Tuesday, May 11, 2010

2 Weeks In Limbo

Ada orang yg ga dkenal masuk ke dlm kamar gue pd malam hari swaktu gue msh drawat di RS. Itu salah satu pngalaman gue di RS ktika gue lagi ancur2nya.

Sbulan yg lalu gue masuk RS slama 2 mnggu krn sblumnya slama 4 hari gue ga bsa makan, ga bsa ke belakang, sesak napas, dan ga bsa gerak karena ksakitan. Stiap makan gue pasti muntah2 mulu. Ntah knapa perut gue mnolak makanan. Gue pikir gue masuk angin yg berkepanjangan.

Slama sminggu gue hanya kena tes ini dan tes itu tanpa ada diagnosa pasti. Gue cmn dkasi obat dan infus dan diambil darah brkali2. Tes tes tes tes. Lengan gue uda biru2 dan pembuluh darah gue pada pecah di lengan, shingga slaen biru2, lengan gue full bercak2 ungu. Akhirnya setelah tes ribuan kali serta foto xray dan laen sbagainya yg gue uda cukup ga mo lagi, gue emang trkena peptic ulcer kronis. Penyakit yg emang uda lama gue derita, tapi kali ini parah bgt. DAN BUKAN KARENA MAKANAN. Tapi karena udara panas. Gue emang alergi udara panas dan matahari, shingga asam lambung gue bsa langsung naek dg cepat dan menggerogoti lambung gue.

*silakan cek peptic ulcer di internet

Suatu malam, ketika nyokap uda pulang (dia emang gue suruh pulang tiap malam, krn kasian dia ga bsa istirahat kalo di RS), ada pasien baru masuk skitar jam 11an. Kluarganya ataw org2 yg nganterin smua pd ribut di ruang tunggu. Padahal uda bukan jam besuk, dan ini bukan ICU yg 24jam. Gue awalnya trganggu banget, krn gue pengen tidur. Tapi gue maklumin aja krn namanya kluarga kalo lagi ngumpul pastinya ribut, dan mngkin mereka mngkhawatirkan kesehatan sang pasien. Tapi lama2 kok makin ribut, dan malahan kdengeran suara ktawa2 kaya ga di RS aja. Karena ada TV di ruang tunggu, kayaknya mereka nonton sambil ktawa2. Dan suara2 tsb buka suara2 kluarga, mlaenkan suara2 pemuda2 tanggung yg mngkin dsuruh jagain. Mngkin anak kuliahan brdasarkan suara yg gue tangkep dari dlm kmr gue yg gelap. Kbtulan kmr gue emang bersebelahan dg kamar pasien baru tsb.

Sambil nungguin mereka tenang, gue maen internetan via hape gue. Tirai2 uda mnutupi ranjang gue. Kamar uda gelap bgt. Emang waktunya tidur... tapi mereka smakin brisik kaya di rmh sndiri.

Ga nyangka, pintu kmr gue tiba2 trbuka dg pelan, dan seorang cowo masuk ke dalam. Dia ngoms, "Iiiih, gelap ya. Hiiiy, takut dehh. Hahaha." Dan dia ketawa serta teman2nya juga trtawa di luar kmr, dan dia makin mndekat ke ranjang gue yg tertutup tirai. Gue ga takut, tapi MARAH dan KESAL shingga gue berteriak, "KELUAR DARI SINI BANGSAT!!!!!" Gue langsung ngambil tiang infus gue dan nekan tombol suster. Si cowo kaget bgitu tau ada org di dlm kmr yg ia masukin, dan langsung kluar dg trtawa trbahak2 beserta temen2nya. "Ehh, ada orangnya. Hahaha!"

Gue ga ngrasa itu lucu. Kalo aja gue punya kekuatan utk brdiri, mngkin gue bakalan mukul cowo itu dg tiang infus gue. Cowo kurang ajar, dan teman2nya juga ga sopan. Si suster brlari2 masuk ke kmr gue, dan gue tereak ke dia (sambil mngaduh krn kesakitan) untuk manggil security. Si suster malahan dg enteng jawab, "Oooh, palingan tetangga sebelah kak. Mereka kirain ga ada orang di kmr ini krn gelap." Kalo msalnya asap bisa kluar dari telinga gue, mngkin gue uda kaya panci air. Jawaban apa itu? Kok malah nyante aja. Gue sampe geretekan gigi gue, dan ngomong dg suara keras supaya org2 ga sopan di dpan kmr gue itu denger. "Sus, itu bukan alasan utk masuk seenaknya aja ke kmr org di RS. Kosong atau ada isinya itu bukan urusan mereka! Kalo mereka maling gimana?! Panggil security! Saya maw org2 itu dtangkap buat bikin gaduh dan onar!"

Si suster langsung lari kluar manggil security. Suara gelak tawa di luar kamar gue lenyap sketika waktu gue ngoms soal security (pintu kmr gue trbuka lebar dan mereka nguping pmbcaraan keras gue). Kini yg trdengar suara bisik2, dan sptnya ada yg nyalahin seseorang krn dia masuk ke kmr gue, dan si cowo yg masuk ke kmr gue itu kaya membela diri. Gue denger suara2 mereka yg mnjauh dari ruang tamu dan mnuju lift. Gue denger suara security yg datang. Gue denger suara seseorang yg bcara dg suster, dan suster yg bcara dg mereka. Gue denger salah satu cowo minta maaf ke susternya, dan susternya bilang supaya mereka segera kluar krn jam besuk uda abis. Bangsat, kalo mereka taw sopan santun, mereka sharusnya mnta maaf ke gue.

Susternya lalu masuk ke kmr gue lagi utk mnta maaf. Katanya skrg security uda brjaga di ruang tamu, dan para pmbuat onar itu telah diusir dari bangsal tsb. Gue uda males marahin si suster, krn whatever dehh. Si suster crita kalo mereka minta maaf krn masuk ke kamar gue, krn mereka pikir krn kamarnya gelap, dikirain ga ada org, dan mereka pnasaran kpgn liat kmrnya kaya apa. Si suster katanya uda nasehatin mereka -- para cowo2 tanggung skitar 20taunan msh kuliahan. Mereka uda mnta maaf ke suster, dan mohon supaya ga ditangkap security. Rupanya mereka uda kburu ngabur sblum security dateng, dan suara2 yg gue denger adalah anggota kluarga pasien yg baru masuk -- jadinya mereka ga bsa ngabur.

Setelah malam itu, gue slalu mnta kamar gue dkunci oleh para suster stiap malam. Gue tentu saja crita hal tsb ke nyokap en om gue. Nyokap marah bgt, en pengen nglabrak kluarga pasien sebelah yg ga sopan itu. Mereka bahkan ga ada inisiatif buat mnta maaf ke gue. Tapi om gue bilang, uda lah lupain aja. Ntar urusan makin panjang. So akhirnya nyokap ngurung niat utk nglabrak mereka. Hanya saja, waktu malem2, para pemuda ga sopan itu kmbali lagi utk brjaga. Ketika nyokap en om gue kluar dari kmr gue utk pulang, nyokap katanya mlotot abis ke mereka. Dan mereka katanya nunduk diem ga brani ngoms apa2. Wahhh... anak2 muda jaman skarang pun ga brani mnta maaf. Braninya cmn rame2 bikin onar, tapi bgitu ditegor or diancem langsung mengkeret.

26 comments:

Marshall Bruce Mathers IV said...

sungguh anak muda tak beradab...bikin malu generasi muda kyk saya aja...ckck

hani nhk said...

jaman skrg emang pd ga kenal adab.

fickle boon said...

et dah buset...
emang suster jaman sekarang udah jarang yang galak ye...

Bimo Pribadi said...

ampun dah tuh bocah berdua.. ga pernah masuk pas pelajaran ppkn kali ya dulu..

hani nhk said...

ga brdua, ada banyak bgt skitar rame2.

hani nhk said...

susternya msh training, dia msh muda bgt, dan dia lebih takut ke pasien/tamu daripada tegas.

andy wirawan said...

geleng2 gw bacanya Han.. tau gini gue hajar tabokin atu atu tuh.. harusnya panggil gw aja, cuma sejengkal dari rumah.. ugh ugh..

ancha anwar said...

Ya ampun... Kebayang perasaan lo saat itu!
Dalam keadaan sakit, ada "serangan" gangguan seperti itu...

