Tuesday, July 29, 2008

Tetangga & Pembokat Usil

Ati2 punya pembokat. Gue punya tetangga luar biasa usilnya, apalagi trhdp kluarga gue. Buset, mulutnya comeeeell banget. Ditambah dg kecomelan pembokat gue, uda klop dehh mereka brdua. Sehati sejantung saling cucok dehh. Pembokat gue tukang gosip sama tetangga gue ini, luar biasa dehh. Awalnya dari meninggalnya bokap gue. Scara cuman tinggal gue brdua tinggal dg nyokap, tetangga gue kalo gosip ya ttg kita. Krn di antara kompleks daerah gue, yg janda kan nyak gue. Krn banyak yg brtamu stelah bokap meninggal, tetangga gue itu si ibu S, slalu gosipin dahh ttg nyak dan gue. Yg pasti ga ada yg suka sama ibu tsb, kalo ada arisan ataw pngajian jarang diundang -- makanya kalo dia brtamu di rmh salah satu tetangga dan brgosip, kta smua tau.

Misalnya ada tetangga laen beli mobil, si ibu itu langsung gosip, "Eh, masa si ITU beli mobil lho. Padahal kan dia gajinya kecil bgt!"

"Lho, tau darimana gajinya kecil?" Ada yg brtanya.

"Dari pembantunya!"

Rupanya krn dmusuhin sama tetangga2nya, dia nyari sekutu dg para pembokat2 daerah gue. Pembokat2 kita kan kalo sore2 pasti pd maen di luar rmh dan brgosip ria. Dan si ibu itu juga ikut2an, kadang2 dikasi duit supaya mereka crita ttg apa yg trjadi di rmh2 majikan. Wahh, emang luar biasa usilnya. Gue heran knaps sampe skrg ga ada yg negor dia. Mungkin males juga ya ngajakin brantem, soalnya uda tua pula. Uda punya cucu sgala. Yahh uda nenek2 pastinya ga ada krjaan? Waktu gue baru pulang dari Amrik, gue sering bgt pergi malem2, kadang2 pulang uda pagi. Bagi gue sih uda biasa dan kbtulan kan juga kena jet leg. Tapi ya denger lah komen2 negatif dari si nyonya itu. "Dia kan anak perempuan, saya denger dari pembantunya dia sering pulang pagi2. Ngapain aja sih dia?" Biasanya tetangga2 gue uda kebal sama gosip2nya. Tapi ya kan sebel juga digosipin.

Telpon rmh gue punya answering machine, alias mesin pnjawab skaligus yg pake fax. Kalo yg punya mesin fax, pasti tau kan suka ada suara otomatis yg bilang, "Hi, we are not able to answer your phone. Please leave your message after the 'beep. If you want to send a fax, please press one." Pokoknya yg kaya gitu lahhh. Suatu hari si ibu itu nelp ke rmh gue. Krn kita smua ga ada di rmh, yg jawab telp adalah si answering machine. Bbrapa kali si ibu nelp ke rmh gue, tapi sama skali ga ninggalin pesen. Bbrapa hari kmudian pas acara arisan, salah seorang tante tetangga ngomong sama nyokap gue. "Anak kamu skrg pacaran sama bule?"

Nyokap gue heran, "Dulu sih waktu di Amrik. Tapi skrg uda putus. Knapa emangnya?"

"Enggak, saya denger dari si ibu S... katanya ada pacarnya Hani yg bule tinggal di rmh kamu? Katanya anak kamu kumpul kebo."

"Hah??? Dari mana dia dpt crita kaya gitu?"

"Katanya sih bbrapa hari yg lalu dia nelpon ke rmh kamu, ada yg ngangkat telpon suaranya bule dan pake bahasa Inggris. Brkali2 dia nelp, yg ngangkat cowo bule itu. Tanya ke pembantu katanya ga ada org. Dia bilang kamu ngumpetin bule di rmh kamu."

