Tuesday, May 11, 2010

Ponyo / 崖の上のポニョ / Gake no Ue no Ponyo / Ponyo on the Cliff by the Sea

Rating:★★★★
Category:Movies
Genre: Animation
Kawaiiiiii...! Hihihi, so cute bgt ni film. Emang sih espektasi film dari Studio Ghibli emang tinggi bgt, krn kualitas yg dberikan slalu oke2. Hayao Miyazaki skali lagi ngasi film animasi yg berkualitet.

Brunhilde adalah seekor ikan yg sedang dbawa jalan2 oleh ayahnya, Fujimoto, sang dewa laut ke pesisiran. Sang ikan ingin skali melihat dunia manusia, shingga ia ngabur ke pantai. Ia trdampar di pantai dekat rmh seorang anak brnama Sosuke, yg kmudian mnyelamatkannya. Jarinya trluka, dan sang ikan lalu menjilat darahnya. Senang karena sang ikan trnyata mempunyai kekuatan magic, Sosuke lalu menamakan sang ikan Ponyo. Dewa laut Fujimoto brusaha mmbawa anaknya kmbali ke laut, tapi Ponyo sudah jatuh cinta kepada Sosuke dan ingin mnjadi manusia. Ia lalu mnggunakan kekuatan dewa laut utk mrubah dirinya mnjadi anak gadis, yg brakibat buruk thd planet bumi.

Filmnya tdk seberat film2 Hayao Miyazaki lainnya, spt Sprited Away krn film ini lebih dtunjukkan kpd anak2 kecil. Tapi walopun bgitu, tetap saja lahh ada tema2 dewasa di film ini kalo sdikit jeli. Gue nontonnya yg versi bahasa Jepang karena film ini mngenai Jepang, jadi kayanya lbh afdol ntn dg bahasa aslinya. Versi dubbing blon gue tonton, karena gue pikir kalo critanya ttg non Jepang, gpp dehh ntn dg versi Inggris.

Dari segi animasi, uda pasti ini berkualitas bgt. Simpel tapi penuh detail. Ga ada dehh CGI komputer dan 3D animasi ala Barat. Hanya aja, gue agak2 geli liat ikan punya wajah. Dan Ponyo sendiri ga spt ikan, malahan spt duyung kecil. Ga ada muka ikan mas sama skali. Dari segi cerita, plotnya emang sederhana bgt; seekor ikan yg ingin mnjadi manusia. Tapi mngkin krn crita ini dtunjukkan utk anak2 kecil, makanya banyak hal2 yg sharusnya menegangkan di realita, malahan jadi indah di crita ini. Contohnya, tsunami yg mlanda kota kecil Sosuke dcritakan spt aquarium. Pdhl kan kalo tsunami asli pastinya smua pd panik dan sengsara dg rmh2 yg hilang dan banyaknya yg tewas. Tapi di film ini, ga ada yg tewas dan rmh2nya smua pd utuh serta pohon2nya dan laen sbagainya, shingga ketika banjir, kota tsb spt aquarium dg air bening. Dan masyarakatnya pun smua pd hepi2 aja, kaya ga ada masalah kalo tsunami tlah mlanda kotanya. Dari segi karakter, emang ga ada trlalu ada prkembangan karakter, scara gue msti menekankan kalo ini adalah film anak2 shingga di buat sesederhana mngkin.



Btw, awalnya gue ga ngeh kalo karakter Lisa adalah ibunya scara Sosuke manggil ibunya pake namanya. Gue pikir itu adalah kakaknya. Dan kayaknya gue kurang ngeh apa Koichi, ayahnya Sosuke itu punya istri dan anak laen ataw emang dia ga nikah dg Lisa. Teksnya agak2 bingungin scara bhs Jepang gue msh ngalor ngidul.

Ksimpulannya, film ini lucu dan indah dan ga prlu dpikirkan scara serius. Aman bgt buat anak2 kecil bserta kluarganya. Gue sih rekomen dg bhs aslinya daripada yg dubbing.

10 comments:

Marshall Bruce Mathers IV said...

dvdnya kan dah pada bagus teksnya mbak...hehe

dan ini emg lucuuu...

hani nhk said...

emang teksnya uda bagus, tapi gue kadang2 ga baca teksnya. langsung dengerin aja. filmnya cukup simple kok kalo ga pake teks. dan walopun bagus belon tentu bener kan?

emang ni film cute abis.

fickle boon said...

gw malah sempet mikir, jangan2 Sosuke itu bukan anak kandungnya Risa, makanya dia gak manggil Ibu hehehehe

hani nhk said...

gue juga smpt mikir gitu juga lho. tapi kayaknya emang bener dia ibu kandungnya, cmn ibunya kan emang agak jenggo gitu huehehe. nyupirnya aja kaya maniak.

a b said...

Han, kalau menurut saya, anime yang ini malah buat ukuran ghibli kualitas ceritanya menurun, kurang kreatif...jauh dibandingin misalnya dengan spirited away atau tonari no totoro. Tapi emang masih mending sih dibanding sama tales from earthsea (itu sih ancur banget adaptasinya, ngga kebawa jiwa bukunya). Trus kalau pakai benchmark-nya anak-anak, walau pas nonton emang masih ketawa-tawa, ngga pernah minta ulang diputar, ngga kaya yg totoro atau pompoko.

hani nhk said...

gue stuju yg soal tales from the earthsea, itu film asli boring bgt. spt yg gue bilang, emang ga sbagus spirited away yg full pngembangan karakter en plot. tapi ini emang film yg sangat ringan bgt. mngkin mudah dlupain, tapi still good sihh (not great) IMHO.

fickle boon said...

iyah belakangan sih mikirnya mungkin karena emak bapaknya masih muda belia makanya minta dipanggil nama hehehe...

hani nhk said...

gue mo komen lagi mngenai teksnya... gue abis ntn ni film lagi (so cute), trnyata bbrapa teks ada yg ga sama dg ngomongnya. emang teksnya bagus dan bbrapa sdh bagus, tapi gue rasa itu brdasarkan teks utk dubbing inggrisnya bukan utk asli jepangnya.

jadi makanya gue bingung kok karakternya ngomong gini, teksnya beda.

isaac mister said...

keponakan gw suka banget ama nich film kalo gw baby sitter.
masih kecil banget, dia suka sama adegan minum teh pake madunya.

hani nhk said...

gue juga suka bagian itu, apalagi pas minum matanya brbinar2.