Monday, June 22, 2009

Deadwood (Season 1 - 3) HBO

Rating:★★★★★
Category:Other
Deadwood adl salah satu seri sukses di HBO yg memenangkan banyak pnghargaan spt Golden Globe dan Emmy.

Jgn macem2 sama gue skrg, pembendaharaan kata alias vocabulary serta makian2 dan cursing words gue skrg uda banyak bgt abis ntn serial film ini. Hehehe. Gila, satu episode isinya bsa bikin kuping merah krn selaen settingnya yg kotor, omongannya serta dialog2nya kotor bgt, sampe abis ntn rasanya pgn mandi. Plus juga banyak pembendaharaan bhs baku Inggris yg gue ga taw, gue sampe buka kamus.

Deadwood adalah serial Drama Western yg brkisah ttg 'kisah sejati yg difiksikan' alias 'true story but fictionalized' mngenai tokoh2 sejarah Amerika di kota Deadwood. Tokoh2 trkenal spt Wild Bill Hickock, Calamity Jane, Seth Bullock, dll berperan di dlm drama seri ini dg cerita fiksi. Drama ini mnceritakan ttg kota Deadwood yg awalnya adalah kamp berisi imigran2 dan para pendatang, hingga mnjadi sebuah kota yg berfungsi. Di dlm prkembangan kota2 tsb dpenuhi oleh karakter2 berwarna yg penuh dg intrik, sex, pembunuhan, korupsi, pengkhianatan, serta hal2 lainnya yg membuat seri ini dgemari.



Mnurut gue, lbh keren daripada Rome dan The Soprano. Tapi ga smua org bakalan suka sama serial ini, ataw ga langsung suka -- pertama krn settingnya di western alias setting koboi. Penuh tanah, kotor, becek, atau kampungnya Amrik. Yg trbiasa ntn film2 seri Amerika, biasanya terbiasa ntn yg cantik2 dan bersih2 serta mngkilap2 ataw mewah2. Deadwood sama skali ga kaya gitu.

Kedua, bahasanya yg agak2 susah dmengerti. Mereka memakai bahasa campuran jaman koboi dg jaman skrg; jadi kalo ngomong agak sdikit brbunga2 dan puitis -- mngherankan kalo ngliat pnjahat kotor ngomong sangat intelek. Kliatannya mereka spt org2 kampungan, tapi sbenernya mereka sangat intelejen -- tapi msh maki2 juga. Biasanya penonton suka susah ntn film British yg logatnya Inggris bgt. Bsa bayangin ga ntn film seri dmana org2nya pake logat koboi Amerika yg super KENTAL bgt dtambah dg maki2an dan puitis? Tantangannya ya itu -- so bagi yg bhs Inggrisnya pas2an, ini ksempatan utk blajar memahami bahasa mereka.

Ketiga; jgn bayangin krn ini film seri western, maka akan ada banyak adegan action tembak2an dan kejar2an dg kuda dan kereta. Justru film seri ini lbh condong ke drama, tapi kaya akan dialog, akting, dan plotnya yg sangat kuat dan bener2 berkualitas. Gue sangat trkagum2 sama akting para aktornya, bener2 berkaliber trutama Ian McShane yg aktor Inggris tapi memerankan bos Amrik. Buat yg ga sabaran dan lbh seneng ntn adegan baku tembak dan mobil meledak, mndingan hindarin aja. Ntn ini emang msti fokus, dan bgitu ntn justru akan terhanyut oleh jalan crita yg sangat bagus. Gue sangat suka dg para karakter2nya, ga ada yg gue benci -- pdhl karakter2nya bsa dbilang bukan org baek2. Ga ada hitam dan putih dsini. Yg baik pun bsa brbuat jahat. Dan yg jahat bsa brbuat baik.

Satu hal yg mo gue bilang mngenai karakter Al Swearengen (Ian McShane) -- sumpah mati dia nakutin abis. Gue ga taw apa yg bakalan gue lakuin kalo ktmu sama org jenis bginian di khidupan sbenernya. Mngkin gue bakalan lari. Org ini ga segan2 membunuh cmn krn dia bosan. Tapi pd saat brsamaan dia bsa sangat charming dan tebar pesona. Gila, gue blon prnah liat karakter yg sangat kuat spt ini. Herannya, org ini sangat immoral skali. JAHAT sampe ke tulang2nya, tapi kita sbg pnonton justru mnyukai dia.

Gue bsa bandingin film seri ini kaya film Godfather, Pulp Fiction, The Usual Suspects, dan No Country for Old Men dgabung jadi satu. Fully recommended bagi yg mau. Deadwood mnjadi salah satu seri favorit gue setelah The Shield, Torchwood, Battlestar Galactica, Highlander, dan Doctor Who.

4 comments:

yohanes kurniawan said...

g fans berat sama penampilan ian mcshane dalam mini seri ini...

keren abisss dahhh

hani nhk said...

bener, scary and charming at the same time.

isaac mister said...

mini seri biasanya cuman beberapa episode atau satu season saja.
deadwood adl show/series.
tp gw setuju banget emang deadwood was one of the best shows ever..
sayang uda di cancel...
han, loe koq telat sukanya?

hani nhk said...

soalnya waktu gue di amrik kan gue ga ada HBO. trus gue ke NZ juga ga ada HBO. so ya baliks ke indonesia baru bsa ntn. emang telat dehh gue. sebel...