Alhasil nyokap gue ktawa ngakak dan lama banget. Nyokap jelasin ke tetangga gue itu kalo si ibu S nelp ke rmh, dan suaranya kerekam di mesin pnjawab telpon. Si ibu S itu kdengaran ngomong, "Aduh, maaf. Saya nggak bsa bahasa Inggris!" Langsung telpnya ditutup. Dan smuanya kerekam di mesin telp gue.

Tetangga gue juga ketawa lahh. "Lahh, dasar goblog! Answering machine kok jadi pacar gelap? Ada2 aja si bego itu!"

Alhasil, kbodohan ibu tsb trsebar ke sluruh pnjuru kompleks. Makin benci lahh dia sama kluarga gue. Smakin smua hal ttg rmh gue brusaha digali2. Dan pembokat gue juga ga kalah usilnya dan dia brteman dg si ibu itu. Awalnya gue ga tau, baru ktauan pas ada gosip mngenai diri gue lagi, dan ktauan kalo si pmbokat gue yg nyebar2 crita. Pembokat gue itu malesnya luar biasa. Krjaannya cuman nonton sinetron doanks. Kalo dsuruh ini itu paling males. Dan kalo ngerjain pasti brsungut2. Pdhl krjaannya cuman nyapu, ngepel, beresin kmr, sama cuci piring. Slebihnya kita brdua jarang bgt di rmh. Kita brdua uda sering negor dia, tp cmn masuk kuping kiri kluar kuping kanan doanks. Kalo dpanggil2 suka pura2 ga denger soalnya dia lagi nonton sinetronnya. Dan kalo dtanya uda nyapu apa belon, jawabannya 'udah', pdhl kliatan bgt belon. Kalo dtanya dia boong apa enggak, dg jujur dia bilang, 'bo'ong'.

Waktu nyokap negor knaps smua brantakan krn ga dberesin, pmbokat gue jawab, "Habis aku malas bu."

"Malas?"

"Iya." Dg brkacak pinggang spt salah satu karakter yg dperanin di sinetron2. "Ntar dberesin juga bakalan kotor lagi."

Nyokap gue ga marahin dia. Percuma dimarahin. Buang2 tenaga aja. Dtegor brkali2 aja jawabannya kaya gitu. Akhirnya nyokap gue nanya, "Jadi kamu maunya gimana?"

"Ya... Aku nyuci piring aja dehh bu. Sama masak." Padahal masakannya luar biasa GA ENAK. Biasanya kalo di rmh gue yg masak. Pmbokat gue masak buat tukang kebun sama satpam doank. Gue ga maw dmasakin sama dia. Asli, ga enak bgt.

"Jadi kamu maunya cuman masak sama cuci piring? Nyapu sama ngepel ga mau?" Tanya nyokap gue.

"Enggak. Abisnya si mas A cuman nyiram kebon doank. Aku juga bsa kalo gitu!"

"Mas A tugasnya nyiram kebon tiap hari, buang sampah tiap hari, nanem sayuran, nyuci mobil, benerin atap, dan beresin gudang."

"Ya... tapi kan mas A laki2! Aku kan perempuan."

"Kamu dibayar utk ngerjain tugas yg ibu kasih."

"Udah deh, bu. Biar mas A aja yg ngepel sama nyapu. Aku masak sama nyuci piring."

Asli darah gue naek ke ubun2. Org ini ga tau sopan santun ngomong sama nyokap gue. Ini bukan soal pembokat vs majikan. Tapi ngomong sama org tu ga bsa seenak jidatnya. Tapi gue diem aja dengerin dia. Dan nyokap gue juga diem aja. Kita brdua asli bete bgt en uda kcapean ngeladenin ni pembokat yg kurang ajar.

"Oke. Mas A yg nyapu dan ngepel. Kamu masak sama nyuci piring aja...."

Nyokap gue blon selesai ngomong, uda kburu dpotong sama pmbokat gue, "Nah gitu donk bu! Aku biar ga kcapean."

".....tapi gaji kamu ibu potong. Gaji kamu ibu kasi ke mas A."

Pembokat gue langsung pucat pasi dan bengong. Dia luar biasa kagetnya. "Hah...? Ja-jangan bu... Gaji aku jgn dpotong! Gaji aku jgn dkasi ke mas A."

