Monday, July 28, 2008

Ikhlas Diserobot

Gue tu paling BUENCI sama orang yg suka nyerobot; entah nyrobot jalur gue tanpa permisi kalo lagi nyetir (kalo pake sen, beda ya -- artinya dia mnta ijin. perkara gue kasi ataw enggak itu urusan laen), atau nyerobot antrean, atau apa lah. Pokoknya gue bsa ngamuk2, walo pd akhirnya cuman bikin pusing dan ga ada hasilnya juga marah2. Make sen itu ga susah. Cuman gerakin jari loe skitar 2 senti doank dan nyalain lampu sen.

Org yg nyerobot itu bener2 suka ga mikirin org laen, maunya menang sndiri. Dan sayangnya hal ini sering trjadi kbanyakan di Indonesia yg org2nya emang seenak jidatnya, dan pd ga demen ngantri. Kalo di luar negeri ada org yg nyerobot, biasanya kita suka mikir, "Nah, ini pasti org Indonesia atau org Asia." Dan kalo ada yg nyorobot, bsa kena teguran keras dan malahan bsa mlibatkan aparat. Kalo di Indonesia ya... Kayaknya emang uda biasa saling serobot. Sapa cepat, dia lah yg dapet. Hukum rimba kalo bsa dbilang. Tapi budaya antri emang susah dterapkan sama negara2 berkembang ga cuman di Indonesia sih. Antri itu lama, antri itu cape, antri itu ga dapet apa2 kcuali mangkelnya doanks. Knaps hrs antri kalo bsa serobot hak milik org?

Gue yg biasa antri, trutama kalo tinggal di luar negeri cuman bsa makan ati aja kalo di Indonesia (atau pas lagi bisnis ke negara2 Arab). Karena emang org2nya pd ga sabaran. Antri? Apa itu? Semacam nama binatang?

Anyway, waktu bbrapa hari yg lalu gue sedang maen2 ke PIM utk janjian sama temen2 gue. Scara gue sndiri yg bawa mobil, ya pastinya gue yg parkir sndiri lah. Gue sedang mncari2 tmpt parkir di basement, ktika gue mlihat space kosong. Gue sedang brada di jalur satu arah, alias mobil tdk boleh menuju arah gue dari depan. Ktika gue mnuju ke arah space kosong itu, tiba2 dari depan gue ada mobil yg mnuju ke arah gue dg kcepatan tinggi dan langsung mnyerobot space parkir tsb. Padahal sdh jelas2 dia tdk boleh masuk ke jalur gue, krn jalur gue adl jalur satu arah. Tanpa menghiraukan diri gue yg sedang brsiap2 masuk ke space kosong tsb, dia langsung mngambil space tsb.......dan lama pula! Krn dia brlawanan arah, mobilnya dlm posisi salah, shingga dia hrs betulin posisinya. Kluar masuk, maju mundur, kluar masuk, maju mundur....

Anehnya...... gue sama skali ga marah2 atau menekan klakson dg kesal (hal lumrah yg sharusnya org lakukan utk melampiaskan rasa kekesalan mereka). Luar biasa anehnya, gue dg sabar menunggu org itu sibuk memarkirkan mobilnya. Krn dlm posisi salah, mobilnya lecet2 kena tembok. Gue cuman geleng2 kepala liat usaha keras dia dlm memarkirkan mobilnya dan mlihat mobilnya tergores2 tembok. Ini demi usaha dia menyerobot hak parkir gue dan betapa dia tdk mau mencari2 parkir di jalan yg benar dan btapa dia tdk sabaran utk menunggu sampe dia mnemukan tmpt parkir laen.

Bgitu dia selesai parkir, gue melewati mobilnya dan menengok ke arah mobilnya yg kini sdh trparkir. Seorang laki2 berdasi yg sedang berpura2 mengecek sesuatu di dlm mobilnya. Gue yakin dia malu, tapi stelah itu malunya pasti hilang kok. Dg mnghela napas panjang, gue kmbali mncari space kosong utk parkir, ktika bbrapa detik kmudian, sbuah mobil kluar dari parkiran. Tanpa brpikir panjang, gue langsung memarkirkan mobil gue dg santainya. Bgitu gue kluar dari mobil, gue baru sadar kalo gue mndapatkan tmpat parkir yg enak: gue parkir persis di depan pintu masuk. Gue kmbali geleng2 kpala alias ga prcaya bahwa gue dapetin tmpat parkir dg lokasi yg sangat idealis. Rupanya gue lagi "beruntung"...

Msh dlm hari yg sama, krn temen2 gue blon dateng, gue langsung mnuju bioskop krn kita emang janjian mo nonton. Gue langsung mngantri utk beli tiket. Ada tiga baris utk mngantri, tapi hanya 2 penjual tiket. Ktika salah satu booth ada yg dtutup, seorang ibu dg 8 anak2nya dan baby sitter yg sedang mngantri di sebelah gue, langsung menyerobot ke depan gue dan memesan tiket bahkan tanpa mnta permisi ke gue.


Org normal sharusnya menegor ibu tsb dan mnyuruhnya ke barisan paling belakang. Org normal sharusnya marah2 krn si ibu itu menyerobot antrian gue. Entah knaps...hari itu gue lagi ga normal. Gue MEMBIARKAN sang ibu itu menyerobot antrian gue (org di belakang gue padahal marah2). Sang ibu yg berdandan rapih dg segala merk baju yg trtempel di badannya tdk meminta maaf krn menyerobot antrian gue, dan bahkan tdk menengok ke arah gue. Tapi trlihat jelas skali dia pura2 cuek, krn dia brkata ke mbak2 pnjual, "10 tiket Batman. Kursi mana aja." Tentu saja si ibu juga bego bahwa film The Dark Knight itu film dewasa, tapi teteup aja beliin tiket utk kluarganya. Sang anak2 yg SD pd protes krn mereka ingin memilih kursinya, tapi si ibu hanya bentak anak2nya (mungkin temen anak2nya dan kponakan2nya).

"
Udah diem! Kursi mana aja, sama aja!"

Sang mbak2 penjual: "Dua ratus lima puluh ribu."

Sang ibu: "Film apa sih ini, mahal skali." Lalu membayar tiket2 tsb dan langsung kluar dari barisan sambil menyeret kluarga serta baby sitternya kluar. Gue cuman geleng2 kpala dan memesan tiket utk gue dan temen2 gue. Trlihat ada bbrapa kursi yg posisinya enak bgt di paling belakang. Gue ga prcaya gue bsa dapet kursi "susah". Wah? Dua kali dalam shari dapetin lokasi enak? Padahal film ini kan susah bgt dapetin kursi enak!

Ktika gue dan temen2 gue masuk ke dalam bioskop, gue mlihat ibu dan kluarganya itu duduk di kursi paling depan. Gue cuman geleng2 kpala doanks. Ktika film dmulai, dan gue mulai trhanyut dlm ngkutin alur crita, gue mndengar bbrapa anak2 mulai mnangis. Gue melirik ke depan dan mlihat si ibu kerepotan mengurus anak2 yg sdang menangis. Akhirnya stelah total 20 menit mnonton film, ibu2 itu menyeret kluarganya keluar dari bioskop dan ga balik2 lagi. Hmmm... setelah bayar mahal2 utk tiket film yg susah ddapet, dia bahkan ga lama. Ini smua krn dia ga sabaran utk ngantri, padahal ada film laen utk anak2.

Silver lining? Nyokap bilang gue ikhlas. Brarti emang kalo sabar, kita akan dapetin hal yg lbh baik dari yg diincer. Rejeki tu ga akan ilang, krn smua org kbagian walo ga taw kpn. Gue ga taw apa gue bener2 ikhlas, krn gue trmasuk org yg ga sabaran dan pmarah. Tapi hari itu, pngalaman kecil dan ga pnting gue bikin gue mikirin hikmahnya. Mungkin ada benernya....

19 comments:

Bintaro Community said...

Wah bagus banget nich, implementasi kesabaran yang dibayar kontan dengan kebaikan

isaac mister said...

kalo sabar pasti dpt pahalanya...
taela!
bagus dech, han.
kalo gw pasti uda gw ajak berantem tu org yg nyerobot parkiran.

hani nhk said...

hal yg langka ya? makanya gue terheran2. emang sih pngalaman ga pnting. tapi trjadi dlm waktu brsamaan makanya gue agak2 bingung skaligus trpukau.

isaac mister said...

supaya loe lbh sabar kali.
ini baru hal kecil.
gimana kl hal2x yg lbh significant?

DiBot ! said...

jangan lupa selalu bersyukur juga lho...biar ditambah rezekinya...

hani nhk said...

amiiiiiiiiiiin....!

Rizki Abdallah said...

Yah, namanya juga Indonesia.
Apalagi Jakarta, dah banyak 'orang gila'.
Selama Gak ikutan 'gila' pasti masih banyak keuntungan yang kita dapet!

Ibu Ranger Harley said...

sepertinya sih memang karena ikhlas...
alhamdulillah dong..
makin dewasa nih neng hani... ^_^

hani nhk said...

amin dehh bu, huehehe...!

Angga "Picky" said...

Aje gile tingkat kesabaran lo mbak! Klo gw udah bisa dadar telor kali di kepala gw. Yang parkiran mungkin msh lumayan krn mo berantem kn harus keluar mobil, malez! Tapi yg ibu2 bego itu, sumpah gw pasti udah nyindir senyindir-nyindirnya d telinga si ibu...:p

hani nhk said...

biasanya sih gue ga kaya gitu. makanya aneh bgt hari itu kok gue lagi anteng bgt. biasanya gue bakalan ngamuks. tapi ga taw tuh...

isaac mister said...

inner peace...
inner peace...
inner peace...
zen...
zen...

hani nhk said...

ohmmmmmm.......^^;

astary mulandari said...

lam kenal ya, mbak... :)
krn gw jg orangnya ga sabaran & pemarah, kdg2 gw jg gitu mbak, ngalah sm org2 yg otaknya dr bubur gitu. tp cmn kl lg mellow ato lg ga enak bdn, jd gw males ngajak berantem org. tp biasanya ga lm, kl dah pulih lg, mulai deh... "hajar bleh!" :))
*bukannya memetik hikmah malah ngomporin, hihi :P maap..maaap...*

hani nhk said...

hehehe...tenaaang. besok2 juga uda balik ke asal mula, mwahaha.

isaac mister said...

jgn lupa inner peacenya dong...!

hani nhk said...

gue semedi dulu dahh biar anteeeeng...

febbie cyntia said...

huahahahahahaha.. suka dech gaya loe
memang siy. tp kadang kesel jg kl dalam keadaan normal
tp memang simetime keadaan gak normal, males debat deelel

well, org2 getu mikirnya apa yaaaa

hani nhk said...

weleh, gue waktu itu lagi anteng. kalo skrg, org2 tsb uda gue maki2. makanya waktu itu gue lagi aneh bgt. sok sabar. kalo skrg, pasti uda gue ajak brantem huehe.