn itu banyak yg protes soal film ini, krn cmn nunjukin soal adat Aborigin tapi sampulnya doank.

Ksimpulannya, film ini bagus. I liked what I saw, but it's not the greatest thing I've ever saw. Gue tetep nganjurin utk ntn film ini krn ga rugi kalo ntn.

5 comments:

DiBot ! said...

hahahaha....berarti endingnya dah diubah tuh...karena awalny pas screening banyak yang bilang ending aslinya too depressing....

film2nya Baz mah ngaco kagak pernah happy ending...

hani nhk said...

oh ya??? emang romeo + juliet jelas lahh endingnya walo ga hepi tetep bagus. trus moulin rouge, ngerti lahh kalo endingnya ga hepi. ini diubah ya... wakakaka.

Winna Efendi said...

setuju banget han.

hani nhk said...

bagusan either romeo juliet or moulin rouge ya?

Winna Efendi said...

moulin rouge aku br ntn stengah.. tp bagusan australia mnurutku..