"Lho, knapa enggak? Kamu kan tugasnya cuman masak sama cuci piring. Kalo mas A kan ntar ngerjain tugas kamu, ya uda pasti bagian kamu di kasi ke dia."

"NGGAK ADIL DONK BU!"

"Nggak adil? Kamu tugasnya dikit, ya gajinya dikit. Mas A tugasnya banyak, ya gajinya banyak. Ya bagian kamu itu."

Pmbokat gue trdiem lamaaaaaaaaaaaaaaaa bgt. Akhirnya dia dg pelan ngomong. "Bu, gaji aku jgn dpotong. Aku janji gak akan malas lagi. Tapi jgn kasi gaji aku ke mas A."

Lucu juga ngliat pmbokat mo meres org yg ngebayar dirinya. Ga taw dehh gue ngrasa kasian apa nggak. Kalo mereka pnter ya ga mngkin jadi pmbantu. Tapi pmbantu sok tau kadang2 bikin gondok juga. Stelah bbrapa bulan, pmbokat gue ngeluh sakit demam. Dpriksa ke dokter katanya demam brdarah. Tapi gue cek badannya sama skali ga ada tanda2 demam brdarah. Tapi pmbokat gue nyerahin surat dokter ke gue dan bilang bahwa dia ga bsa kerja sama skali. Lucu bgt alasan demam brdarah dia brsamaan dg penyemprotan demam brdarah di kompleks gue. Trus terang gue sama skali ga prcaya dia kena demam brdarah. Tapi gue biarin dia istirahat, kalo enggak makin mnjadi2 aja. Waktu lagi manggil dia soal apaaa gitu, omongan gue dpotong, "Ibu, aku mau tidur. Aku pusing." Tanpa nunggu jawaban dari gue dan nyak, dia lngsung ngloyor prgi.

Bsoknya dia mnta pulang ke kampungnya krn dg alasan sakit. Katanya bapaknya sdh jmpt dia dan skrg lagi di rmh tetangga, yaitu di rmh tetangga usil itu. Rupanya dia senang maen di rmh tetangga gue itu, krm bsa gosip sama si ibu. Gue sama nyokap ga ada masalah dia kluar dari rmh gue. Cuman makan hati aja tu pmbokat. Tapi gue sama nyokap dikasi hadiah sama dia, SELEMARI PENUH PIRING2 KOTOR yg tdk dcuci. Penuh dg bekas2 makanan dan debu, krn pd saat terakhir rupanya dia tdk cuci piring, hanya bilas dg air dan ga di lap. Minggu ini gue dengar si pmbokat uda sehat, dan gue denger dari satpam bahwa bukan bapaknya yg jemput dia, tapi pacarnya. Memang pmbokat gue itu tukang boong dari awal sampe terakhir. Tetangga gue yg usil itu bgitu tau pmbokat gue cabs, langsung nelp nyokap gue.
"Saya denger katanya pembantunya gak betah ya? Emangnya disuruh ngapain aja sih?"

26 comments:

isaac mister said...

najis bgt...
kl punya pembokat kurang ajar ky gt uda gw pecat dr doloe...
knp sich ngga lu keluarin aja????

hani nhk said...

susah nyari pmbokat bow... gue ama nyokap jarang di rmh pula.

isaac mister said...

apalagi tetangga ngga jelas itu!
uda pindah aja!
ataw dtgn si ibu2x aneh itu, masa para tetangga diem aja???

hani nhk said...

yeee, pndah? kita duluan yg tinggal di daerah itu. bahkan sblon ada rmh2 laen. sblon ada komplek. ahh, udah lahh... cape ngurusin org laen. toh idup gue ga ada sangkut pautnya sama dia.

