Sunday, November 15, 2009

Lou Jing; The Dark Angel (Sad Story...)

Gue abis baca mngenai seorang cewe yg dimaki2 blogger dan dikatai2 oleh media massa ktika sdang ngikutin China Idol, ajang kompetisi nyanyi ala American Idol/Indonesian Idol..... bukan krn dia nyanyinya jelek. Tapi krn dia berkulit hitam. Cewe tsb adalah cewe blasteran China dan African American.

Cewe tsb brnama Lou Jing, seorang warga China yg kalo liat sama skali ga ada wajah orientalnya. Dia jelas kliatan spt African American. Btapa dia menangis ketika dia kalah krn pnonton tdk maw voting. Ibunya yg org China, juga mnangis. Ibu mana sih yg ga nangis ktika anaknya dsakitin? Padahal suaranya indah skali bak malaikat. Tapi sayapnya dpatahin ketika bahkan para juri bilang, dia ga bisa jadi seorang Idol krn wajahnya tdk mnjual. Ga hanya itu, para media massa spt majalah2 dan koran2 serta tv bilang bahwa seorang "negro" bukan lah seorang Asia sejati.

Pdhl jaman skrg, sapa sih yg bsa nentuin darah suatu bangsa? Banyak prkawinan antar suku dan negara, mnjadikan seseorang campur... tapi darahnya? Seorang bsa brkulit putih, brmata biru dan berambut pirang, tapi ia warga Asia. Hanya saja, masyarakat Asia pd umumnya, lbh menerima mereka yg berkulit putih daripada mereka yg brkulit hitam.

Lou Jing yg hatinya trkoyak2, malahan minta maaf kpd masyarakat, "Saya tidak berniat menyinggung perasaan siapa2." Gue ga abis pikir, knaps malahan dia yg mnta maaf??? Rupanya kulit hitamnya mnyinggung banyak org, org China bukanlah org China kalo tdk brkulit mutiara. Dan jelas bukan bagian dari genre Asia. Lou Jing yg jago nyanyi opera dan lancar bahasa Mandarinnya merasa bahwa kpercayaan dirinya hilang dan ia merasa bahwa dirinya adl org trjelek di dunia, dan ga pantas utk hidup. Masyarakat sptnya ingin dia lenyap dari muka bumi.

Org Asia pd umumnya, baek itu dari Cina, Jepang, Indonesia, Malaysia, Vietnam,  Korea, dll kbanyakan ga suka kalo kulitnya hideung alias item. Kalo lagi jalan2 kluar, muka sama badan uda kena tutup macem2 dari sunscreen sampe cardigans. Ga ada salahnya jaga kesehatan, trutama kita tnggal di daerah tropis yg mataharinya emang agak2 kejam. Tapi kadang2 ngliat turis2 lokal dateng ke pantai pd pake jaket krn takut item, mnurut gue agak2 kterlaluan. Alasannya sih ga maw pamer aurat. Okeiii....  mereka bilang jalan2 kan ga perlu gerak atau berenang2. Duduk2 aja di pnggir pantai di bawah pohon adem kan gpp. Oke, ga ada masalah. Smua tu ga ada masalah, masing2 punya hak utk nikmatin idup. Perkara mo ngeputihin badan ataw ngitemin badan, smua trserah pribadi masing2. Ga ada yg mlarang kan?

Tapi laen lagi soal kalo msalnya kita mnghujat seseorang krn warna kulitnya. Biasanya hal bgini dsbut rasisme. Dan masyarakat dunia slalu mnganggap bahwa negara yg rasis adalah negara2 macam Amerika, yg msh mnganggap org2 slaen kulit putih adl org2 bawah.

Tapi sering mrhatiin ga kalo bangsa Asia sndiri juga spt itu? Gue ga ngoms soal org Indonesia aja ya? Tapi negara2 Asia laen yg memang kbanyakan brkulit putih mutiara. Kita ga maw dbilang brkulit kuning ataw kuning langsat ataw sawo matang ataw coklat. Tapi putih. Krn putih itu indah, bersih, dan cantik. Hitam itu jelek dan kotor. KATANYA.