Btw, perut lo udah sembuh belum Han?

Mira Diend Ony Wardhany said...

Aneh, biasanya besuk kan dilarang banyak banyak?

Ibu Ranger Harley said...

buset deh....
sayang sekali mereka nggak sempat kena sabetan tiang infus loe.. ^^;;

eniwei... sekarang udah sehat dan segar bugar kan?

Sakura Blue said...

di rs mana sih??? gile bener sampe kyk gitu.....

wisye gazali said...

prihatin banget memang ngeliat anak2 muda sekarang (jadi ngerasa tuwir bangedd nih nulis kayak gini :D :D)...
nggak tahu adab. ortu sekarang apa nggak menanamkan ya???

smoga sekarang udah sembuh total ya Hani

hani nhk said...

blum 100%, msh recovery. recovery emang lama, bsa sampe brminggu2.

hani nhk said...

ok, laen kali gue buka jendela trus tereak :]

hani nhk said...

mereka ga besuk, tapi lagi nganterin pasiennya yg baru masuk. jadi yg nganter tuh banyak bgt, trus bbrapa dtinggal buat ngejaga si pasien. tapi ya itu, yg jagain trnyata org2 gebleg smua.

hani nhk said...

embeerrrr, kalo gue kuat waktu itu, tiang infus uda gue lempar. beneran lho, soalnya gue uda ngambil tiang infusnya, tapi pas itu gue ksakitan. reflek bowww...

skrg sih msh mending daripada waktu di RS, tapi blon 100% bgt.

hani nhk said...

believe me, i would love to tell you. tapi hare genehh nyebutin nama sbuah instasi bsa bikin si instansi itu sensitip bgt. gue ga mo kena kaya prita curhat bginian. tadinya gue crita lngkap bgt, tapi msti gue edit hampir 80% curhatan gue lho.

hani nhk said...

makanya waktu itu nyokap gue pengen ngelabrak kluarga mereka, tapi akhrnya ga jadi krn takut masalah jadi panjang. awalnya pengen ngelabrak lho. tapi trus kita rembukan en mikir, ya udah lahh kasian si pasiennya. ahh ga taw lahh apa tndakan kita nih bener apa enggak, kita diemin aja. uda kita doain aja, mudah2an kena ganjarannya sndiri org2 yg ga bradab tsb.

pipi .. said...

tegang ih bacanya.. smoga cepet sembuh ya..

hani nhk said...

yah... yg mngalaminya cukup stress... huehehe.

Alice SH said...

laen kali mending ditemenin deh, cewek jangan sendirian kalau nginep di RS
sudahlah yang penting sudah kapok..tindakan panggil security itu sudah tepat.
memang banyak yg suka meremehkan hal hal kayak begini makanya banyak kejadian.

hani nhk said...

jgn sampe ada laen kali, gila lo...

ga ada yg nemenin lg kcuali nyokap lagipula. dan dia bukan anak muda lagi. seandainya org iseng itu masuk walo ada nykp gmn? ga ada yg ngeremehin hal ini. hanya aja rs tu sharusnya uda ada rules yg jelas. saran gw sihh hrs lbh hati2. kunci kmr kalo sndirian lbh baik. kl bangsal rame2 gmn? dependen sm security doank. intinya banyak org kurang ajar trutama yg suka besuk ga pake jam/aturan. suster shrsnya tegas.

isaac mister said...

busyet....
han, seharusnya loe biarin dia deketin ranjang elo...
pas uda deket, loe langsung tereak kenceng banget sambil semprot dia pake mace spray dan elo lempar dia pake barang2x di deket elo, lebih baik pukul dia pake tiang infus loe.
baru panggil security.
jadinya dia khan uda babak belur en buta duluan tuch!!!!

Sakura Blue said...

ya, ya, ya
ntar malah jadi kasus Prita kedua pula......

hani nhk said...

gue pas ga bawa pepper spray sama skali. ga kpikiran pd saat itu.

Muslim Anshori M, said...

Hehehehe setujuuu.... klo lagi sakit memang pengennya tenang dan damai, di kost aja klo ada yng ntn tipi dengan suara yang kenceng2 saat ini, langsung gue tegur.. Ganggu bangeet soalnya.. klo sehat sih ok2 aja...