Friday, May 28, 2010

Sunset Boulevard

Rating:★★★★★
Category:Movies
Genre: Classics
Mau jadi penulis skenario? Mau jadi sutradara? Mau jadi bintang film? Siap mnghadapi ketenaran? Harus siap mnghadapi kejamnya Hollywood dan mngorbankan khidupan pribadi, belum lagi skandal.

Joe Gillis (William Holden) adalah seorang penulis film yg bangkrut. Ketika ia dkejar2 oleh penagih hutang, tanpa sngaja ia masuk ke dlm rmh seorang aktris eksentrik dan narsis yg sdh khilangan kjayaannya, brnama Norma Desmond (Gloria Swanson). Norma Desmond yg sombong dan super kaya memperkerjakan Joe sbg penulis film pribadinya, dan akhirnya mnjadikannya sbagai kekasih/gigolonya. Joe mndapatkan hidup mewah yg slama ini ia dambakan, tapi pd saat brsamaan ia merasa bagaikan hewan pliharaan yg dikerangkeng. Sampai akhirnya ia brtmu dg tunangan sahabatnya, Betty (Nancy Olson), yg mmpunyai impian mnjadi penulis naskah film. Apakah Joe akan mninggalkan khidupan mewahnya, atau mengejar tunangan sahabatnya? Disutradarai oleh Billy Wilder.

Prtama kali nonton film ini, rasanya gue abis digampar di muka. Ini film nyaris sempurna banget. Plot yg padet, musik yg dramatis, akting yg luar biasa kerennya -- dan ga kaya film2 klasik laennya, dmn para aktor berakting kaya robot, akting para aktornya mngalir dg natural bgt -- dialog2nya yg super bgt, setting modern yg noir dan sdikit agak dark, tegang, dramatis, komedik, real, fantastikal, dan hal2 lainnya yg membuat film ini mrupakan salah satu film trbaik di sejarah perfileman.



Nonton film ini kayaknya ga sah kalo ga ngoms soal Norma Desmond yg dperanin oleh Gloria Swanson. Scara karakter, Norma Desmond adalah wanita paling GILA dan eksentrik yg prnah gue tonton. Uda gitu luar biasa sombong dan narsis bgt. Dia hanya mau naro foto2 dirinya di rmhnya, dan hanya mo ntn film2 yg berisi dirinya. Bila keinginannya tdk trpenuhi, ia akan ngamuk2 dan mncoba bunuh diri. Spt ngadepin anak kecil dg tubuh wanita tua. Blon prnah gue menemukan wanita yg sangat mengerikan kaya gini, dan Gloria Swanson memerankannya dg gemilang bgt.

Peran Joe Gillis juga dperankan dg keren oleh William Holden, yg memerankannya tdk sbg tokoh pahlawan, tapi sbg tokoh menyedihkan tapi ambisius tapi trpaksa mnjadi gigolo demi memenuhi impiannya. Kedua tokoh yg bsa dbilang kalo dkhidupan asli, adalah org2 sesat, tapi di film ini gue mrasa kasian dan takjub aja ngliat mereka. Ambisi dan impian yg harus diraih bsa ngbuat orang mnjadi gila. Skrg tinggal pilihannya bagaimana; mndapatkan impian tsb tapi khilangan nurani, ataw gagal di karir khidupan tapi nurani ada?

Film klasik ini kalo dliat dari taun mana pun sptnya ga brubah. Ketenaran kayaknya emang spt lingkaran setan yg ga abis2nya. Gue cmn bsa ngelus2 dada ngliat film ini spt ngliat skandal2 jaman skrg, temanya ga brubah sama skali pdhl film ini sangatlah sudah lama. Gue bener2 rekomen ni film, bahkan bagi orang yg ga demen sama film klasik. Sama skali ga boring, malahan gue sampe tegang bgt ntnnya. Coba tonton ni film, dan lihat btapa dunia tu ga brubah sama skali.

6 comments:

a b said...

suka banget sama film ini, Gloria Swanson keren yah?

hani nhk said...

gloria swanson mengerikan bgt, huehehe... gue sampe takut nonton dia.

Alice SH said...

kenapa mengerikan?

hani nhk said...

susah djelasin kata2. di satu hal dia mngerikan, di satu hal dia amazing bgt. hrs liat sndiri. kaya prpaduan antara karakter dan citra aktris melebur jadi satu.

isaac mister said...

uda nonton broadway versionnya?
yang diperankan oleh glenn close?
atau sama cowo2x favorit loe; john barrowman & hugh jackman?

hani nhk said...

nonton scara ksluruhan blon, tapi gue uda liat bbrapa klips... scara itu kan musikal. terus terang, nonton glen close sbg norma desmond bikin gue trkesima bgt. gue sampe nangis pas liat dia di adegan hollywood bareng cecile b.demile. kalo soal peran joe.... gue bsa bilang john barrowman lbh keren maennya daripada hugh jackman.