Saturday, June 21, 2008

Copy Paste

Situs buat mengetahui siapa yang telah menjiplak artikel di blog kita. Caranya cukup mudah, gak perlu mendaftar, tinggal taruh alamat/URL blogmu trus pencet tombol "GO", tinggal tunggu bentar trus langsung keluar siapa yang ngambil ato yang copy paste artikel blogmu. Kalo untuk mengetahui siapa yang menjiplak artikel2 atau postingan2 tertentu maka yg kamu masukkan ke sana adalah link dari judul postinganmu, jadi nanti akan ketahuan siapa yang menjiplak postinganmu tersebut.

Tapi sayang untuk yang versi gratis kita hanya bisa mengetahui beberapa aja, jadi gak bisa mengetahui semua yang ngopy paste blog kita. Tapi lumayan kan buat mengintip dikit. he..he.. . OK bagi yang pengen tahu nih alamatnya http://www.copyscape.com, langsung datengin aja tuh kesana.

Sumber

Opini gue adalah, blogging itu bukan suatu copyright work. Kadang2 kita juga suka copy paste suatu artikel, atau blog seseorang utk ngasi taw mngenai topik yg sedang hangat2nya. Kaya dari Wikipedia, sapa sih yg ga prnah ngutip? Apa itu merupakan suatu plagiarism? Plagiarism adalah kalo kita mnjiplak sesuatu utk mncari keuntungan. Sjauh ini, masyarakat dunia ngeblogging stiap detiknya tanpa mncari keuntungan. I won't say that far about plagiarism.

Tapi gue smpet nemu puisi gue ada di myspace seseorang. Apa brarti dia ngejiplak puisi gue? Scara puisi gue cuman ecek2, gue ga trlalu masalahin. Mungkin dia cuman kepengen naro puisi gue di myspace, so gue biarin aja. Toh kita juga sering naro puisi2 org di blog kita. Tapi lain halnya bila suatu hari gue nemuin puisi gue tiba2 mnjadi copyright dan hak milik seseorang, dan org yg ngejiplak itu mndapatkan keuntungan. Baru lah gue repot.

7 comments:

AdeEnz BaYu said...

hmmm...

hani nhk said...

"hmmm" setuju atau "hmmm" ga stuju? hehehe. opinion is welcome :)

AdeEnz BaYu said...

setuju donk..
tapi masih da banyak blogger yang menganggap itu plagiarisme...humm

hani nhk said...

yeah.... you're right. dunia maya kan ga slalu black and white, tapi msh ada yg nganggep bgitu.

Relly M.M. said...

wah... thanks for the info...^^

Eva Hyunie said...

good opinion...
well ga cuma dunia maya yg black and white, dunia non-maya pun byk abu-abu dan merah juga ^^

hani nhk said...

SMA dan SD? heheee...