Friday, April 01, 2011

Eat, Pray, Love

Rating:★★
Category:Movies
Genre: Drama
Sbenernya ni film biasa aja en ga seoke yg dgembor2in promosinya. Hanya karena film ini memuat Bali, makanya org2 pada heboh. Scara promosinya gila2an waktu ni film kluar, bikin org pada pnasaran kaya gmans sih film yg muat saran pesan moral en pmandangan negara2? Bagi gue film ini bagaikan film travel doank, bikin gue kepengen kliling dunia.

Liz (Julia Roberts) ga hepi sama skali dg prkawinannya dg Steven (Billy Crudup) dan mereka akhirnya brcerai. Stelah brcerai, Liz mnjalin hubungan dg anak muda brnama David (James Franco) tapi mereka brantem terus, shingga akhirnya Liz memutuskan hubungan tsb. Liz akhirnya memutuskan utk pergi ke Italy, India, dan Bali utk mencari jati dirinya dan kebahagiaan. Disutradarai oleh Ryan Murphy.

Brdasarkan kisah sejati dari buku yg brnama sama oleh Elizabeth Gilbert, bukunya mnceritakan ttg khidupan pribadi Liz yg mnghabiskan waktu utk mncari kbahagiaan setelah ia lama tdk bahagia. Gue cmn mo bilang scara gue blon baca bukunya (ataw gue uda baca? ga inget) bahwa Liz itu BITCH bgt en bener2 cewe nyebelin. Ni cewe egois bgt mnurut gue sihh; para pria itu mncintai si Liz apa adanya, tapi dia sama skali ga puas. Dan karena ga puas, dia mlarikan diri mncari jati diri lahh ataw apalah. Dan masalahnya dia itu sbenernya ga darurat bgt dbandingin sama tmn2nya yg punya masalah lebih gede; kaya Richard (Richard Jenkins) atau Wayan (Christine Hakim) atau bahkan masalah2 yg trlihat di skitarnya spt djodohkan oleh kluarga tanpa cinta, klaparan, kmiskinan, penyakit, dll... Liz cmn fokus sama masalah dirinya aja tanpa mrhatiin laen2nya. Ya, walopun dia mmbantu Wayan dlm masalahnya tapi gue ngrasa hampa. Kalo Wayan ga crita soal masalahnya, gue rasa Liz ga akan mo taw.



Atau mngkin gue sama skali ga simpati sama Liz karena perannya dmaenkan oleh Julia Roberts yg sumpah maennya jelek bgt dsini. Gue ngliat dia bukan ngliat karakternya, tapi gue ngliat Julia Robert -- dg ktawanya yg suka ngakak dan aktingnya yg sama mlulu di tiap filmnya. Mngkin sbenernya Liz adalah perempuan yg baek hati dan punya visi serta imej akan khidupan yg indah utk smua org, dan ia menulisnya dg baik shingga banyak org yg trinspirasi. Gue rasa itu bagus skali. Tapi bgtu dperankan oleh Julia Roberts, gue ngrasa bahwa Liz itu bener2 hampa bgt. Dia dcintai oleh org banyak trutama oleh para mantan kekasihnya. Tapi bgitu sesuatu hal tdk sesuai dg keinginannya, dia langsung cabuts.

Well, mngkin hal itu juga brpngaruh ke diri gue. Kadang2 emang diri gue pun bsa brsikap egois en mo menang sndiri. Kadang2 kita pun harus bsa fokus ke kebahagiaan diri sndiri, karena sdh lama jadi keset. Tapi apa yg dlakukan oleh Liz sangatlah Fatalis; ga mikir konsekuensinya. Anyway, film ini mngkin akan lebih baik kalo karakter Liz dperankan oleh aktris laen yg mngkin lbh brbobot dan lbh mnjiwai perannya. Misalnya Cate Blanchett yg gue pikir lbh punya gravitas. Banyak dialog2 mnarik yg agak menusuk hati dan gue rasa adegannya lebih bsa lebih emosional kalo aktor2nya brmaen dg oke. Pada akhirnya, film trasa hampa klise ala romcom.

Ga trlalu drekomen utk pcinta film scara filmnya pacingnya lama bgt sampe krasa kaya 4 jam. Tapi bagi pnonton kasual, silakan aja.

6 comments:

a b said...

Soal karakter Liz ini memang banyak yang nyela. Sempet baca banyak review bukunya di goodreads, si Liz ini suka dicela sebagai wasp yang hidup di bubble. Kalau dianggap ngga serius, cuma buat seneng-seneng aja, ceritanya cukup menghibur....dan efeknya bagus buat pariwisata di Ubud ;-)

hani nhk said...

yoi, dia hidup di comfort zonenya sndiri gitu bahkan ketika uda dapet wangsit ;p dan soal ubud... tetep aja bali dianggap sbg negara, karena critanya si liz pergi ke itali, india, dan bali... do'h... indonesia kaga dsbut2.

ancha anwar said...

Eat pray love = come sit sleep.
Zzzz...

Dani Freaks said...

Indonesia itu....sebelah mananya Bali??? XD

-- dari yang pernah dikasih pertanyaan serupa --

✎ Reygina Allagan said...

gw belum baca bukunya. tapi sueeeer abis nonton filmnya langsung ilfil dah. novelnya udah hampir 2 tahun di lemari gw dan makin gak kepingin gw baca. gak ngerti aja what's the hype all about. filmnya gak bagus. gw ngerasa karakter liz dangkal banget. gak bisa narik simpati sama sekali supaya kita paham dengan masalah/krisis identitas yang dia hadapi. ujung2nya yah... nonton film ini cuman untuk lihat bali pakai kacamata hollywood :(

hani nhk said...

betul bgt!