Banyak yg suka komentar misalnya, "Eh, loe iteman ya?"
"Ah, sialan lu!"

Kalo ada yg komen bgini, "Aduuuh, loe putihan deeeh!"
"Ah, bisa aja dehh!"

Gue juga suka liat iklan2 pemutih di tv, yg kayaknya cewe brkulit item tu najez bgt. Wajah2 kecewa ktika mlihat dirinya di crmin tdk sputih temannya. Lalu tmnnya nawarin pemutih yg hanya 2 minggu hasilnya bsa cemerlang. Ataw iklan dmans cowonya sama skali ga mrhatiin ni cewe, krn cewe trsbut agak sdikit gelap dari tmnnya. Ktika dia pake pemutih, baru sang cowo mrhatiin ni cewe. Gue suka ganti channel kalo liat ada iklan pemutih kulit. Bukan gue ga suka, cmn NORAK bgt iklannya.

Org BERHAK utk memutihin kulitnya, atau menghitamkan kulitnya. Para bule berlomba2 ngitemin kulitnya; dari pake bronzer, jemur di pantai, sampe pake mesin pnghitam. Para Asian brlomba2 mutihin kulitnya dg krim. Terserah org donks? Tapi kalo uda mnghujat org dari fisiknya? Pantes ga sih?

Pdhl kita org Indonesia dikaruniai brbagai macam suku; dari Sabang sampe Merauke. Bahkan kita dikaruniai brbagai macam blasteran; dari blasteran China, Eropa, Arab, India, dll. Tapi para sodara2 kita yg dari Indonesia Timur kadang2 mrasa jadi minoritas di negara sndiri. Gue jarang bgt liat org2 Indonesia Timur kaya Maluku dan Papua di TV. Ada sih yg penyanyi bersuara2 hebat dari Maluku misalnya, tapi tenar bgt sihh enggak. Malahan lebih populer penyanyi2 blasteran bule brsuara pas2an.

Gue cmn sedih... sbg bangsa Asia yg msh dianggap minoritas, kita sndiri msh mnganggap org yg beda warna kulit sbg minoritas. Pdhl temen or kluarga sndiri lho. Pikirin dehh kalo kita misalnya komen2 ga jelas ke tmn2 kita mngenai kulitnya (walo pd ujung kalimat suka ngomong, "bercandaaaaaaa kok! gitu aja serius?").

Gue yg dibilang sama org putih bgt, kadang2 sampe dibilang org Cina Indonesia.  Kadang2 gue dpikir org Jepang kalo gue lagi ke Amrik. Waktu di NZ, gue dikirain org Maori malahan. Waktu lagi ke Jepang, gue dikirain org Arab. Waktu gue lagi ke Arab, gue dibilang org India. Guenya sih nyante aja. Tapi biasanya mereka terkaget bgitu taw gue org Jawa Sunda. Trus emangnya knaps? Salah kira sih sah2 aja, tapi ga usa shock berat gitu. Kayaknya persepsi org thd gue langsung brubah bgitu taw knyataan.

Balik lagi ke Lou Jing... kini ia lbh banyak mnghabiskan waktunya di rmh sama skali ga maw kluar krn mngkin takut dicaci maki. Dia ga maw online lagi di internet, krn para blogger menulis hal2 kejam thd dirinya dan ibunya. Gila ya sampe sgitunya. Ni cewe ga nyakitin sapa2, tapi impiannya ancur cmn gara2 warna kulitnya. Salah seorang blogger di China malahan nulis: "Apakah Lou Jing adalah anak haram Obama?"

Buset... Gue bacanya sampe miris en sedih bgt... Poor girl. I wish the best for her.

source:
Oriental Angel and Lou Jing Wiki


No comments: