Thursday, March 17, 2011

The Chronicles of Narnia: The Voyage of the Dawn Treader

Rating:★★★
Category:Movies
Genre: Kids & Family
Beda sutradara dan beda studio bsa mmbuat sbuah film franchise mnjadi beda dari segala hal. Dari segi spesial efek, struktur, akting dan banyak hal laennya. Dan juga kadang2 bsa mmbuat kutukan film ke3 dlm franchise biasanya yg paling lemah lahh diantara film2 sbelumnya.

Edmund (Skandar Keynes) dan Lucy (Georgie Henley) selama liburan tinggal brsama sepupu mereka, Eustace (Will Poulter) yg manja dan sombong. Edmund merasa depresi karena ia dianggap anak kecil dan tdk bsa brgabung mnjadi tentara Inggris, smntara ia adalah Raja di negeri Narnia. Lucy yg sedang puber mrasa dirinya tdk scantik kakaknya, Susan (Anna Popplewell) yg sedang brlibur di Amerika brsama Peter (William Moseley). Ketika sedang mngamati sbuah lukisan kapal, tiba2 mereka trseret ke dlm lukisan tsb dan tiba di Narnia lagi. Raja Caspian (Ben Barnes) mnyelamatkan mereka bserta awak kapal Dawn Treader yg sedang mngarungi samudra utk menemukan para bangsawan Narnia yg hilang.

Film franchise ke 3 ini uda ga pake lagi sutradara Andrew Adamson yg bikin film Narnia sblumnya yaitu "The Lion, The Witch, and The Wardrobe" serta "Prince Caspian", dan skrg memakai sutradara Michael Apted yg lebih familiar dg serial2 televisi serta sutradara film James Bond "The World Is Not Enough" yg kurang sip. Film ini skrg dpegang hak ciptanya oleh 20th Century Fox dan bukan oleh Disney lagi, jadi kentara bgt prbedaannya. Dulunya film2nya kayaknya punya budget lebih, sekarang jadi kaya pake budget minim. Setting dan kostum juga kliatan banget ga oke dbandingin sama film2 trdahulunya yg lebih kliatan ngejreng. Pokoknya film kalo uda dpegang sama org laen, biasanya kliatan dehh bedanya. Gue mrhatiin bahwa film kbanyakan CGInya dan juga minim action. Tapi emang ga bsa dsalahin sihh kalo dbilang minim action karena di bukunya sndiri emang ga trlalu banyak action, yg ada malahan petualangan spiritual.



Cerita Dawn Treader sndiri emang lebih condong ke perjalanan spiritual para karakternya; mereka sedang mngalami krisis kepercayaan dan juga mngalami masa puber dmana para karakternya sedang bingung mncari jati diri. Jadi bsa dbilang prjalanan Dawn Treader ini emang alegori pencarian diri. Dari segi cerita, sbenernya uda lumayan dan gue nemuin metafora2 manusia yg brusaha menemukan inti dari khidupan. Gue suka bahwa Edmund mempunyai rasa iri thd Caspian karena mrasa slama hidupnya ia hidup di bayang2 Peter, dan juga btapa ia msh terikat dg Jadis, perempuan yg membuat hidupnya sengsara. Bgitu pula Caspian yg ingin membuat almarhum ayahnya bangga. Dan juga Lucy yg puber sangatlah iri dg Susan shingga ia brsedia mngorbankan jiwanya demi kecantikan semu. Utk film anak2, ini sarat dengan pesan moral yg bagus bgt.

Dari segi filmnya sndiri, sbenernya ga trlalu menarik dbandingin film2 trdahulunya yg penuh dg adegan action. Film ini lebih condong ke film anak2, jadi trlalu ringan bgt dan trlalu A ke B bgt dlm arti kata trlalu monoton. Emosi gue ga trlalu diaduk2, dan ga trlalu mnghayati bgt. Trlalu banyak karakter yg numpang lewat shingga gue ga trlalu peduli. Tokoh utamanya juga gampang dtebak bgt, pasti lahh ga bakalan mati ataw apalahh tau lahh pasti slamat, shingga gue ga kuatir sama skali. Dari segi akting, gue acung jempol buat para aktornya karena mereka aktingnya sdh brkembang dari film2 sblumnya. Spt Skandar Keynes yg bagus aktingnya. Sayangnya si Caspian di film sbelumnya make aksen Spanish, skrg malahan pake aksen Inggris. Ga matching bgt. Tapi yg gue suka adalah aktingnya Will Poulter yg memerankan Eustace; rasanya pengen gue getok.

Intinya, gue rekomen buat anak2 dan kluarga aja yg mo enjoy film petualangan fantasy. Tapi gue ga trlalu rekomen buat penggemar Narnia trdahulu ataw yg nyari action perang kolosal.

4 comments:

ancha anwar said...

Kalo eustace itu ga ada film ini bakalan jadi hambar banget buat gw. Gw suka karakternya dan sosoknya dia. Ngeyel kelas berat!
Bahkan pun gw bandingin eustace versi BBC, disini lebih dpt! Kalo bbc itu chubby dan jutru menggemaskan :D

hani nhk said...

iya, gue juga suka sama si eustace. nyebelin bgt tapi pas.

rosa farras said...

Coba nnton dl deh,nice share ^_^

hani nhk said...

kalo buat anak2 kayaknya cocok aja kok.