Sunday, December 11, 2011

The Walking Dead

Rating:★★★★★
Category:Other
Cukup nguras tenaga dan emosi kalo nonton serial ini... Terus terang tiap abis nonton sbuah episode serial ini, gue slalu mikir kalo ini trjadi sama gue, apa gue bsa brtahan di dunia yg uda brada di ujung kiamat? Awalnya gue pikir serial ini bakalan sekedar plot yg penuh darah tapi ga ada substansi. Senengnya trnyata gue salah.

Rick (Andrew Lincoln), seorang Sherrif, trbangun dari koma dan mndapatkan dirinya brada di tengah2 dunia yg berbeda. Dunia sudah hancur dan manusia telah menjadi zombie alias mayat hidup yg djuluki Walker. Ia harus brtahan hidup dan mencari anak istrinya, Lori (Sarah Wayne Callies) dan Carl (Chandler Riggs) yg kini brsama grup org2 yg brtahan hidup dpimpin oleh sahabatnya, Shane (Jon Bernthal). Mereka harus beradaptasi serta hidup brmasyarakat brsama berbagai macam jenis org serta membunuh para zombie yg hendak memakan mereka. Diproduseri oleh Frank Darabont. Brdasarkan komik 'The Walking Dead' oleh Robert Kirkman, Tony Moore, dan Charlie Adlard.

Dari segi plot, sebenernya serial ini ga ada bedanya dg film2 kiamat zombie macam "28 Days Later", "Resident Evil", "Shaun of The Dead", "Dawn of The Dead", dan "Night of The Living Dead" -- bahwasanya manusia telah menjadi mayat2 hidup dan manusia2 yg msh hidup hrs brtahan demi kelangsungan umat manusia. Tapi yg membedakan dari film2 tsb, serial ini lebih fokus kpd karakter2 yg beragam dan bagaimana mereka saling berinteraksi satu sama lain dan lebih dkembangkan daripada di film. Karena film hanya punya format yg trbatas, maka di serial ini bener2 bsa trkembang,



Menarik bgt melihat kelangsungan hidup manusia dan bagaimana mereka harus bertahan dg sisa2 peradaban yg telah musnah. Bagaimana mereka hrs mnghadapi knyataan bahwa mereka hidup di mimpi buruk yg ga ada habis2nya. Dan bagaimana mereka harus menerima fakta bahwa trkadang sanak sodara mereka menjadi mayat hidup, dan mereka sendiri hrs membunuh para mayat hidup tsb? Gue ga bsa bayangin gmana kalo ini trjadi di khidupan gue. Semisalnya ada org yg gue cintai, TEGA ga sihh gue utk membunuh dirinya? Tapi kita juga hrs dhadapi knyataan bahwa mereka sdh bukan sanak sodara lagi, tapi hanyalah cangkang brkulit yg hendak membunuh scara brutal bagaikan hewan. Pertanyaan2 moralitas vs bertahan hidup sering bgt trlintas di serial ini, blum lagi sifat2 manusia yg pd dasarnya juga mempunyai insting hewani. Dan juga sikap2 sosial macam rasisme, kasta, dan juga agama. Apakah manusia akan brpaling dari Tuhan atau justru lebih dekat dg Tuhan? Apakah manusia akan kehilangan sifat2 kemanusiaan mereka? Keyakinan mereka trburai oleh neraka khidupan yg ga ada tamatnya. Gue bukan tipe org yg sok puitis, tapi ntn serial ini bener2 bikin mikir 'jgn sampe trjadi beneran'.

Gue demen bgt dg karakter2 di serial ini. Ga smuanya baik atau jahat, smuanya mempunyai sisi gelap dan terang dan brada di area abu2. Spt Rick yg baik hati, tapi ia hrs membuat keputusan2 yg bsa membuat org2 trbunuh. Atau Shane yg tdk bsa dkekang dan dbenci tapi kadang masuk akal. Atau Lori yg brslingkuh dg Shane, karena mngira Rick sdh tewas. Juga dg Daryl (Norman Reedus) yg rasis tapi trnyata mempunyai sisi yg baik. Trkadang kita bsa mnyukai para karakter tsb, dan kadang kta bsa membenci mereka. Itulah khidupan.

Cinematografinya sangat keren, warnanya juga indah tapi brkesan kematian. Bener2 direkomen buat pencinta drama. One of the best drama on television.

17 comments:

ancha anwar said...

Hadeh, di twitter heboh pada bahas betapa bgsnya serial ini...
And u came with full stars? Damn... I wanna see this so bad!
Baru satu season kan?

hani nhk said...

uda 2 stengah season. skrg lagi break, ntar lanjut lagi season 2nya bulan februari. kalo loe punya star world, mereka suka ada maraton dari season 1 sampe yg finale.

emang keren bgt, gue suka emosian kalo ntn serial ini. banyak pilihan2 sulit yg msti diambil kalo msalnya gue brada di sikon spt ini. nonton aja cha, ga rugi abis!

ancha anwar said...

I will...
Meski beberapa account twitter kemaren ngasih spoiler >:|

hani nhk said...

waduh, turut brduka... ya lupain aja spoiler itu, kluarin dari kpala, trus nonton serinya non stop.

Sakura Blue said...

watched the pilot episode, really not my cup of tea for series unfortunately.................. =p

DiBot ! said...

told ya it's rocks! yg pasti gara2 serial ini alhamdulillah...bini dah mulai berani nonton zombie2an...walaupun tiap ada penampakan doi masih jejeritan dan setiap nonton tiap episodenya pasti sembari ngumpet2 di belakang gue

hani nhk said...

you're missing out. tapi ya apa bole buat. serial ini emang bukan buat pnonton casual. ini drama berat.

hani nhk said...

ga serem kok.... gue ini ga demen horor, penakut bgt. tapi dari awal sejak season 1 gue uda ntn en demen bgt sampe twitter gue full ngoms soal serial ini. cmn baru skrg bikin reviewnya soalnya mid season 2 finalenya bikin gue mewek.

isaac mister said...

bersamaan yach maennya?
tumben.
btw, kalau disuruh bertahan hidup di grup mesti milih siapa?
shane atau rick?

Sakura Blue said...

well, mungkin blum dapet vibe-nya kali yee.....
ntar deh, kalo list tontonan gw dah selese (if ever), gw coba lagi ^_^;

hani nhk said...

yg punya cable star world cmn telat sminggu per episode kalo ga salah. aired the same time with US viewers. jadi sluruh asia kalo ga salah.

shane or rick? DARYL donks!!!!

DiBot ! said...

nah sekarang tugas lu nonton thundercats 2011 ama neverland...

ancha anwar said...

Hahaha...
Gw udah nonton dan memang BAGUSSS!!!
Emosi tingkat tinggi liat ulah mereka yang up and down.

hani nhk said...

mana reviewnya duoonks?

ancha anwar said...

Segera di aplot
btw, banner MPmu KEREN!!! Lengkap dengan 3 kalimat dari karakter Sherlock! b^.^d

hani nhk said...

new episodes, bulan Februari. di Asia, bulan Maret.

DiBot ! said...

amrik tgl 12 februari