Nice Pajamas said...

cape bgt ya punya pembantu dan tetangga yg kyk geto.
sumpah tuh pembantu kurang ajar bgt!

hani nhk said...

kbanyakan ntn sinetron mungkin. kliatan bgt dari cara dandannya dan cara ngomongnya, "aku, aku, aku..."

eGals Shop said...

dipecat aja itu pembantunya
makan ati doang

hani nhk said...

dia uda kluar sndiri. skrg kerja di rmh tetangga usil gue, katanya.

isaac mister said...

klop dech mereka berdua!
dasar ngga punya kerjaan.
wach, koq gw panas gini yach?

hani nhk said...

hehe... ya maap. gue curhat doanks kok. lumajan kan jadi org beken, dgosipin mulu? apalagi beken sama tetangga? heheh....

andy wirawan said...

serasa baca cerita pendek buat sinetron :D
kalo pembokat gue kayak gitu mah udah dibentak2 bokap gue dan udah ciaoo dari kapan2 hahahaha

sabar ya Han...

liz kotobuki said...

sama...gw juga punya pengalaman ga enak soal pembokat kaya gini
tukang rumpi ma tetangga
n BT-nya waktu kita sekeluarga pergi...kucing gw ga dikasih makan sama sekali pe lemes...nyebelinnnnn!!
akhirnya di pecat dech ma bokap...syukurinnnn

mudah-mudahan dapet pembokat yang lebih baik yah

hani nhk said...

kisah sejati neghh bowww...oh mama oh papa dahh, huehehe. gue bakalan kaget kalo sampe crita gue djadiin sinetron, huwahahaha. tapi emang ada org spt tetangga gue yg bener2 nyata.

"iTHa" Juwita said...

Hehehe...
Sama kayak pembokat gw..
Kalo d suruh sesuatu, dy kerjain sambil bersungut2 plus naro perabotan dgn kasar ampe rame gt deh..
Terkadang pengen nampol juga deeeh... Hehehe... ^^

hani nhk said...

ya mudah2an... tapi jaman skrg pembokat tu pd suka nyebelin. prhatiin dehh dandanan mereka make upnya tebel, yg cowo pake anting, dll. duile... pembokat getohh. kalo ngoms ya itu... suka ikut2an sinetron ga jelas. waaakks... cape dehhh. huehehe.

mudah2an kucing loe gpp. gue pcinta kucing, wahh kalo kucing gue diapa2in bsa ngamuks gue.

annie zhang said...

pecat aja deh.... gregetan bacanya.....

hani nhk said...

dia uda kluar kok, ga krja lagi. bsa gila gue kalo msh.

andy wirawan said...

kalo butuh, nanti kubantu carikan pembokat laen :)

hani nhk said...

gue uda dpt kok yg baru, bbrapa hari yg lalu. thanks. mudah2an ga rese. sjauh ini si biasa aja, masakan juga lumayan.

andy wirawan said...

alhamdulilah kalo gitu hehehe

Relly M.M. said...

pembokat najong................
pembokat sekarang emang belagu........... sepanjang kerjaan rumah bisa dikerjakan sendiri emang lebih baik tdk pake pembokat, dengar2 keluhan sepupu gw dan temen kantor... rata2 pembokat sekarang bukan meringankan beban malah menambah beban majikan...
ntar lagi ........ ada juga pembokat yang ngempi...........sementara majikan nyuci dan beberes......ha..ha..ha...

astary mulandari said...

korban sinetron indonesia... Hidup Sinetron!! :(
*hueeek.... cuiiiih!!!, untung keluarga gw ga ada yg doyan sinetron*

Ibu Ranger Harley said...

di bandung nanti pengennya ga pake pembantu..
tapi kuat gak ya gw? ^_^;;

cute girl said...

mba ko ya betah sama tu pembokat, kl awal na dah ga enak mending cari pembokat lain, tangan saya yg gatel nich pas baca blog mba *ko ya saya yg panas ya ;))

hani nhk said...

kaga betah lahh, dia uda kluar kok. cmn skrg susah nyari pmbokats jd waktu itu brtahan, soalnya kt jg jarang di rmh segh.

hani nhk said...

kalo anak2 sama bapak biasa bantu2 rmh, dan ga trlalu banyak ksibukan kayanya sih ga prlu... tapi kalo biar ada yg jagain rmh gitu lho kalo pergi2... apalagi di bandung, pasti sering pergi2.