Wednesday, November 11, 2009

The Black Cauldron

Rating:★★★
Category:Movies
Genre: Animation
Salah satu film Disney yg gagal. Sayang bgt, padahal sbenernya film ini lumayan kok. Hanya saja, penonton biasanya mngharapkan film2 Disney yg fun dan banyak nyanyi2nya atau hepi ending klise. Film Disney ini lebih mirip Lord of The Rings mini.

Taran adalah asisten penjaga babi mungil brnama Hen Wen. Sang gurunya, Dalben, memberi tugas kpd Taran utk mnjaga sang babi yg kbtulan mempunyai ilmu meramal. Hen Wen meramal bahwa raja brtanduk (The Horned King) ingin mnguasai sebuah kuali hitam ajaib utk membangkitkan tentara2 yg sdh mati utk mnguasai dunia. Ktika sdang mnjaga Han Wen, para naga suruhan The Horned King menangkap sang babi utk mngtahui kberadaan kuali ajaib. Taran hrs brusaha keras menolong Han Wen dan menemukan kuali hitam ajaib tsb.



Waktu gue msh kecil, gue prnah ntn film ini. Dan terus terang aja, gue sama skali ga suka. Alasannya adl bagi gue waktu itu film ini trlalu nyeremin dan ga lucu sama skali. Mana banyak omong2annya, ga ada nyanyi2 en hepi2 sama skali. Tapi skrg pas gue ntn lagi, gue mulai mnghargai jalan crita yg kompleks dan animasi yg lumayan oke. Dan filmnya cukup menegangkan krn banyak action ala film2 fantasy.

Film ini dbuat jauuuh sblon film Lord of The Ringsnya Peter Jackson. Tapi film ini memang berdasarkan novel fantasy dg judul "The Prydain Chronicles" yg kbtulan agak2 mirip Narnia dan Lord of The Rings. Novel ini trdiri dari bbrapa buku, dan The Black Cauldron adl salah satunya. Disney mngambil jalan crita sluruh novel dan critanya dgabungkan jadi satu. Jadi filmnya berbeda bgt dg novelnya. Banyak yg bilang novelnya lbh bagus daripada filmnya. Krn gue blon pernah baca, gue ga bsa komen. Tapi mnonton filmnya, sangat kerasa Lord of The Rings vibenya.

Kelemahan film ini adl, banyaknya karakter yg dikenalin dg tiba2, tapi kita ga ngerti tujuan dan asal para karakter tsb. Blon lagi baru aja trbiasa dg karakter2 tsb, tiba2 mereka uda ngilang aja, ga dpake lagi. Banyak juga adegan2 yg ga djelasin knaps bsa gini knaps bsa gitu, jadi kdng bsa ngbingungin.

Film ini gue rekomen buat kluarga. Mngkin buat anak2 yg msh sangat kecil bgt bsa agak2 nakutin, tapi kalo dtemenin nontonnya ga akan apa2.

ps: krn film ini gagal di box-office krn temanya yg dark dan animasinya yg sdikit realistis, nyaris bikin Disney bangkrut sehingga para animatornya banyak yg dpecat. Tapi para animator itu segera dpekerjakan oleh saingan Disney dan bikin salah satu film favorit gue....

4 comments:

Alice SH said...

gue ada film ini...bagus, kok.....
sayang diproduksinya di jaman yg salah...

hani nhk said...

iya, waktu itu film2 disney hrs sesuai formula. dark fantasy bln bsa dtrima.

isaac mister said...

hmm...
the horned kingnya nyeremin kayak sauron...

hani nhk said...

ya, emang rajanya serem bgt. salah satu alasan knaps film ini ga trlalu sukses...